PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPAS KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26551Keywords:
Media Crossword Puzzle, Hasil belajar IPAS, Inovasi pembelajaran, ABSTRAKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media crossword puzzle (teka-teki silang) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas III. Latar belakang penelitian didasarkan pada kebutuhan akan variasi media pembelajaran yang inovatif dan interaktif guna mengatasi kejenuhan siswa dan meningkatkan keterlibatan serta pemahaman materi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pada 18 siswa kelas III MIS Darussalam. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa skor presentase ketuntasan siklus I Ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 38,89%. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan crossword puzzle tidak hanya meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa, tetapi juga memudahkan pemahaman materi IPAS secara menyenangkan dan efektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media crossword puzzle sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar di sekolah dasarDownloads
References
Alfiansyah, D. C., Tri Prasasti, P. A., & Yullistianasari, I. (2023). Penggunaan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sdn Bader 03. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2199–2211. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8321
Amanda, D. R. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 185–199.
Anatasya, S. (2022). Analisi Guru Penggerak Dalam Proses Pembelajaran Di Sd Negeri 1/Iv Kota Jambi. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Aniza, N. (2019). Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Teka-teki Silang. Inovasi Sekolah Dasar. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/8639%0Ahttps://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/viewFile/8639/4638
Arfianda, R., Nurdin, & Syamsuriyanti. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 133–142. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.773
Asral, S., & Chandra, R. (2021). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Menggunakan Media Evaluasi Pembelajaran Quizizz dengan Media Evaluasi Pembelajaran Konvensional. MSI Transaction on Education, 2(2), 97–104. https://doi.org/10.46574/mted.v2i2.53
Baroya, E. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21. As-Salam, 1(01), 101–115.
bidin A. (2017). Sumber Dan Media Pembelajaran Tematik. Вестник Росздравнадзора, 4(1), 9–15.
Bokingo, O., Supartin, S., & Odja, A. H. (2022). The Effect Of Discovery Learning Models With Blended Learning Strategies Assisted By Crossword Puzzle Media On Understanding Physics Concepts. SEJ (Science Education Journal), 6(1), 35–47. https://doi.org/10.21070/sej.v6i1.1620
Budiyanto, D., Listyarini, I., & ... (2018). Keefektifan Model Tgt Berbantu Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sd Negeri Kemiri …. … Nasional Hima Dan …, 1964–1971. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SD2017/pgsd20172/paper/view/2287
Dkk, R. fitri ginting. (2024). penggunaan metode talaqqi untuk meningkatkan bacaan Al Qur’an siswi kelas VI SDIT Luqmanul hakim pada mata pelajaran tahsin. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 342.
Emanita, M. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Crossword Puzzle silengkapi The Power Of Two Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN TEMPEL Tahun Ajaran 2012/2013. Slideshare.Net, 2(1), 545–555. https://www.slideshare.net/ALBICEE/lembar-observasi-siswa-50178674
Febrianti, F., Aulia, A., Nur, F., Ratnaningtiyas, R., & ... (2024). Pendampingan belajar peserta didik dengan memanfaatkan media pembelajaran crossword puzzle. Jurnal …. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/anugerah/article/view/7271
G, C., Suardi, S., & Rahman, S. A. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV IPS SD Negeri Minasa Upa Makassar. Journal on Education, 7(1), 3162–3174. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6911
Günter, T. (2023). Using CBA REACT Strategy Supported by Crossword Puzzle Game on the Topic of Acid-Base Titrations. Journal of Science Learning, 6(1), 87–99. https://doi.org/10.17509/jsl.v6i1.51116
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Indrawati, D., & Aprisha, S. I. (2022). Penerapan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Interaksi dan Hasil Belajar Matematika di Kelas II. Jpgsd, 10(4), 723–734.
