PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TEKNIK MOUTH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TUMBUHAN IPAS KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26270Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media pembelajaran Pop Up Book mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS dengan materi Tumbuhan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Tegiri yang berada di wilayah Kapanewon Kokap. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar penliaian untuk ahli media, ahli materi, peserta didik dan guru. Adapun hasil dari pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi Tumbuhan diperoleh persentase 91% dari ahli media sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Hasil persentase dari ahli materi sebesar 97% sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Hasil dari perhitungan respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 89% sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Hasil dari perhitungan respon guru diperoleh persentase sebesar 93% sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Total skor respon peserta didik dan respon guru berada di interval 81,25%-100% sehingga dapat dinyatakan bahwa respon peserta didik dan respon guru terhadap media sangat praktis. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka media pembelajaran Pop Up Book dengan teknik Mouth yang dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Downloads
References
brahim, M. A., Fauzan, M. L. Y.,
Raihan, P., Nurhadi, S. N.,
Setiawan, U., & Destiyani, Y. N.
(2022). Jenis, Klasifikasi dan
Karakteristik Media Pembelajaran.
Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam,
4(2), 106–113.
Ilmiyati, N., MM, M. P., & Maladona, A.
(2023). Perencanaan
Pembelajaran (Konsep Dasar
Kurikulum Prototipe). PT. Sonpedia
Publishing Indonesia.
Kurniawati, W., Bila, D. S., & Susanto,
R. A. (2023). Pendampingan
Pelatihan Pembuatan Media
Pembelajaran Pop Up Book untuk
Guru–Guru Di Kulon Progo. Jurnal
Gembira: Pengabdian Kepada
Masyarakat, 1(06), 1763-1773.
Marwa, N. W. S., Usman, H., &
Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru
Sekolah Dasar Terhadap Mata
Pelajaran IPAS Pada Kurukulum
Merdeka.Metodik Didaktik: Jurnal
Pendidikan Ke-SD-an,18(2)
Novitasari, D. A., & Kurniawati, W.
(2024). MEDIA PEMBELAJARAN
POP UP BOOK DENGAN TEKNIK
V FOLDING DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR PADA PEMBELAJARAN
IPAS KELAS IV. Didaktik: Jurnal
Ilmiah PGSD STKIP
Subang, 10(3), 221-232.
Prastyani, O. D., & Kurniawati, W.
(2025). Tes Dianostik Two Tier
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 02, Juni 2025
untuk mengidentifikasi Miskonsepsi
pada pelajaran IPAS materi
Tumbuhan di SDN
Sonosewu. Borobudur Educational
Review, 5(1), 25-32.
Rahmawati, P., & Kurniawati, W.
(2024). Miskonsepsi Pembelajaran
IPAS Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian
dan Artikel Pendidikan, 16(2), 383-
394.
Sagendra, Berti. 2022. “Proyek IPAS
(Ilmu Pengetahuan Alam Dan
Sosial).” Kemedikbudristek: 1–59.
Sari, M. A., & Kurniawati, W. (2024).
E-LKPD BERBASIS PROBING
PROMPTING PADA MATERI
GAYA UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR IPA KELAS
IV. Jurnal Citra Pendidikan, 4(3),
1939-1952.
Suryaningsih, H., & Kurniawati, W.
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN INTERAKTIF
MATERI SUMBER DAYA ALAM
BERBASIS LECTORA INSPIRE
PADA SISWA KELAS IV SD
PUNDUNG IMOGIRI BANTUL.
Susanto, R. A., & Kurniawati, W.
(2024). MEDIA PEMBELAJARAN
POP UP BOOK DENGAN TEKNIK
BOX AND CYLINDER DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR PADA PEMBELAJARAN
IPAS KELAS IV. Didaktik: Jurnal
Ilmiah PGSD STKIP
Subang, 10(2), 1738-1747.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.