PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NEARPOD BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26702Keywords:
Nearpod; learning media; local wisdom; IPAS; elementary schoolAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran IPAS di sekolah dasar serta keterbatasan sarana pembelajaran yang mengombinasikan teknologi modern dengan nilai-nilai budaya lokal. Tujuan utama dari riset ini yaitu merancang sebuah media pembelajaran berbasis Nearpod yang mengangkat kearifan lokal Palembang untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran IPAS pada siswa kelas V SD. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE yang terdiri atas lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan penilaian. Berdasarkan hasil validasi dari pakar materi dan pakar media, media yang dikembangkan dinilai layak digunakan dengan nilai rata-rata sebesar 92,5%. Hasil uji coba terbatas pada peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dalam capaian belajar dan tanggapan positif terhadap penggunaan media tersebut. Dari hasil pengolahan data, diperoleh tingkat validitas sebesar 88,8%, tingkat kepraktisan 88,5%, dan rata-rata efektivitas sebesar 76,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Nearpod yang memuat konten budaya lokal Palembang ini efektif serta menarik untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa. Inovasi ini berpotensi mendukung transformasi pembelajaran digital dan pelestarian warisan budaya di tingkat pendidikan dasarDownloads
References
Depdiknas. (2003). Kamus besar
bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Fernanda, A., Retta, A. M., & Isroqmi,
A. (2023). Pengembangan media
pembelajaran virtual reality berbasis
Android pada pembelajaran
Matematika SMP. Jurnal Ideguru:
Jurnal Karya Ilmiah
Guru, 9(3), 725–734.
https://doi.org/10.51169/ideguru.v9
i3.1231
Hamalik, O. (2011). Proses belajar
mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryanto, D. (2018). Penerapan media
interaktif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa sekolah dasar. Jurnal
Ilmiah Pendidikan, 18(1), 67–76.
Hermayunita, H., Riyanti, H., & Lubis,
P. H. M. (2024). Pengembangan
media diorama pada pembelajaran
IPA di sekolah dasar. Didaktika:
Jurnal Kependidikan, 13(4), 5165–
5175. https://jurnaldidaktika.org
Ibrahim, M. (2012). Pembelajaran
berbasis konstruktivisme.
Surabaya: Unesa University Press.
Kemdikbud. (2022). Panduan
pembelajaran IPAS untuk SD kelas
V. Jakarta: Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset,
dan Teknologi.
Munir. (2017). Pembelajaran digital.
Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2017). Model-model
pembelajaran: Mengembangkan
profesionalisme guru. Jakarta:
Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2013). Strategi
pembelajaran: Berorientasi standar
proses pendidikan. Jakarta:
Kencana.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil
proses belajar mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Sukardi. (2016). Metodologi penelitian
pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian
dan pengembangan (Research and
Development). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2012). Mendesain model
pembelajaran inovatif-progresif.
Jakarta: Kencana.
Uno, H. B. (2011). Model
pembelajaran: Menciptakan proses
belajar mengajar yang kreatif dan
efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.