Indriyanti, Sri Nurlina, L. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Ilmiah Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Teks Diskusi. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2040
Irawan, A., Yaumi, M., Usman, & Suharti. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Mini Book Dan Crossword Puzzle Pada Materi Keragaman Di Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 94–104. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a8.2022
Joag, S. D. (2014). An effective method of introducing the periodic table as a crossword puzzle at the high school level. Journal of Chemical Education, 91(6), 864–867. https://doi.org/10.1021/ed400091w
Juliyanti, E., Julyanti, E., Rohanita Hasibuan, L., Siregar, S. U., Listiana, W., & Adelina, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Di Kelas Vii Smp Budi Utomo Learning Model of Snowball Throwing for Improving Learning Results in Class Viii Students of Budi Utomo School. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS) , 5(2), 43–46. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1504/1485
K, S. B., Jusuf, H., Lalu, N. A. S., Nakoe, M. R., Maksum, T. S., Hadju, V. A., & Aulia, U. (2023). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir melalui Video Animasi dan Crossword Puzzle di SMP Negeri 7 Gorontalo. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 73–89. https://doi.org/10.31943/abdi.v5i1.100
Khan, F. A. (2019). Learning to teach. In Science (Vol. 366, Issue 6472). McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages. https://doi.org/10.1126/science.366.6472.1574
Khasanah, A. F. A., Rofi’ah, S., & Mubarok, T. A. (2023). Developing Crossword Puzzle As English Learning Media Media To Teach Vocabulary At Madrasah Aliyah Al Khoiriyah Gondanglegi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5531
Khasanah, N. R., Atnuri, & Fanani, A. (2020). Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 41–48. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2756
Khotimah, S. N., Mulyaningsih, S., & Nurkamilah, S. (2023). Perbandingan Hasil Belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Crossword Puzzle dengan Word Square pada materi Ekosistem siswa kelas X Mipa di MAN 1 Garut. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.31980/jls.v5i1.2608
Kresnandya, T. F. (2020). Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Vertebrata. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i1.1810
Leni Diah Putri, Ida Dwijayati, & Ngatmini. (2023). Pengembangan Media Digitalmath Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas Iii Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 744–752. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1648
Luzyawati, L. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Materi Ekosistem Yang Menggunakan Media Word Square Dengan Crossword Puzzle. Wacana Didaktika. http://wacanadidaktika.unwir.ac.id/index.php/wd/article/view/51%0Ahttps://wacanadidaktika.unwir.ac.id/index.php/wd/article/download/51/47
Masripah, M., Fatonah, N., Nasrullah, Y. M., & Nurhasanah, N. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(01), 23–37. https://doi.org/10.30762/allimna.v2i01.680
Mawardhani, M. A., Dewi, A. L. S., & Andjariani, E. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4744
Mawarni, Y., & Yulia, N. (2023). Efektivitas Media Teka-Teki Silang Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa SMA. Omiyage : Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 6(2), 362–372. https://doi.org/10.24036/omg.v6i2.722
Mea, F. (2024). Peningkatan efektivitas pembelajaran melalui kreativitas dan inovasi guru dalam menciptakan kelas yang dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275.
Miswandi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 300. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66
Munawaroh, S., dkk. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa. Universitas Negeri Semarang.
Munawir, M., Rahmah, A., & Nurkhasanah, M. (2023). Use of Word Square Learning Media in Learning The History of Islamic Culture at Madrasah Ibtidaiyah. Journal Analytica Islamica, 12(2), 244. https://doi.org/10.30829/jai.v12i2.17590
Muslihasari, A., & Yunita, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Education and Creative Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdn Kademangan 02. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 2(1), 67–77. https://doi.org/10.33379/primed.v2i1.1236
Muzakir, Y. C., Junaid, & Prasetya, F. (2018). Efektivitas Media Teka-Teki Silang Dengan Metode NHT ( Number Heads Together) Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kendari Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(1), 1–9. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIMKESMAS/article/viewFile/3901/2981
Nadimah, N. A., & Raharjo. (2018). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Siswa Kelas X SMA Pada Materi Fungi. BioEdu, Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 433–440. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/download/28808/26376
Nisa Maghfiroh, A., Muhammad Ferelian El Hilaly Daksana, & Nikhlatus Salma, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.429
Nopirianti, R. (2021). Upaya Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan melalui Belajar sambil Bermain. 1–12. 10.31219/osf.io/hgbwx
Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. In Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3
Nurhakim, Nurmeida, A., Hasanah, N., & Astuti, P. . (2020). Inovasi Media Pembelajaran Teka Teki Silang Fisika dalam Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Untirta, 3(1), 323–329.
