PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SDIT AL-BAARIQ
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26318Keywords:
Picture story books, reading skillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap peningkatan keterampilan membaca peserta didik kelas 1 SDIT Al-Baariq. Keterampilan membaca merupakan aspek fundamental dalam proses pembelajaran, terutama di tingkat sekolah dasar, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IA sebagai kelas eksperimen dan kelas IC sebagai kelas kontrol di mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media buku cerita bergambar, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan membaca siswa di kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 49,05 sebelum perlakuan menjadi 83,6 setelah perlakuan. Uji-t menunjukkan bahwa thitung (55,368) lebih besar dari ttabel (2,10092), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca siswa. Oleh karena itu, buku cerita bergambar dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah.Downloads
References
Shao, Y.-L., & Shih, Y.-H. (2024). The
effects of interactive electronic
picture books on young
children’s oral expression skills.
International Journal of
Education and Practice, 12(2),
312 – 323.
https://doi.org/10.18488/61.v12
i2.3680
Sholihin, & Samsudin. (2022). Faktor-
Faktor Penghambat
Keterampilan Membaca
Permulaan pada Siswa Kelas
II. Jurnal Pendiidikan Bahasa,
12(1).
Silvia, S., Pebriana, P. H., &
Sumianto, S. (2021).
Penerapan Metode Silaba
Untuk Meningkatkan
Keterampilan Membaca
Permulaan Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK), 3(1).
https://doi.org/10.31004/jpdk.v
2i2.1336
Sugiyono, P. D. (2019). Buku
sugiyono, metode penelitian
kuantitatif kualitatif. In Revista
Brasileira de Linguística
Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Suib, M., Saputra, D., Fidri, M., &
Nurhayati. (2022). Strategi
Pembelajaran Berdasarkan
Unsur-Unsur Bahasa Arab.
Jurnal As-Said, 2(1), 149–161.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, &
Syafitri, R. (2023). Kerangka
berfikir penelitian kuantitatif.
Tarbiyah: Jurnal Ilmu
Pendidikan Dan Pengajaran,
2(1).
Talwiasih, S. (2019). Peningkatan
Keterampilan Membaca
Permulaan melalui Media Big
Book SD Negeri 2 Karangsoko
Kecamatan Trenggalek. Jurnal
Pendidikan : Riset Dan
Konseptual, 3(1).
Tyas Tri, Y., & Abduh, M. (2018).
Peningkatan Keterampilam
Membaca Menggunakan
Media Buku Cerita Bergambar
Pada Siswa Kelas 2 Sd N 01
Tunggulsari Tahun 2017/2018.
World Development, 1(1).
Ummah, M. S. (2019). Ilustrasi yang
menarik dan sesuai dengan isi
cerita menciptakan asosiasi
yang kuat antara teks dan
gambar, sehingga
memudahkan anak untuk
merekam alur cerita, tokoh,
serta pesan yang disampaikan.
In Sustainability (Switzerland)
(Vol. 11, Issue 1).
http://scioteca.caf.com/bitstrea
m/handle/123456789/1091/RE
D2017-Eng-
8ene.pdf?sequence=12&isAllo
wed=y%0Ahttp://dx.doi.Org/10
.1016/J.Regsciurbeco.2008.06
.005%0ahttps://Www.Researc
hgate.Net/Publication/3053204
84_Sistem_Pembetungan_Ter
pusat_Strategi_Melestari
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.