PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NEARPOD BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPAS

Authors

  • Salsabila Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Universitas PGRI Palembang
  • Henni Riyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26702

Keywords:

Nearpod; learning media; local wisdom; IPAS; elementary school

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran IPAS di sekolah dasar serta keterbatasan sarana pembelajaran yang mengombinasikan teknologi modern dengan nilai-nilai budaya lokal. Tujuan utama dari riset ini yaitu merancang sebuah media pembelajaran berbasis Nearpod yang mengangkat kearifan lokal Palembang untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran IPAS pada siswa kelas V SD. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE yang terdiri atas lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan penilaian. Berdasarkan hasil validasi dari pakar materi dan pakar media, media yang dikembangkan dinilai layak digunakan dengan nilai rata-rata sebesar 92,5%. Hasil uji coba terbatas pada peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dalam capaian belajar dan tanggapan positif terhadap penggunaan media tersebut. Dari hasil pengolahan data, diperoleh tingkat validitas sebesar 88,8%, tingkat kepraktisan 88,5%, dan rata-rata efektivitas sebesar 76,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Nearpod yang memuat konten budaya lokal Palembang ini efektif serta menarik untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa. Inovasi ini berpotensi mendukung transformasi pembelajaran digital dan pelestarian warisan budaya di tingkat pendidikan dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2003). Kamus besar

bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Fernanda, A., Retta, A. M., & Isroqmi,

A. (2023). Pengembangan media

pembelajaran virtual reality berbasis

Android pada pembelajaran

Matematika SMP. Jurnal Ideguru:

Jurnal Karya Ilmiah

Guru, 9(3), 725–734.

https://doi.org/10.51169/ideguru.v9

i3.1231

Hamalik, O. (2011). Proses belajar

mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanto, D. (2018). Penerapan media

interaktif untuk meningkatkan hasil

belajar siswa sekolah dasar. Jurnal

Ilmiah Pendidikan, 18(1), 67–76.

Hermayunita, H., Riyanti, H., & Lubis,

P. H. M. (2024). Pengembangan

media diorama pada pembelajaran

IPA di sekolah dasar. Didaktika:

Jurnal Kependidikan, 13(4), 5165–

5175. https://jurnaldidaktika.org

Ibrahim, M. (2012). Pembelajaran

berbasis konstruktivisme.

Surabaya: Unesa University Press.

Kemdikbud. (2022). Panduan

pembelajaran IPAS untuk SD kelas

V. Jakarta: Kementerian

Pendidikan, Kebudayaan, Riset,

dan Teknologi.

Munir. (2017). Pembelajaran digital.

Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2017). Model-model

pembelajaran: Mengembangkan

profesionalisme guru. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2013). Strategi

pembelajaran: Berorientasi standar

proses pendidikan. Jakarta:

Kencana.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil

proses belajar mengajar. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2016). Metodologi penelitian

pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian

dan pengembangan (Research and

Development). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain model

pembelajaran inovatif-progresif.

Jakarta: Kencana.

Uno, H. B. (2011). Model

pembelajaran: Menciptakan proses

belajar mengajar yang kreatif dan

efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-06-13

Most read articles by the same author(s)