Analisis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islam Kraksaan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26616Keywords:
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kualitas Pembelajaran.Abstract
Media pembelajaran memainkan peran krusial dalam proses pendidikan yang berfungsi sebagai sumber untuk memperluas wawasan siswa. Penggunaan media teknologi dalam proses pembelajaran tidak hanya meningkatkan minat belajar, tetapi dapat mendorong keaktifan siswa, seperti yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islam Kraksaan, yang mana siswa menunjukkan antusiasme tinggi saat menggunakan teknologi. Hal ini menuntut guru untuk kreatif dalam mencari metode baru yang dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Era digital memungkinkan pendidikan menjadi lebih interaktif, di mana siswa belajar melalui pengalaman yang menyenangkan, menggunakan berbagai aplikasi dan platform pembelajaran digital.Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki kontribusi dalam transformasi pada dunia pendidikan, dengan membuka akses luas terhadap berbagai sumber belajar serta informasi dari seluruh dunia. Meski demikian, penggunaan TIK masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan infrastruktur dan minimnya tenaga ahli yang kompeten. Agar pembelajaran yang berbasis TIK dapat berjalan efektif, dibutuhkan fasilitas yang memadai serta dukungan dari kebijakan yang mendukung. Dengan demikian, TIK diharapkan mampu mendorong dalam meningkatkan kualitas pendidikan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif, serta mengurangi ketergantungan pada penggunaan kertas, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal.Downloads
References
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana S., A. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), January 2016, 131. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693
CHAIRY, A., FAJRIYATI NAHDIYAH, A. C., & VOLTA, A. S. (2023). Optimalisasi Dan Mengeksplorasi Kelebihan Serta Kekurangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd/Mi. Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran Dan Teknologi (JP3T), 1(3), 118–125. https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i3.277
Erika, D., & Bambang, R. (2024). Analisis Kebijakan Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Teknologi , Informasi dan Teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk menampilkan informasi . 1886, 81–90.
Hanannika, L. K., & Sukartono. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386.
Huda, I. abdaul. (2020). JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING Research & Learning in Primary Education JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING VOLUME. JPdK, 1, 143–149.
Maghfiroh, W. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), 20–28. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800
Masdinar. (2021). Jurnal Edukasi Saintifik. Jurnal Edukasi Saintifik, 1, 118–126.
Muhammad Zulham Munthe, Dwina Putri, & Jupriaman. (2024). Transformasi Digital Dalam Pendidikan Mi/Sd. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1), 76–82. https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.197
Oktavianti Nendra Utami, Khoirunnisa Endah Setiawati, Eka Salma Dina, Mau’idi Hafida, & Unik Hanifah Salsabila. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.37286/ojs.v9i1.218
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1145. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Salma, K. N., & Hasanah, M. (2024). Effectiveness of Using Technological Pedagogical and Content Knowledge ( TPACK ) -Based Digital Functional Nahwu Material. 16(2), 1057–1070. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i2.6059
Sari, I. P., & Syarifuddin, S. (2022). Evaluasi Penggunaan Teknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Bengkulu. 11(1), 92–105.
Supriani, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Pemanfaatan Information And Communication Technology di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8395–8404. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3830
Taufik Hidayat, N., & Mulyono, R. (2023). Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Antusias Siswa Sekolah Dasar. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 650–658.
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana S., A. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), January 2016, 131. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693
CHAIRY, A., FAJRIYATI NAHDIYAH, A. C., & VOLTA, A. S. (2023). Optimalisasi Dan Mengeksplorasi Kelebihan Serta Kekurangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd/Mi. Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran Dan Teknologi (JP3T), 1(3), 118–125. https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i3.277
Erika, D., & Bambang, R. (2024). Analisis Kebijakan Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Teknologi , Informasi dan Teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk menampilkan informasi . 1886, 81–90.
Hanannika, L. K., & Sukartono. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386.
Huda, I. abdaul. (2020). JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING Research & Learning in Primary Education JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING VOLUME. JPdK, 1, 143–149.
Maghfiroh, W. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), 20–28. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800
Masdinar. (2021). Jurnal Edukasi Saintifik. Jurnal Edukasi Saintifik, 1, 118–126.
Muhammad Zulham Munthe, Dwina Putri, & Jupriaman. (2024). Transformasi Digital Dalam Pendidikan Mi/Sd. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1), 76–82. https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.197
Oktavianti Nendra Utami, Khoirunnisa Endah Setiawati, Eka Salma Dina, Mau’idi Hafida, & Unik Hanifah Salsabila. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.37286/ojs.v9i1.218
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1145. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Salma, K. N., & Hasanah, M. (2024). Effectiveness of Using Technological Pedagogical and Content Knowledge ( TPACK ) -Based Digital Functional Nahwu Material. 16(2), 1057–1070. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i2.6059
Sari, I. P., & Syarifuddin, S. (2022). Evaluasi Penggunaan Teknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Bengkulu. 11(1), 92–105.
Supriani, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Pemanfaatan Information And Communication Technology di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8395–8404. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3830
Taufik Hidayat, N., & Mulyono, R. (2023). Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Antusias Siswa Sekolah Dasar. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 650–658.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.