PERAN DAN TANTANGAN SHADOW TEACHER DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Authors

  • Leonardha Dewi Universitas Sanata Dharma
  • Ni Made Lina Mariani Universitas Sanata Dharma
  • Jesi Tri Pratiwi Universitas Sanata Dharma
  • Andri Anugrahana Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26723

Keywords:

peran, tantangan, shadow teacher

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran dan tantangan shadow teacher dalam mendukung pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Inklusif di Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan partisipan tiga shadow teacher dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta laporan perkembangan peserta didik. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shadow teacher secara sistematis menyesuaikan materi dan strategi pembelajaran mulai dari lembar kerja yang disederhanakan hingga penerapan scaffolding bertahap serta mengelola aspek sosial-emosional ABK melalui intervensi responsif, peer buddy system, dan calming corner. Koordinasi berkelanjutan dengan guru kelas dan orang tua melalui rapat Inkuiry Learning Program (ILP) dan laporan berkala memastikan intervensi selalu memenuhi kebutuhan individual ABK. Kendala utama yang diidentifikasi meliputi keterbatasan jumlah pendamping, fasilitas pembelajaran khusus, dan minimnya pelatihan profesional berkelanjutan. Rekomendasi meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, optimalisasi sarana inklusif, dan penyusunan program pelatihan terstruktur dalam manajemen kelas inklusif, diferensiasi instruksi, serta strategi intervensi emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, R. (2016). Pendidikan inklusif sebagai strategi dalam mewujudkan pendidikan untuk semua. Pendidikan Guru, 3(1), 68–71.

Adawiyah, R., Aini, N., & Lestari, W. M. (2022). Studi Kasus Peran Shadow Teacher Pada Blended Learning Di Sdi Al-Chusnaini Kloposepuluh Sukodono. Pendidikan, 5 No. 2(2), 78.

Afifah, M. F., Fatmasari, E. D., Annisa, I. D., & Minsih. (2025). Peran shadow teacher dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik slow learner di sekolah inklusif. 8(1).

Alfauzi, I. K., Azizah, W., Adawiyah, R., & Andriani, O. (2024). Menganalisis Karakteristik Lingkungan Inklusif Di Sekolah Umum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 178–182. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1816

Budianto, A. A. (2023). Pentingnya pendidikan inklusif: menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. IJurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 2988–7526. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.522

Faz, G. O., & Hafid, I. (2023). Guru Pembimbing Khusus (GPK) di Sekolah Inklusi Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 47–54. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.5148

Hasanah, F. N., & Zailani. (2025). Strategi dan Tantangan dalam Menerapkan Pembelajaran Inklusif pada Anak Usia Dini ( Studi Kasus di Tadika. 0738(2), 396–406.

Jami, M. A. J., Kurniawati, H., Perwira, A., & Saad, A. M. (2024). Peran shadow teacher terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah alam depok. Αγαη, 3(4), 1621–1628.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. Thousand Oaks.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Pratiwi, R. (2024). Kerja Sama Guru PAI dan Shadow Teacher dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Autisme di SMP IT Nurul Ilmi Medan. 1(4), 1340–1364.

Sholihah, N., & Istikomah. (2025). Peran Shadow Teacher dalam Mendampingi Siswa Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2614–8854.

Sumartik. (2024). Implementasi pendidikan inklusif di sekolah. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(1), 195–203.

Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1617

Wilyanita, N., Herlinda, S., & Wulandari, D. R. (2022). Efektifitas Peran Guru Pendamping (Shadow Teacher) Anak Hiperaktif Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11589/8884

Downloads

Published

2025-06-13