PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TEKNIK MOUTH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TUMBUHAN IPAS KELAS IV

Authors

  • Tanti Indriyani FKIP Universitas PGRI Yogyakarta
  • Wahyu Kurniawati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Hermawan Wahyu Setiadi Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26270

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media pembelajaran Pop Up Book mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS dengan materi Tumbuhan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Tegiri yang berada di wilayah Kapanewon Kokap. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar penliaian untuk ahli media, ahli materi, peserta didik dan guru. Adapun hasil dari pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi Tumbuhan diperoleh persentase 91% dari ahli media sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Hasil persentase dari ahli materi sebesar 97% sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Hasil dari perhitungan respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 89% sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Hasil dari perhitungan respon guru diperoleh persentase sebesar 93% sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Total skor respon peserta didik dan respon guru berada di interval 81,25%-100% sehingga dapat dinyatakan bahwa respon peserta didik dan respon guru terhadap media sangat praktis. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka media pembelajaran Pop Up Book dengan teknik Mouth yang dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

brahim, M. A., Fauzan, M. L. Y.,

Raihan, P., Nurhadi, S. N.,

Setiawan, U., & Destiyani, Y. N.

(2022). Jenis, Klasifikasi dan

Karakteristik Media Pembelajaran.

Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam,

4(2), 106–113.

Ilmiyati, N., MM, M. P., & Maladona, A.

(2023). Perencanaan

Pembelajaran (Konsep Dasar

Kurikulum Prototipe). PT. Sonpedia

Publishing Indonesia.

Kurniawati, W., Bila, D. S., & Susanto,

R. A. (2023). Pendampingan

Pelatihan Pembuatan Media

Pembelajaran Pop Up Book untuk

Guru–Guru Di Kulon Progo. Jurnal

Gembira: Pengabdian Kepada

Masyarakat, 1(06), 1763-1773.

Marwa, N. W. S., Usman, H., &

Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru

Sekolah Dasar Terhadap Mata

Pelajaran IPAS Pada Kurukulum

Merdeka.Metodik Didaktik: Jurnal

Pendidikan Ke-SD-an,18(2)

Novitasari, D. A., & Kurniawati, W.

(2024). MEDIA PEMBELAJARAN

POP UP BOOK DENGAN TEKNIK

V FOLDING DALAM

MENINGKATKAN PRESTASI

BELAJAR PADA PEMBELAJARAN

IPAS KELAS IV. Didaktik: Jurnal

Ilmiah PGSD STKIP

Subang, 10(3), 221-232.

Prastyani, O. D., & Kurniawati, W.

(2025). Tes Dianostik Two Tier

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 02, Juni 2025

untuk mengidentifikasi Miskonsepsi

pada pelajaran IPAS materi

Tumbuhan di SDN

Sonosewu. Borobudur Educational

Review, 5(1), 25-32.

Rahmawati, P., & Kurniawati, W.

(2024). Miskonsepsi Pembelajaran

IPAS Siswa Kelas IV Sekolah

Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian

dan Artikel Pendidikan, 16(2), 383-

394.

Sagendra, Berti. 2022. “Proyek IPAS

(Ilmu Pengetahuan Alam Dan

Sosial).” Kemedikbudristek: 1–59.

Sari, M. A., & Kurniawati, W. (2024).

E-LKPD BERBASIS PROBING

PROMPTING PADA MATERI

GAYA UNTUK MENINGKATKAN

PRESTASI BELAJAR IPA KELAS

IV. Jurnal Citra Pendidikan, 4(3),

1939-1952.

Suryaningsih, H., & Kurniawati, W.

PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN INTERAKTIF

MATERI SUMBER DAYA ALAM

BERBASIS LECTORA INSPIRE

PADA SISWA KELAS IV SD

PUNDUNG IMOGIRI BANTUL.

Susanto, R. A., & Kurniawati, W.

(2024). MEDIA PEMBELAJARAN

POP UP BOOK DENGAN TEKNIK

BOX AND CYLINDER DALAM

MENINGKATKAN PRESTASI

BELAJAR PADA PEMBELAJARAN

IPAS KELAS IV. Didaktik: Jurnal

Ilmiah PGSD STKIP

Subang, 10(2), 1738-1747.

Downloads

Published

2025-06-10