Nurhayati, F., Redjeki, T., & Utami, B. (2013). Efektivitas Pembelajaran Dengan Metode Drill and Practice Dan Learning Cycle 5-E Disertai Media Crossword Puzzle Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi …. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 191–198. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2730
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Oktavera, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 312. https://doi.org/10.21009/jpd.062.13
Oktavilia, A. D., Fatmawati, L., Rahayu, R., Guru, P. P., Dahlan, U. A., Guru, P. P., Dahlan, U. A., Silang, M. T., Belajar, M., & Belajar, H. (2021). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Teka-Teki Silang Di Sd Negeri 1 Jambukidul. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 275–288.
Pranata, P. A., Sudirtha, I. G., & ... (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII 2. KARMAPATI (Kumpulan …, 2, 536–543. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19675
Prastyo, W. T., & Myori, D. E. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team GameTournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. PAKAR Pendidikan, 21(2), 203–213. https://doi.org/10.24036/pakar.v21i2.403
Pratama, S., Agustin, M., & ... (2022). Effectivity of Model Project Based Learning (PjBL) Type Make Crossword Puzzle Project to Improve 5th Grade Elementary Student’s Collaboration Skills. ICEE-4 The Direction of Elementary Education in the Future Challenge, 753–759. http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/2052%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/download/2052/1894
Purwaningsih, S. (2019). Permainan Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Materi Sumpah Pemuda pada Siswa Kelas III SDN 1 Sidowayah Polanharjo Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(4), 314. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v5i4.46437
Puspitasari, C., & Widiyanto, J. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Menggunakan Media Teka-Teki Silang Dengan Model Pembelajaran Talking Stick Pokok Bahasan Ekosistem Kelas Vii Smpn 1 Kartoharjo. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 39. https://doi.org/10.25273/florea.v3i1.786
Qadrifuddin, T. A. A., Nurhasanah, N., & Amrullah, L. W. Z. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDN 46 Cakranegara Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 47–51. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2013
Rahmadhani, G. F., Satyani, E. A., Suprobo, P. W., Puspita, R. U., Sari, K., Setiawan, R., Studi, P., Bahasa, P., & Indonesia, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Digital & Media Konvensional dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Al Azhar 7 Solo baru. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023, 171–178.
Ramadhania, S., & Adnan, H. (2022). Crossword Puzzle Learning Media to Improve Indonesian Vocabulary Mastery for Grade 2 Elementary School Students. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(2), 50–55. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i2.177
Ramadhania, S., & Yamin, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960–965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3042
Ramdani, M., & Mintohari. (2023). Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas Iv a Sdn Manukan Kulon Ii/499 Surabaya. ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 68–76.
Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2025). Swati Ray 1 , Joyati Das 2* , Ranjana Pande 3 , and A. Nithya 2. 6(2), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Rohman, T., Surachmi W, S., & Murtono, M. (2021). Pengaruh Model Think Pair Share Dan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Ngembalrejo Bae Kudus. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1544. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8341
Rosita Putri Rahmi Haerani, Vina Aulia Putri, Muhlis, M., Muh. Ramli Buhari, & Andi Asrafiani Arafah. (2023a). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Crossword Labs di SD Kelas V. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 952–962. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1236
Rosita Putri Rahmi Haerani, Vina Aulia Putri, Muhlis, M., Muh. Ramli Buhari, & Andi Asrafiani Arafah. (2023b). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Crossword Labs di SD Kelas V. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 952–962. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1236
Sa’diyyah, H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Memprogram …. Etheses UIN Malang, 03(01). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/ptmesin/article/view/1446
Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11–28. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329
Salsabillah, Y., Aryaningrum, K., & Suryani, I. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 32 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.
Saraswati, M., Alfiandra, & Rita Murniati, S. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IX.6 di SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 117–127. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.8820
Sennen, E., Pelian, MY, & Helmon, A. (2020). Efektivitas Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Hots Dalam Pembelajaran Matematika Sd. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar Vol., 1(2), 14–20. https://jlpdpgsd-unikastpaulus.id/JLPD/article/view/33
Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74
Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 2614–3275. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458.
