PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 1 BETAO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26499Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif, Model JigsawAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V UPT SD Negeri 1 Betao Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang menjadi permasalahan utama dalam pembelajaran. Pembelajaran yang cenderung monoton dan berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang memahami materi, khususnya konsep bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 1 Betao. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan angket aktivitas belajar siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model Jigsaw, dengan rata-rata nilai belajar meningkat dari 72,75 pada siklus I menjadi 87,25 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 46,40% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II, melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Aktivitas belajar siswa dan guru juga mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V UPT SD Negeri 1 Betao. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar guru menerapkan model pembelajaran ini secara konsisten guna meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.Downloads
References
Ali, Muhammad. (2004). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar. Baru Algensindo.
Arikunto,2000. Manajemen Penelitian, Jakarta,:Rineka Cipta.
Erman Anti; 1999; Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling; Jakarta: Rineka Cipta;
Hartaji,Mirsyafei. 2000. Pengembangan dan Uji Coba Perangkat Kontekstual Teaching & Learning. Jakarta:depdiknas.
Hastuti, Widya.2003.Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran STAD untuk megajarkan sistem linear dua peubah siswa kelas II Semester 2SLTPN 24 Semarang Tahun Pelajaran 2002/2003: Skripsi.FMIPA UNNES.
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press
Ismail. 2002. Model-model Pembelajaran. Jakarta:depdiknas.
Ismail, Imaduddin, Pengembangan Kemampuan Belajar Pada Anak-anak, terj. Zakiah Darajat, Jakarta: Bulan Bintang, t.th.
Nur, Muhammad.2005. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur: depdiknas
Nana Sudjana, 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar .Bandung : Sinar Baru
Rusman, (2008) , Manajmen Kurikulum Seri Manajmen Sekolah Bermutu, UPI Press Bandung
Susilo. 2007..Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Sardiman A.M. 2000.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slavin, Robert E. (1995). Cooperative learning. Theory, Research and Practice, Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2023). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives (Edisi Kedua). Pearson.
Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Supinganto, A., Simarmata, J., Yuniwati, I., Adiputra, I. M. S., Oktaviani, N. P. W., Trisnadewi, N. W., Purba, B., Silitonga, B. N., & Purba, S. (2024). Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Arends, R. I. (2023). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Ariani, Y., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2020). Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deepublish.
Biggs, J., & Tang, C. (2023). Teaching for Quality Learning at University (5th ed.). Open University Press.
Boaler, J. (2023). Limitless Mind: Learn, Lead, and Live Without Barriers. HarperOne.
Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (Eds.). (2024). How People Learn III: Learning in Informal Environments. National Academies Press.
Brookhart, S. M. (2023). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading (Edisi Kedua). ASCD.
Bruner, J. S. (2023). The Process of Education. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Burton, M. (2023). "Developing Mathematical Thinking: A Comprehensive Approach." Mathematics Teacher Education and Development, 25(1), 45-62.
Damayanti, D., Puspitasari, W. D., & Oktaviani, R. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. PediaQu
Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2023). "Implications for Educational Practice of the Science of Learning and Development." Applied Developmental Science, 27(2), 97-140.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.