Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Kantong Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bantar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

PTK

Authors

  • Putriassani2212 Putri Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Agung Nugroh PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26506

Keywords:

Motivasi, Pendidikan Pancasila, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang dari rendahnya nilai motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila melalui model Problem Based Learning berbantuan media papan kantong. Jenis penelitian ini ialah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ialah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bantar berjumlah 20 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap pelaksanaan siklus terdapat 2 kali pertemuan, 1 kali pertemuan memiliki waktu 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan masing-masing siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data didapatkan melalui lembar observasi guru serta lembar aktivitas siswa, untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan angket. Motivasi belajar dilaksanakan disetiap masing-masing akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata persentase 73% kriteria baik dan siklus II diperoleh rata-rata persentase 82% kriteria baik, dengan demikian kesimpulannya model Problem Based Learning berbantuan media papan kantong bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SD Negeri 2 Bantar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, S., dkk., (2024). Pengembangan Media Pakapin (Papan Kantong Pintar) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 1–14.

Arsyad Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Budiyono Kabul. (2017). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

Bukit, S., & Tarigan, E. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 110–120.

Fatmahwati Anita, & Wakhudin. (2024). Memperkokoh Karakter Cinta Tanah Air untuk Menciptakan “Good Citizenship” dalam Pembelajaran PPKn di SDN 1 Linggasari, Banyumas. 4, 16141–16148.

Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar- Ruzz Media.

Filgona, J., et. al. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10 (4), 16–37.

Haryani, U.S (2021) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Muatan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas III SD Negeri Kotagede 4. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2 (2), 82-87.

Hidayati, A. T., & Martasari, M. E. (2023). Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Menerapkan Sila-Sila Pancasila Melalui Media Pembelajaran Inovatif Sd Negeri 2 Cepiring. Didaktik: 09, 2244–2257.

Huda Miftahul. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jannah Miftahul., & Muryaningsih Sri., (2021). Pengaruh Respon Siswa dari Pemberian Penguatan Guru Terhadap Motivasi Belajar di Ke;as IV SD Negeri 2 Pekalongan Kabupaten Purbalingga. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 7 (1), 1-14.

Kurniasih, P. D., Nugroho Agung., & Harmianto Sri., (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skill (Hots) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Leraning (PBL) dengan Media KOKAMI di Kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwaluh. Journal of Elementary Education. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 4 (1), 23-35.

Meşe, E., & Sevilen, Ç. (2021). Factors influencing EFL students’ motivation in online learning: A qualitative case study. Journal of Educational Technology & Online Learning, 4 (1), 11–22.

Mulkan Hasanal, & Aprita Serlika. (2022). Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kencana.

Nailati, R., dkk. (2024). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keaktifan Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV UPT SPF SD Inpres Bontomanai. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 43–68.

Nohri, M. L., & Kazimi, A. B. (2023). Enhancement of Access to Primary Education under Implementation of School Education Sector Plan & Roadmap for Sindh 2019-2024 Perceptions of Head Master’s District Umerkot, Sindh. International Journal of Trends and Innovations in Business & Social Sciences, 1(4), 202–213.

Syafril, & Zen Zelhendri. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Taniredja Tukiran, Afandi Muhammad, & Faridli Efi Miftah. (2015). Pendidikan Pancasila Untuk Mahasiswa. Bandung:Alfabeta.

Uno Hamzah. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-05-29