MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII.4 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA BOOK WIDGETS DI SMP NEGERI 26 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.26308Keywords:
, Hasil Belajar, media bookwidgets, pendidikan pancasilaAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII.4 SMP Negeri 26 Palembang, yang sebelumnya menunjukkan capaian belajar yang masih rendah. Salah satu strategi yang diterapkan adalah penggunaan media BookWidgets dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif persentase untuk memperoleh data yang akurat dan informatif. Hasil pada tahap pra siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 28,57%, yang tergolong di bawah standar minimal ketuntasan sebesar 65%, sehingga diperlukan perbaikan dalam proses pembelajaran. Pada siklus pertama, setelah diterapkannya media BookWidgets, persentase ketuntasan meningkat menjadi 54,29%, namun belum memenuhi target yang ditetapkan. Oleh karena itu, dilakukan siklus kedua dengan tetap menggunakan media BookWidgets. Hasilnya, ketuntasan belajar peserta didik meningkat signifikan hingga mencapai 88,57%. Dengan pencapaian tersebut, target yang diharapkan berhasil diraih, dan PTK ini dinyatakan berhasil.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Arifah, A. N., & dkk. (2023). Pembelajaran Ips Sekolah Dasar Dengan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, Vol. 3(1), Hal. 115-122.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol. 8(2), Hal. 468-470.
Halimah, & dkk. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Era Milenial. Indonesian Journal of Community Services, Vol. 3(2), Hal. 161-173
Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Hasil Belajar Ipa Fisika Padaproses Pembelajaran Team Gateway. Jurnal Ilmiah Aquinas, Vol. 3(2), Hal. .
Hesti, & dkk. (2023). Penerapan Media Book Widget untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMAN 2 Tanggul (Materi Sistem Reproduksi). Jurnal Biologi, Vol. 1(2), Hal. 1-12.
Manongga, A. (2021). Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar "Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”.
Menon, S. A. (2019). Designing Online Materials for Blended Learning: Optimising on BookWidgets. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), Vol. 2(3), Hal. 166-174.
Pancawati, E. (2022). ImplementasiMetode Pembelajaran Gallery Walkuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD NRI Tahun 1945di Kelas X-1 SMAN 4 Kota Bima Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Vol 2(1), Hal. 56-66.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.