PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Dina Liana Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin, Riau, Indonesia
  • Masriani Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin, Riau, Indonesia
  • Syarifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin, Riau, Indonesia
  • Erma Susanti Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26608

Keywords:

Literasi Numerasi, Auditory Intelectually, repetition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi numerasi melalui model Pembelajaran AIR  (Auditory,  Intelectually, Repitition) di kelas V Siswa  SDN 001 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. dengan metode mixed methode yaitu metode kulitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas adalah suatu kegiatan penelitian dengan mencermati sebuah kegiatan belajar yang diberikan tindakan, adapun hasil penelitian yg diperoleh yaitu aktivitas guru mencapai rata-rata 78,56% dan aktivitas siswa 66,23%, keduanya masuk kategori “baik”. Selain itu, skor rata-rata kemampuan literasi numerasi siswa meningkat dari 58,40 pada pra-siklus menjadi 79,59 pada siklus 2, dengan ketuntasan belajar yang juga meningkat dari 22,72% menjadi 86,36%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembalajaran AIR dapat meningkatkan literasi siswa kelas V di SDN 001 Tembilahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ATIKAH, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, and Repetition) dengan Setting Metode NHT (Number Heads Together) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kerjasama Siswa. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Badawi, J. A., Pertiwi, R. P., & Dewi, S. E. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Air ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Nusa Tenggara. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 209–219.

Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462

Gustriyana, G., & Amelia, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Air (Auditory, Intelectually, And Repetition) Dan Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa Kelas Vii Mts Batamiyah. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan program CALISTUNG untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas rendah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029.

Malik, A., & Chusni, M. M. (2018). Pengantar statistika pendidikan: Teori dan aplikasi. Deepubish.

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106

Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurfaizah, E. (2025a). PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DI SMPII LUQMAN AL-HAKIM BATAM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 768–777.

Nurfaizah, E. (2025b). Supervisi Kepegawaian Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rangkuti, A. N. (2020). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.

Riduwan, M. B. A. (2022). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian.

SITI, K. (2023). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 3 DATARAJAN KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Downloads

Published

2025-06-13