PENGARUH LITERASI MEMBACA DAN PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26674Keywords:
literasi membaca, minat belajar siswa, pembelajaran digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh literasi membaca dan pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa Kelas IV SDN 2 Lebakparahiang Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 2 Lebakparahiang Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak sebanyak 25 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian, sehingga teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan, bahwa: (1) terdapat pengaruh literasi membaca terhadap minat belajar yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung = 5,586 dan nilai p-value = 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung = 6,340 dan nilai p-value = 0,000 < 0,05, dan (3) terdapat pengaruh literasi membaca dan pembelajaran digital secara simultan terhadap minat belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai F-hitung = 33,996 dan nilai p-value = 0,000 < 0,05, dengan besarnya pengaruh 75,6% dan sisanya 24,4% dipengaruhi oleh variabel selain literasi membaca dan pembelajaran digital. Kesimpulan dari penelitian adalah literasi membaca dan pembelajaran digital berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa Kelas IV SDN 2 Lebakparahiang.Downloads
References
fdalia, T. & Arifin, Z. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran digital dalam
meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Majene. Jurnal Sosialisasi,
Vol. 10, No. 3, 129-137
Afriyana, Saamah, S., Anjelina, D., dan Saputra, M. R. (2023). Pengaruh pembelajaran
literasi digital terhadap minat belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Tsaqofah:
Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 3, No. 6, 1252-1260
Amin, I. M. (2020). Peran literasi digital dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas XI IIS 01 SMAI AL Maarif Singosari Malang. Skripsi Tidak
Dipublikasikan. Malang: Universitas Islam Malang
Arrosyad, M. I., Syaka, H., dan Alvira, V. (2023). Implementasi media sosial pada
pembelejaran kelas 4 Sekolah Dasar. EDUCETIVO: Jurnal Pendidiken, Vol. 2, No.
1, 235-240
Cahayani, N. L. P., Asrida, P. D. dan Rahmattullah, M. (2022). Pengeruh literasi digital
guru den menejemen pembelajaran terhadap minat belajar siswa SMA SLUA
Saraswati 1 Denpasar. Widyadari, Vol. 23, No. 2, 354-363
Erlianti, G. dan Ardoni, A. (2019). Urgensi literasi digital untuk generasi Z: studi kesus
SMPN 4 Palembayan, Kebupaten Agam. Nusantara Journal of Information and
Library Studies (N-JILS), Vol. 2, No. 2, 189-204
Faiza, D., Mayekti, M. H., & Bestari, A. C. Y. (2020). Pelatihan kemampuan listening
melalui media lagu bahasa Inggris kepada siswa kelas X MA Al Ikhsan Beji,
Kedungbanteng. Jurnal Abdidas, Vol. 2, No. 2, 253-262
Farich, R. dan Kustono, D. (2022). Digitalisasi sarana prasarana SMK dalam menyiapkan
digital talent den employebility skills. Jupiter: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,
Vol. 07, No. 01, 26-33.
Gilster, P. (2024). Digital Literacy. New York: Willy
Hanum, I., Saputro, S., & Susilowati, E. (2023). Peningkatan kemampuan literasi sains
dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) Dilengkapi Modul Chemistry Magazine pada
Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 8, No. 1, 116-128.
Hidayat, S. dan Asroi. (2018). Menejemen Pendidikan Substansi den Implementasi dalam
Praktik Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri
Hidayat, W. N., Muladi, M., dan Mizar, M. A. (2016). Studi integrasi TIK dalam
pembelajaran di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian,
dan Pengembangan, Vol. 1, No. 12, 2281-2291
268
Syntax Literate, Vol. X, No. X, Februari 2025
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 02, Juni 2025
Islami, A., Nulhakim, L., & Suhandoko, A. D. J. (2024). Pengaruh penggunaan literacy
cloud terhadap minat baca dan keterampilan membaca pemahaman. Edukatif:
Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 1, 670-680.
Landa, Z. R., Sunaryo, T., dan Tampubolon, H. (2021). Pengeruh literasi digital guru dan
manajemen pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik di SMA Pelita
Rantepeo. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 05, No. 01, 718-
734
Maulana, R. (2021). Merdeke Belejer. Jekerte: Kemdikbudristek
Naibaho, M. R. M. & Hoesein, E. R. (2021). Meta analisis model discovery learning
untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar
Indonesia, Vol. 6, No. 1, 19-25
Nailufar, Y. M., Satianingsih, R., & Rosidah, C. T. (2022). pengaruh literasi terhadap
minat baca siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN
Keboananom Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Vol. 4,
1184–1190.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.