PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS VI UPTD SD NEGERI OETETE 1

Authors

  • Yuliana Maro Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Antonius SUban Hali Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Rista Apriliya Devi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26545

Keywords:

jigsaw, Hasil Belajar, IPAS, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang Menjelajahi Bumi, Matahari, dan Bulan siswa di kelas VI SD Negeri Oetete 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Oetete 1 Kota Kupang. Ada pun subjek penelitian ini berjumlah 28 orang dengan rincian 14 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data yakni dekriptif kuantitatif.  Penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil pada siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata siklus I (69,61%) meningkat menjadi (85,29%) pada siklus II. Dari 28 siswa, yang tuntas 15 siswa (53,57%) sedangkan yang tidak tuntas 13 siswa (46,43%). Selanjutnya, pada siklus II, dari 28 siswa, dinyatakan tuntas berjumlah 24 siswa (85,71%) sedangkan yang tidak tuntas 4 siswa (14,29%). Berdasarkan hasil penelitian di atas maka disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkaromi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21351

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arta, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tenganan Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Action : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1). https://doi.org/10.51878/action.v1i1.283

Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1286

Djabba, R., & Ilmi, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Publikasi Pendidikan, 12(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.35491

Khoiruddin, A., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Jigsaw pada Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.5178

Masithoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i1.80

Mete, Y. Y., & Gago, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDK Woloora Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).

Mulyati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 09 Baringin. Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 2(2), 214–222.

Rodliyah, U., & Fadly, W. (2023). Meningkatkan kemampuan kolaborasi melalui model guided inquiry berbasis education for sustainable development pada materi biotik dan abiotik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 169-179.

Saputro, I. C., & Radia, E. H. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebowan 01. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5068

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 22-31.

Sumijan, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Peserta Didik Kelas V Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 3 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(2). https://doi.org/10.28926/jtpdm.v3i2.906

Sute, A., Hero, H., Helvina, M., Kunci, K., Pernapasan pada Manusia, S., & Paikem, P. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 4.

Downloads

Published

2025-06-04