ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN 06 BELANGKO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26520Keywords:
Discovery learning, learning outcomes, Indonesian language, language skills, active learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi kelas yang melibatkan lima siswa dan satu guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran penemuan. Siswa melaporkan menjadi lebih aktif, lebih baik dalam memahami materi, dan lebih antusias dalam mempelajari bahasa Indonesia. Selain itu, keterampilan bahasa mereka, terutama dalam pemahaman bacaan, menunjukkan perkembangan yang signifikan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kurangnya antusiasme di antara siswa tertentu dan terbatasnya partisipasi aktif selama pelajaran. Meskipun demikian, bimbingan guru yang konsisten dan persiapan materi pembelajaran yang matang memainkan peran penting dalam penerapan model yang efektif. Sebagai kesimpulan, model pembelajaran penemuan telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan kemahiran berbahasa dalam pengajaran bahasa Indonesia.Downloads
References
Alkautsar, R. R., Larasati, D. A., & Anika, M. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 7, 4566–4573.
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20
Robiyanto, A., & Astuti, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Inquiry Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Fondatia, 6(3), 727–741. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2071
Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Yunianti, V. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. 6, 9106–9114.
Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723
Suari, B. A., & Astawan, I. G. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 270–277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Suriadi, N. N. (2023). Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 3(4), 484–494. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675870
Suryaningrum, G. D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 222–230.
Suwiti, N. K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 89–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.6204383
Wahyuni, D. T., & Astuti, S. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 421–428. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1309
(Megawanti, P, 2012 Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia.)
(Rahman, A., Munandar, S. A.,; Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. ;, 2022( Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. AI Urwartul Wutsqa:)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.