PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VOCABULARY BOX BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM NURUL IMAN

Authors

  • Ardya Muslihah Universitas Mataram
  • Syaiful Musaddat Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.26416

Keywords:

Penguasaan kosa kata, media vocabulary box, kearifan lokal suku Sasak, pendidikan anak usia dini.

Abstract

Pembelajaran di Indonesia masih menghadapi tantangan, seperti metode yang kurang menarik dan minimnya media pembelajaran inovatif, yang berdampak pada penguasaan kosakata anak. Kosakata merupakan elemen penting dalam bahasa yang mendukung kelancaran komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata anak melalui penggunaan media Vocabulary Box yang berbasis pada kearifan lokal suku Sasak di TK Islam Nurul Iman. Metodologi yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan Kemmis & McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sampel penelitian terdiri dari 29 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata anak, di mana pada pra-siklus hanya mencapai 10,34%, meningkat menjadi 31,03% pada siklus I, dan mencapai 82,75% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Vocabulary Box efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata anak di TK Islam Nurul Iman. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syaiful Musaddat , Universitas Mataram

 

References

Ainun, S., Fahruddin, ., Rachmayani, I., & N. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A di Kecamatan Waikase Tahun 2022. PARADIGM : Journal Of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(01), 28–35. https://doi.org/10.62668/paradigm.v1i01.375

Astini, B. N., & Maisyaroh, M. (2023). Pengenalan Makanan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Muatan Lokal di PAUD. Journal of Education Research. Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia. https://doi.org/10.

Etnawati, S. (2021). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Fieana, N. A., Yuliani, S. N., Fidrayani, & Hayati, M. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Kotak Pintar Kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 62–72. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2802

Hajjah, R. R., Mintowati, & Indarti, T. (2024). Proses Pengembangan Media Flashcards Berorientasi Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) UNESA. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1-10. E-ISSN: 2777-0575, P-ISSN: 2777-0583.

Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 79. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057-4066. (tautan tidak tersedia)

Musaddat, S., Intiana, S. R. H., Suyanu, C. A., & Hidayat, R. (2022). Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Dasar Pengembangan Teks Model untuk Menunjang Pembelajaran Berbasis Teks di SMA. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 1-10. https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2543

Muzakir, & Suastra, I. W. (2024). Kearifan Lokal Suku Sasak sebagai Sumber Nilai Pendidikan di Persekolahan: Sebuah kajian Etnopedagogi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 84-95.

Nurhasana, I. (2021). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (2), 2021, 1(2), 217–229. https://doi.org/10.55311/aioes.v1i2.67

Prabawati, P. L. S., Jampel, I. N., & Suma, I. K. (2025). Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament pada Pembelajaran IPAS terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar. Jurnal Dikpora, 10(2), 1-10. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1838

Rosyida, S. H., Zahro, I., Putri, H. R., & Timur, J. (2022). Pengaruh Film “Riko The Series“ Terhadap Perkembangan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Al-Ikhlas Desa Serut Kecamatan Panti Tahun Ajaran 2021/2022. 5, 55–59.

Salfiyani, M. N., Darmiany, & Musaddat, S. (2021). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Praya Tengah. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 158–165. https://jurnal.educ3.org/index.php

Sumiati, A. Y., & Komala. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Permainan Kotak Huruf Pada Kelompok B. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 591–601.

Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788

Wulandhari, N. L. V., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2024). Identifikasi Pengenalan Makanan Tradisional Dalam Pembelajaran Sebagai Muatan Lokal di PAUD Sekecamatan Cakranegara Kota Mataram. 5(1), 1–6.

Yuniarni, D. (2016). Peran PAUD Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370

Downloads

Published

2025-06-11