PENGEMBANGAN ADJUSTABLE WHEELCHAIR UNTUK OPTIMALISASI PROSES BELAJAR ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB YPAC SUMATERA BARAT

Authors

  • Aziza Azarah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26274

Keywords:

Cerebral Palsy, Pendidikan Inklusif, Adjustable Wheelchair, Ergonomi, Proses Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB YPAC Sumatera Barat. Terdapat seorang anak Perempuan berinisial K mengalami permasalahan pada fisik dan motorik. Kondisi ini semakin diperparah oleh kurangnya alat bantu pembelajaran yang ergonomis, seperti kursi roda yang tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan adjustable wheelchair yang mendukung optimalisasi proses belajar anak cerebral palsy di SLB YPAC Sumatera Barat. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan Successive Approximation Model (SAM), melalui tiga tahap yaitu persiapan, desain iteratif, dan pengembangan iteratif. Subjek uji coba meliputi ahli disabilitas, ahli desain, ahli teknik, serta satu siswa cerebral palsy sebagai pengguna. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket validasi serta uji praktikalitas. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa tingkat kelayakan sebesar 87% dengan kategori “sangat baik”. Sementara itu, hasil uji praktikalitas menunjukkan rata-rata skor 87% dengan nilai tertinggi pada aspek kenyamanan (95%) dan efektivitas dalam pembelajaran (90%). Respon dari wali kelas dan orang tua juga sangat positif dengan rata-rata kepuasan mencapai 88%. Secara keseluruhan, produk ini terbukti mampu meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan konsentrasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, adjustable wheelchair ini menjadi solusi inovatif yang mendukung penyelenggaraan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, W., & Hadi, S. (2018). Pengaturan Hak Pendidikan Disabilitas (sebagai persiapan penerapan teknologi berkemanusiaan). IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 272-280.

Alamdari, M., & Nia, M. (2017). "Design of Adjustable Wheelchair for Disabled People". Journal of Rehabilitation Research and Development, 54(2), 163-174.

Allen, M. (2012). Leaving Addie for SAM, an Agile Model for Developing the Best Learning Experience. American Society for Training and Development.

Ani, N. A., Budi, S., Kasiyati, K., Ardisal, A., & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan, 32(1), 153-158.

Budi, S., & Afiyah, H. (2020, December). Ragam Media Terapi Gerak Pada Anak Cerebral Palsy: Literatur Review. In (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 155-159).

Dwiyani, O. R., & Nurhastuti, N. (2023). Study Kuantitatif Deskriptif Kualitas Hidup Ibu Yang Memiliki Anak Cerebral Palsy Di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy Padang. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(3), 01-07.

Erlina, R., & Budi, S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membuat Sabun Cuci Piring melalui Model Project Based Learning pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 33(3), 679-688.

Fauzan, H. N., Francisca, L., Asrini, V. I., Fitria, I., & Firdaus, A. A. (2021). Sejarah pendidikan anak berkebutuhan khusus (abk) menuju inklusi. Pensa, 3(3), 496-505.

Felia, H., & Iswari, M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Manik, L. B., Pasaribu, E. V., & Herlina, E. S. (2023). Implementasi Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).

Nisa, A., & Budi, S. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DERET KEBAWAH 11-30 MELALUI MEDIA PAPAN HITUNG PADA ANAK TUNARUNGU BERAT (Penelitian Tindakan Kelas VII di SLB Karya Padang). Jurnal Tunas Bangsa, 11(2), 111-123.

Nurhastuti, S., & Budi, S. (2021). Penyebab dan Penanganan Cerebral Palsy pada Anak. Jurnal Pediatri Indonesia, 51(2), 125-130.

Nurhastuti, N., Zulmiyetri, Z., Budi, S., & Utami, I. S. (2021). Ketahanan mental keluarga anak berkebutuhan khusus dalam menghadapi new normal. Jurnal Buah Hati, 8(1), 20-32.

Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Guepedia.

Putri, D. F., Budi, S., Iswari, M., Zulmiyetri, Z., & Arnez, G. (2024). Meningkatkan Media Pancingan Huruf Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Konsonan Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 33(3), 659-668.

Rahmawati, R. (2023, November). Model Pembelajaran RESE (Reading, Exploring, Solving, Evaluating) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya (Vol. 11, No. 1).

Risca, R. A., Luthfi, A., Maulidazani, F., Qomari, V. A., Umur, A., Mahdi, A., ... & Budi, S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Tahfidz Untuk Anak Berkebutuhan Menggunakan Pop Up Book Mauro. International Journal of Ethnoscience, Bio-Informatic, Innovation, Invention and Techno-Science, 2(01), 33-43.

Riswari, F., Ediyanto, E., Efendi, M., & Sunandar, A. (2022). Augmentative and alternative communication (aac) sebagai teknologi assistive dalam mendukung anak cerebral palsy dengan kebutuhan komunikasi yang kompleks. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 76-85.

Ruwaidah, R., & Budi, S. (2025). Peningkatan Pemahaman Pembelajaran IPA Materi Perkembangbiakan Bunga Sutra Bombay Melalui Metode Outdoor Learning Bagi Disabilitas Rungu. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1310-1318.

Safaruddin, S., Fatmawati, F., & Budi, S. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 35-38.

Satriadi, A., & Andriani, O. (2025). HAK MENDAPATKAN PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM DIMENSI POLITIK HUKUM PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni, 3(2), 21-33.

Setiawati, F. A. (2020). Mengenal konsep-konsep anak berkebutuhan khusus dalam PAUD. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193-208.

Shidqi, T. S., & Budi, S. (2023). Penggunaan Metode Multisensori untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 22076-22079.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Surtini, S., & Herawati, N. I. (2024). Upaya Mewujudkan Sekolah Inkusif: Sekolah Ramah Anak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Simpati, 2(3), 82-94.

Tanjung, H., Budi, S., Damri, D., Zulmiyetri, Z., & Arnez, G. (2024). Efektivitas Permainan Modifikasi Ular Tangga terhadap Kemampuan Mengenal Uang pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V/C di SLB N 1 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan, 33(3), 635-642.

Utami, I. S., Budi, S., Arnez, G., & Yulita, M. (2023). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa Di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan, 32(1), 145-152.

Winarni, S. A. D., & Anindita, R. (2022). Anak Laki-Laki Usia 18 Tahun dengan Cerebral Palsy, Pneumonia, Gizi Buruk, dan Anemia: Laporan Kasus. Proceeding Book Call for Papers Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta, 91-98.

Yanti, N., Nurhastuti, N., Damri, D., Budi, S., & Triswandari, R. (2024). Pengasuhan Orang Tua dalam Membentuk Anak Cerebral Palsy Berprestasi di Bidang Non Akademik. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 12(2), 207-213.

Zafitri, E., Mutiara, M., Asni, W., & Ananda, R. (2024). PENINGKATAN AKSES MUTU DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4336-4346.

Zumratun, Z. (2023). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Daksa) Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Desa Tente Kec. Woha. Fashluna, 4(1), 78–86. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.478

Downloads

Published

2025-06-02