PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN DI KELAS III SDN CIPINANG BESAR UTARA 09 JAKARTA TIMUR
Penelitian Deskriptif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26263Keywords:
Pecahan, matematika, PHET, keterlibatan siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap penggunaan media PhET (Physics Education Technology) dalam pembelajaran pecahan di kelas III SDN Cipinang Besar Utara 09, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan tanggapan positif. Siswa merasa bahwa media PhET menyenangkan, memudahkan pemahaman konsep pecahan, serta meningkatkan motivasi belajar. Media ini juga mendorong keterlibatan siswa secara individu maupun kelompok, serta melatih kerja sama dan komunikasi. Simulasi visual dan interaktif dari PhET memberikan pengalaman belajar yang bermakna, terutama bagi siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Oleh karena itu, media PhET efektif digunakan dalam pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa sekolah dasar.Downloads
References
Astutik, S., Prahani, B. K., & Dr, corresponding author, State Islamic University of Sunan Ampel, Indonesia, binarprahani@gmail.com. (2018). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students’ Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409–424. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11426a
Fauziah, R. S., Nurhalimah, S., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR). 09.
Firdausy, Z. S., Sumantri, S., & Zakiah, L. (2023). HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V DALAM PENYELESAIAN MASALAH BENTUK SOAL CERITA MATEMATIKA. 09.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Kemendikbud. (2021). Laporan Kinerja 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://roren.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/Lakin-Kemendikbud-2021.pdf
Laratu, W., Mansyur, J., Wahyono, U., Djafar, S. M., Laratu, N., & Samara, D. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Smp Negeri Model Terpadu Madani.
Listiyoningrum, W., Roshayanti, F., Widayati, L., & Zuhri, M. S. (2024). Penggunaan Media Interaktif Phet Colorado dalam Pembelajaran Pecahan Kelas IV SDN Tambakrejo 01 Semarang. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1337
Maitem, J. (2012). Math World: A Game-Based 3D Virtual Learning Environment (3D VLE) for Second Graders. The International Journal of Multimedia & Its Applications, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.5121/ijma.2012.4101
Mutiara Putri, S., Sanusi, A., Marini, A., & Zakiah, L. (2024). Enhancing Learning Quality in Elementary School Using a Scientific Approach and Quantum Teaching. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 8(2), 51–63. https://doi.org/10.22460/pej.v8i2.5151
Norlaila, N., Ansori, H., & Juhairiah, J. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN. JURMADIKTA, 4(2), 54–66. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2770
Sulistiawati, A., Ly, T. D. P., Nursangadah, A., & Siskowati, E. (2022). PENERAPAN SIMULASI PHET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN TRAYU. 07.
Suryaningsih, T., & Supena, A. (2024). Pengaruh brain-based learning berbantuan PhET interactive simulations terhadap kemampuan pemahaman konseptual matematika siswa sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(2), 263. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i2.86871
Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184
Vallori, A. B. (2014). Meaningful Learning in Practice. Journal of Education and Human Development, 3(4). https://doi.org/10.15640/jehd.v3n4a18
Widyanto, Y. K. P., Lestari, I., Zakiah, L., & Usman, H. (2025). The Effect of Using Interactive Digital Learning Media to Raise Environmental Awareness in Grade IV Elementary School Students on the Content of Pancasila Education. Dalam Proceedings of the International Conference on Education Practice (ICEP 2024) (Vol. 906, hlm. 169–181). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-376-4_15
Winduko, F., & Nursalim, M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA TUNA GRAHITA KELAS IV DI SLB BANJARSARI WETAN. 10.
Zakiah, L., & Marini, A. (2023). Teacher’s Strategies in Teaching Social Tolerance to Elementary
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.