PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS BUDAYA DAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS V B SDN KUTOWINANGUN 01

Authors

  • nur azizah azizah Mahasiswa UKSW
  • Adi Winanto Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26602

Keywords:

Teams Games tournament, Berdiferensiasi, Berbasis budaya, Kolaborasi, Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik di kelas V B SDN Kutowinangun 01. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V B SD Negeri Kutowinangun 01 Salatiga yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Analisis data dilakukan melalui deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana  untuk menggambarkan proses pembelajaran dari hasil observasi dan angket keterampilan kolaborasi dan komunikasi pada setiap siklus.  Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dalam pembelajaran IPAS pada topik Indonesiaku Kaya Raya. Menunjukkan peningkatan yang nyata dari para siklus ke sikus 2. Rata-rata keterampilan kolaborasi adalah 83,04% dan komunikasi 82, 06% sudah melampaui keberhasilan dari penelitian ini yaitu 80%. Hal ini diperkuat dengandata angket keterampilan kolaborasi 81% dan angket keterampilan komunikasi 80,70%.  Model pembelajaran Teams Games Tournamen berbasis budaya dan berdiferensiasi dengan mengintegrasikan materi dengan pengalaman budaya permainan tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agil, K. (2016). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Model Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Pada Matematika Siswa Kelas 4 SD. 4(3), 1–23.

Akbar, E. A., Balqis, B., & Nurhayati, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi. Khazanah Pendidikan, 17(2), 197. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18326

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.386

Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38

Hamdani, M. S., . M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol2.iss1.598

Maulana, M. A., & Mediatati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 14(3), 153. https://doi.org/10.21927/literasi.2023.14(3).153-163

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0APenerapan

Rizki, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3224

Sa’diyyah, D. N., Rahayu, A. H., & Dahlani, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Siswa Pada Materi Gaya Di Sekitar Kita. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 193–206. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/259

Syifa Andini, F., Sa, S., & Ridwan Yusup, I. (2023). Analisis Respon Siswa terhadap Model Pembelajaran Level of Inquiry Berbantu Media Liveworksheet. Gunung Djati Conference Series, 30, 132–141.

Wahyudi, W. (2024). Implementasi Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 88–97. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p88-97

Downloads

Published

2025-06-09