PENGARUH LITERASI MEMBACA DAN PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Oniwati, Asnah Said Universitas Terbuka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26674

Keywords:

literasi membaca, minat belajar siswa, pembelajaran digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh literasi membaca dan pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa Kelas IV SDN 2 Lebakparahiang Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 2 Lebakparahiang Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak sebanyak 25 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa: (1) terdapat pengaruh literasi membaca terhadap minat belajar yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung = 5,586 dan nilai p-value = 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung = 6,340 dan nilai p-value = 0,000 < 0,05, dan (3) terdapat pengaruh literasi membaca dan pembelajaran digital secara simultan terhadap minat belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai F-hitung = 33,996 dan nilai p-value = 0,000 < 0,05, dengan besarnya pengaruh 75,6% dan sisanya 24,4% dipengaruhi oleh variabel selain literasi membaca dan pembelajaran digital. Kesimpulan dari penelitian adalah literasi membaca dan pembelajaran digital berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa Kelas IV SDN 2 Lebakparahiang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

fdalia, T. & Arifin, Z. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran digital dalam

meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Majene. Jurnal Sosialisasi,

Vol. 10, No. 3, 129-137

Afriyana, Saamah, S., Anjelina, D., dan Saputra, M. R. (2023). Pengaruh pembelajaran

literasi digital terhadap minat belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Tsaqofah:

Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 3, No. 6, 1252-1260

Amin, I. M. (2020). Peran literasi digital dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan

Agama Islam di kelas XI IIS 01 SMAI AL Maarif Singosari Malang. Skripsi Tidak

Dipublikasikan. Malang: Universitas Islam Malang

Arrosyad, M. I., Syaka, H., dan Alvira, V. (2023). Implementasi media sosial pada

pembelejaran kelas 4 Sekolah Dasar. EDUCETIVO: Jurnal Pendidiken, Vol. 2, No.

1, 235-240

Cahayani, N. L. P., Asrida, P. D. dan Rahmattullah, M. (2022). Pengeruh literasi digital

guru den menejemen pembelajaran terhadap minat belajar siswa SMA SLUA

Saraswati 1 Denpasar. Widyadari, Vol. 23, No. 2, 354-363

Erlianti, G. dan Ardoni, A. (2019). Urgensi literasi digital untuk generasi Z: studi kesus

SMPN 4 Palembayan, Kebupaten Agam. Nusantara Journal of Information and

Library Studies (N-JILS), Vol. 2, No. 2, 189-204

Faiza, D., Mayekti, M. H., & Bestari, A. C. Y. (2020). Pelatihan kemampuan listening

melalui media lagu bahasa Inggris kepada siswa kelas X MA Al Ikhsan Beji,

Kedungbanteng. Jurnal Abdidas, Vol. 2, No. 2, 253-262

Farich, R. dan Kustono, D. (2022). Digitalisasi sarana prasarana SMK dalam menyiapkan

digital talent den employebility skills. Jupiter: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,

Vol. 07, No. 01, 26-33.

Gilster, P. (2024). Digital Literacy. New York: Willy

Hanum, I., Saputro, S., & Susilowati, E. (2023). Peningkatan kemampuan literasi sains

dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Integrated

Reading and Composition (CIRC) Dilengkapi Modul Chemistry Magazine pada

Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.

Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 8, No. 1, 116-128.

Hidayat, S. dan Asroi. (2018). Menejemen Pendidikan Substansi den Implementasi dalam

Praktik Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri

Hidayat, W. N., Muladi, M., dan Mizar, M. A. (2016). Studi integrasi TIK dalam

pembelajaran di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian,

dan Pengembangan, Vol. 1, No. 12, 2281-2291

268

Syntax Literate, Vol. X, No. X, Februari 2025

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 02, Juni 2025

Islami, A., Nulhakim, L., & Suhandoko, A. D. J. (2024). Pengaruh penggunaan literacy

cloud terhadap minat baca dan keterampilan membaca pemahaman. Edukatif:

Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 1, 670-680.

Landa, Z. R., Sunaryo, T., dan Tampubolon, H. (2021). Pengeruh literasi digital guru dan

manajemen pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik di SMA Pelita

Rantepeo. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 05, No. 01, 718-

734

Maulana, R. (2021). Merdeke Belejer. Jekerte: Kemdikbudristek

Naibaho, M. R. M. & Hoesein, E. R. (2021). Meta analisis model discovery learning

untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar

Indonesia, Vol. 6, No. 1, 19-25

Nailufar, Y. M., Satianingsih, R., & Rosidah, C. T. (2022). pengaruh literasi terhadap

minat baca siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN

Keboananom Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Vol. 4,

1184–1190.

Downloads

Published

2025-06-01