MENINGKATKANKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS III SDN 4 PALANGKA

Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Rizka Hanafiah Putri Universitas Palangkaraya
  • Abd. Rahman Azahari Universitas Palangkaraya
  • Roso Sugiyanto Universitas Palangkaraya
  • Ichyatul Afrom Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26408

Keywords:

media papan pintar, hasil belajar, IPAS, PTK, motivasi belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas III B SDN 4 Palangka melalui pemanfaatan media pembelajaran inovatif berupa papan pintar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya motivasi belajar siswa serta terbatasnya penggunaan media yang mampu merangsang partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Selama ini, proses pembelajaran cenderung bersifat satu arah dan dominan menggunakan metode konvensional yang berpusat pada guru, sehingga kurang menghadirkan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Dengan mengintegrasikan media papan pintar, penelitian ini berusaha membangun lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan mendorong keterlibatan langsung siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penerapan media ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, terlihat dari peningkatan rata-rata nilai dari 60,77 pada tahap pra siklus, menjadi 72,15 pada siklus I, dan mencapai 87,69 pada siklus II. Selain itu, tingkat ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari 30,76% pada pra siklus menjadi 46,15% pada siklus I, dan melonjak menjadi 84,61% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan papan pintar efektif dalam mengoptimalkan hasil dan proses pembelajaran siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. 2(1), 68–76.

Pratama, R. A., & Astuti, Y. (2023). Efektivitas Media Papan Pintar dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 78–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.54210

Fitriani, S., & Wijayanti, R. (2022). Inovasi Pembelajaran Menggunakan Media Digital Interaktif untuk Meningkatkan Keterlibatan Belajar Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(3), 245–255. https://doi.org/10.21009/JIPD.073.05

Ananda, V., Mariana, B., Dewi, N. K., & Guru, P. P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Papan Pintar di Kelas II SDN 15 Mataram. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 96–100.

Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP –UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD beda dalam memahami konep pembelajaran . Hal ini dapat menjadikan mereka memiliki mudah , dan hasil belajar menjadi lebih baik . Dalam proses pembelajaran . Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16.Fariq, A. (2011). Perkembangan dunia konseling memasuki era grobalisasi.Pedagogi,II Nov 2011(Universitas Negeri Padang), 255-262.

Putri, R. S. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Siswa Kelas III SDIT Al –Uswah 02 Banyuwangi. Central Library Of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Of Malang.

Andriani, N., & Kurniasih, D. (2022). Penerapan metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 134–142.

Sari, D. M., & Wulandari, H. (2020). PTK dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan saintifik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 89–98.

Mardiah, A. (2023). Strategi peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan STEM di kelas V SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 11(1), 45–55.

Syamsurijal, S., Sabillah, B. M., Hakim, U., & Irsan, I. (2023). Relevansi Penggunaan Metode Ceramah pada Pembelajaran di Sekolah Dasar di Era Digital. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4).

Downloads

Published

2025-06-13