Telaah Kritis terhadap Perkembangan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia: Perbandingan Kurikulum 1994, Revisi 1997, dan KBK 2004
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26573Keywords:
Kurikulum 1994, Revisi Kurikulum 1997, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Implementasi Kurikulum, Pendidikan IndonesiaAbstract
Penelitian ini merupakan telaah kritis yang menganalisis dinamika perubahan kurikulum nasional Indonesia antara tahun 1994 hingga 2004, mencakup Kurikulum 1994, Revisi Kurikulum 1997, dan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan studi dokumentasi, penelitian ini membandingkan karakteristik, kelebihan, kelemahan, serta tantangan implementasi setiap kurikulum. Hasilnya menunjukkan bahwa Kurikulum 1994 berfokus pada standarisasi nasional namun terlalu padat dan kurang fleksibel. Revisi Kurikulum 1997 menyederhanakan materi dan memberi ruang muatan lokal, namun belum menyentuh paradigma pembelajaran sepenuhnya. KBK 2004 menjadi terobosan dengan fokus kompetensi dan pengembangan keterampilan praktis, meski implementasinya menghadapi tantangan seperti kesiapan guru dan infrastruktur. Temuan ini menunjukkan perlunya sinergi antara standar nasional dan konteks lokal, serta dukungan kebijakan yang konsisten. Penelitian ini diharapkan memberi masukan konstruktif untuk perumusan kurikulum masa depan yang lebih adaptif, relevan, dan berorientasi pada kompetensi global.Downloads
References
Agung, L., Sitika, A. J., Lestari, J. R. D., Putri, K. V., Azahra, M., Ulviyah, N., & Sutejo, Y. (2023). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 1-8. https://doi.org/10.5281/zenodo.8368801
Andrian, Y., & Rifa'i, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam di SMA Negeri 2 Ranah Batahan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 7(3), 338-348. Retrieved from https://journal-fip.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/1471
Arifana, A., Widayanti, E., Sari, D. R., Setyati, W., & Egar, N. (2025). Analysis of Curriculum 2004 (KBK) and Curriculum 2006 (KTSP). Journal of Curriculum Indonesia, 8(1), 272-279. https://www.hipkinjateng.org/jurnal/index.php/jci/article/view/139
Badar, N., & Bakri, A. (2022). Strategi pembelajaran dengan model pendekatan pada peserta didik sekolah menengah pertama agar tercapainya tujuan pendidikan. JBES: Journal of Biology Education and Science, 2(2), 1-15. https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jbes/article/view/335
Balla, E. (2023). Teacher Centered Method Vs Student Centered Method of Teaching in Teaching English: Critical Study. Interdisciplinary Journal of Research and Development, 10(3), 60-60. https://doi.org/10.56345/ijrdv10n309
Budio, S., Siska, S., Yanti, Y., Izati, W., & Kadri, J. (2021). KEBIJAKAN KURIKULUM PENDIDIKAN NASIONAL (Kebijakan Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994 Dan Suplemen Kurikulum 1999, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004). Jurnal Menata: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 8-19.
Fitriani, D., Rindiani, A., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Inovasi Kurikulum: Konsep, Karakteristik dan Implementasi Kurikulum Berbasis Komppetensi (KBK). Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 43-58. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.666
Altino, D. S. M., & Hermawan, S. (2020). The Effect of Application of Teacher Centered Learning, Cooperative Learning and E-Learning Methods on Students' Understanding of Accounting Learning. Academia Open, 3, 10-21070. https://doi.org/10.21070/acopen.3.2020.1184
Fitriani, N., & Afrilianti, D. (2025). Analisis Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)/Kurikulum 2004. Indonesian Journal on Education (IJoEd), 1(3), 222-227. https://doi.org/10.70437/yexnrq85
Hanik, U., Mardiyana, I. I., & Rosid, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 44-48. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.7101
Ilwan, I. (2023). Inovasi Kurikulum (KBK KBM KTSP dan K-13) pada MTsN 10 Bireuen. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 3(1), 49-60. Retrieved from https://www.jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/372
Kobandaha, I. M., & Sidik, F. (2021). Harmonisasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam dan Kurikulum Pendidikan Nasional. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 33-44. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2054
Mahrus, M. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41-80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59
Marzuqi, B. M., & Ahid, N. (2023). Perkembangan kurikulum pendidikan di indonesia: prinsip dan faktor yang mempengaruhi. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2), 99-116. https://doi.org/10.30762/joiem.v4i2.1284
Nisa, A. K., Tinofa, N. A., Noptario, N., & Abdullah, F. (2024). Transisi Pembelajaran Teacher Centered Menuju Student Centered: Penguatan Literasi Teknologi Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1453-1460. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/920
Nurwati, A., Yuliani, N., & Hidayat, S. (2023). Perkembangan Kurikulum di Indonesia Menuju Pendidikan Berkualitas. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5698-5708. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11298
Raharjo, R. (2020). Analisis perkembangan kurikulum PPKn: dari Rentjana pelajaran 1947 sampai dengan merdeka belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63-82. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901
Retnowati, N., & Djamdjuri, D. S. (2023). Analisis Situasi: Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Kurikulum FKIP. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 30-41. https://doi.org/10.32832/educate.v8i1.8287
Rusdianah, L., & Nurdiansyah, N. (2020). Analisis kurikulum berdasarkan kebijakan. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(2), 68-89. https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/234
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3690
Setiawati, F. (2022). Dampak kebijakan perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah. Nizamul Ilmi, 7(1), 1-17. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.124
Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan kurikulum terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 12-12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27
Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Tehadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389-395. http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748
Tang, K. H. D. (2023). Student-centered Approach in Teaching and Learning: What Does It Really Mean?. Acta Pedagogia Asiana, 2(2), 72-83. https://doi.org/10.53623/apga.v2i2.218
Wati, N. N. K., Lestari, N. A. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis pendekatan cbsa dan pembelajaran berdeferensiasi dalam pembelajaran bahasa indonesia. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 255-264. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/13426
Widyanti, A., Sari, A., Kholifah, A. U., Fadilah, M. N., Munirotun, M., Royani, U., & Egar, N. (2025). Telaah Kritis Kurikulum 1973 Kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP), Kurikulum 1975 (Kurikulum Sekolah Dasar) dan Kurikulum 1984. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 5(2), 581-598. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5966
Yuliyanti, Y., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia dan perbedaan dengan kurikulum di beberapa negara. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 95-106. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.