PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SDIT AL-BAARIQ

Authors

  • sawitri yuliandani nasution universitas tanjungpura
  • touvan juni samodra universitas tanjungpura pontianak
  • ricka tesi muskania universitas tanjungpura pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26318

Keywords:

Picture story books, reading skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap peningkatan keterampilan membaca peserta didik kelas 1 SDIT Al-Baariq. Keterampilan membaca merupakan aspek fundamental dalam proses pembelajaran, terutama di tingkat sekolah dasar, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IA sebagai kelas eksperimen dan kelas IC sebagai kelas kontrol di mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media buku cerita bergambar, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan membaca siswa di kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 49,05 sebelum perlakuan menjadi 83,6 setelah perlakuan. Uji-t menunjukkan bahwa thitung (55,368) lebih besar dari ttabel (2,10092), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca siswa. Oleh karena itu, buku cerita bergambar dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Shao, Y.-L., & Shih, Y.-H. (2024). The

effects of interactive electronic

picture books on young

children’s oral expression skills.

International Journal of

Education and Practice, 12(2),

312 – 323.

https://doi.org/10.18488/61.v12

i2.3680

Sholihin, & Samsudin. (2022). Faktor-

Faktor Penghambat

Keterampilan Membaca

Permulaan pada Siswa Kelas

II. Jurnal Pendiidikan Bahasa,

12(1).

Silvia, S., Pebriana, P. H., &

Sumianto, S. (2021).

Penerapan Metode Silaba

Untuk Meningkatkan

Keterampilan Membaca

Permulaan Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 3(1).

https://doi.org/10.31004/jpdk.v

2i2.1336

Sugiyono, P. D. (2019). Buku

sugiyono, metode penelitian

kuantitatif kualitatif. In Revista

Brasileira de Linguística

Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Suib, M., Saputra, D., Fidri, M., &

Nurhayati. (2022). Strategi

Pembelajaran Berdasarkan

Unsur-Unsur Bahasa Arab.

Jurnal As-Said, 2(1), 149–161.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, &

Syafitri, R. (2023). Kerangka

berfikir penelitian kuantitatif.

Tarbiyah: Jurnal Ilmu

Pendidikan Dan Pengajaran,

2(1).

Talwiasih, S. (2019). Peningkatan

Keterampilan Membaca

Permulaan melalui Media Big

Book SD Negeri 2 Karangsoko

Kecamatan Trenggalek. Jurnal

Pendidikan : Riset Dan

Konseptual, 3(1).

Tyas Tri, Y., & Abduh, M. (2018).

Peningkatan Keterampilam

Membaca Menggunakan

Media Buku Cerita Bergambar

Pada Siswa Kelas 2 Sd N 01

Tunggulsari Tahun 2017/2018.

World Development, 1(1).

Ummah, M. S. (2019). Ilustrasi yang

menarik dan sesuai dengan isi

cerita menciptakan asosiasi

yang kuat antara teks dan

gambar, sehingga

memudahkan anak untuk

merekam alur cerita, tokoh,

serta pesan yang disampaikan.

In Sustainability (Switzerland)

(Vol. 11, Issue 1).

http://scioteca.caf.com/bitstrea

m/handle/123456789/1091/RE

D2017-Eng-

8ene.pdf?sequence=12&isAllo

wed=y%0Ahttp://dx.doi.Org/10

.1016/J.Regsciurbeco.2008.06

.005%0ahttps://Www.Researc

hgate.Net/Publication/3053204

84_Sistem_Pembetungan_Ter

pusat_Strategi_Melestari

Downloads

Published

2025-06-10