Siagian, N. (2024). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Bergambar untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 67–78. https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/9358
Simbolon, M. P. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Kerja Keras Serta Hasil Belajar Pada Pengajaran Larutan Di SMA. UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4175
Siswa, B., Mata, P., Ips, P., & Sekolah, D. I. (2014). PENGGUNAAN MEDIA GAMES CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL. 01(1), 1882–1891.
Sofianti, A. R. (2020). Pembelajaran kooperatif berbantuan media pembelajaran crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah tsanawiyah guppi jambi. In Disertasi. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3791
Suhaimi, S., & Rahayu, P. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pintar pada Muatan IPA Kelas IV SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Jurnal Global Ilmiah, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i2.12
Sujana, D. (1991). Efektivitas Penggunaan Media Teka Teki Silang Dalam Pembelajaran Katakana (Vol. 43, Issue 10, pp. 8509–8515). Universitas Komputer Indonesia.
Sulasmi, N. M. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pogil Berbantuan Media Permainan Tts Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14718
Sulistri, E., & Suprapto, W. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA TTS (TEKA-TEKI SILANG) TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SDN 5 SINGKAWANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 456–470.
Sumantri, A., Tamyis, & Ekowati, E. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal, 3(1), 299–311. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2089
Sumirat, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Untuk Memfasilitasi Perubahan Konseptual Siswa Sd Dalam Pembelajaran IPA. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi …, 3(1), 76–85. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/319
Syafmen, W., & Indri, S. (2023). Development of M-Learning Media Illustrated Crossword Puzzles to Increase Learning Motivation for Middle School Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 9(2), 111. https://doi.org/10.26858/est.v9i2.44064
Syamsuddin. (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Konseling Pendidikan, 3(1), 70–78.
Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 140–145. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3113
Teknologi, J., Dan, P., Jtpp, P., No, V., April, E., Hal, J., Adila, Y., Nisa, S., Suriani, A., No, V., April, E., & Hal, J. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Ppkn Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 01(04), 761–767.
Ulfiah, Z., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penerapan Permainan Edukatif Teka Teki Silang dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Dirasah, 6(2), 403–410. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Umalihayati, U., Salimi, M., Andriana, E., Fajari, L. E. W., Sa’diyah, H., Aini, S., Cahyaningsih, A. P., Havita, V. N., & Astrianingsih, D. (2024). Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar: Teori dan Implementasinya.
Usman, R. (2018). Peningkatan Metode Tekateki Silang (Crossword Puzzle) Dalam Motivasi Dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Instrinsik Dan Ekstrinsik Sastra Siswa Kelas V Sd Negeri 165 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 233. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6268
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011a). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–5. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011b). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–8. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
WARUWU, A. M., & SUSANTI, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka–Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa Di Kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 1(2), 81. https://doi.org/10.24114/jipk.v1i2.15517
Widana, I. W., Sumandya, I. W., Citrawan, I. W., Widana, I. N. S., Ibarra, F. P., Quicho, R. F., Santos, M. R. H. M. D., Velasquez-Fajanela, J. V., & Mukminin, A. (2023). The Effect of Teacher’s Responsibility and Understanding of the Local Wisdom Concept on Teacher’s Autonomy in Developing Evaluation of Learning Based on Local Wisdom in Special Needs School. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(10), 152–167. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i10.6189
Wijiastuti, R. (2013). Keefektifan Strategi Crossword Puzzle Pada Hasil Belajar Ips. Journal of Elementary Education, 2(2), 30–34. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 66–74.
Yani, M., Authary, N., Nazariah, N., & Azkia, A. (2022). Pengaruh Crossword Puzzle Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Habits of Mind Matematis Siswa. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 7(2). https://doi.org/10.24269/silogisme.v7i2.6029
Yelviana, N. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Perbantuan Media Ceossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran SKI Di MA Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023. In Repositori IAIN Kudus.
Yudiati, R., & Rizqi, H. (2022). The Effect of Android-Based Learning Media Using Crossword Puzzles On English Vocabulary Mastery. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(3), 766. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5695
Yuliana. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2097–2104.
Yulianti, Wulandari, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Crossword Puzzle dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, Vol 3, 149–157.
Yulianti, E., & Andriyanto, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang IPA Terpadu Untuk Siswa Kelas VII SMPN 56 Merangin. Biodik, 7(2), 153–162. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.10971
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920
Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999–2006. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i8.1451
Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.