ANALISIS PENERAPAN PjBL-STEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS AIR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26626Keywords:
Pembelajaran IPA, Hasil Belajar, STEM, Project based learning, Kurikulum MerdekaAbstract
Pendidikan abad ke-21 menuntut pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi yang dapat diwujudkan melalui model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini menganalisis implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek berbasis STEM (PjBL-STEM) dalam pengajaran konsep siklus air pada pelajaran IPA SD Kelas 5. Metode tinjauan literatur digunakan dengan menganalisis 15 jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan antara tahun 2015 dan 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL-STEM secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep siklus air melalui keterlibatan aktif dalam proyek otentik yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika. Selain itu, model ini menumbuhkan kreativitas siswa dalam merancang dan melaksanakan proyek, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap mandiri. Pendekatan ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka, yang menekankan pembelajaran kontekstual dan penguatan profil siswa Pancasila. PjBL-STEM direkomendasikan sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan abad ke-21 di kalangan siswa sekolah dasar, terutama dalam belajar tentang siklus air.Downloads
References
Adeng, A., Sumarni, N., & Hasanah, U. (2023). Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis project based learning pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem siswa kelas V sekolah dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 116–125.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project-based learning integrated to STEM to enhance elementary school students' scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.7689
Beers, S. Z. (2011). 21st Century Skills: Preparing Students for THEIR Future. Kappa Delta Pi Record, 47(1), 30–35.
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43.
Boell, S. K., & Cecez-Kecmanovic, D. (2015). What is an effective literature review? A multidimensional analysis. Communications of the Association for Information Systems, 37, 879–908.
Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. (2013). STEM project-based learning: An integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Sense Publishers.
Elisabet, E., & Wahyuni, S. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 345–352.
Fariska, D., Yuniarti, T., & Nuraini, L. (2023). Integrasi problem based learning dengan STEM dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 153–158.
Febrianto, T., Rahmawati, Y., & Astuti, P. (2021). The effectiveness of Schoology-assisted PBL-STEM to improve critical thinking ability of junior high school students. Journal of Innovative Science Education, 10(2), 222–229.
Fitriani, R., & Ade, A. I. (2018). Problem-based learning with science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach to improve critical thinking skills and conceptual understanding of junior high school students. Journal of Science Education and Practice, 5(2), 54–73.
Hart, C. (1998). Doing a literature review: Releasing the social science research imagination. Sage Publications.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Profil pelajar Pancasila.
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317–334). Cambridge University Press.
Kumalasari, A. E., Suryani, N., & Mahendra, A. (2023). Implementasi pembelajaran IPA berbasis STEM dan project based learning (PjBL) dalam kurikulum merdeka untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mrawan 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).
Lestari, H. D., Susanti, A., & Pratama, R. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam konteks STEM pada pembelajaran IPA untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP), 2(1), 189–195.
Liu, Y., & Thompson, J. (2020). Elementary students’ understanding of the water cycle: Challenges and opportunities. Science Education Review, 19(4), 235–248.
Mangangantung, J., Wulan, M. D., & Santoso, A. (2023). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 223–231.
Onto, E. A., Rahmadani, A. P., & Sari, R. (2023). Pengaruh model project based learning terintegrasi science technology engineering and mathematics terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Sigi. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 12(2), 75–84.
Ostiqomah, N., Arifin, R., & Utami, S. (2023). Implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan bantuan alat peraga pada siswa kelas V SDN 03 Klegen Kota Madiun tahun pelajaran 2023–2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and learning 21st century skills: Lessons from the learning sciences. Journal of Teaching and Teacher Education, 28(4), 670–682.
Sarwi, S., Baihaqi, M. A., & Ellianawati, E. (2021). Implementation of project-based learning based on STEM approach to improve students' problem solving abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5), 052066. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052066
Sari, P. P., & Wulandari, F. (2023). The effect of project-based learning integrated STEM toward science process skill of elementary school student. J. Pijar MIPA, 18(3), 362–368.
Storina, R. (2023). Implementasi model PjBL-STEM terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Batam. Biodidak: Journal of Biology Education and Learning, 9(2), 65–72.
Sukma, I. N., Mahendra, I. G. A. A., & Yanti, A. A. A. D. (2022). Penerapan model pembelajaran PjBL untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 89–97.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.