PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN FASE F SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26724Keywords:
embar kerja peserta didik elektronik, lembar kerja peserta didik interaktifAbstract
Media pembelajaran adalah salah satu alat bantu yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Saat ini penggunaan buku cetak belum maksimal dan lembar kerja peserta didik yang digunakan belum memenuhi unsur komponen dari sebuah lembar kerja peserta didik, seperti belum dicantumkanya capaian pembelajaran, materi pokok, serta daftar pustaka. Penelitian ini bertujuan menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis discovery learning pada materi sistem pencernaan fase F SMA/MA yang valid dan praktis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang meliputi 4 tahapan, yaitu tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun pada tahap penyebaran tidak dilakukan. Instrumen penelitian berupa angket validitas dan praktikalitas, uji validitas dilakukan oleh 3 orang dosen, dan uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru biologi dan 35 orang peserta didik SMA Negeri 16 Padang. Hasil analisis data pada uji validitas lember kerja peserta didik elektronik oleh validator mendapatkan hasil 84,48% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru didapatkan nilai 82,66% dengan kriteria sangat praktis, serta uji praktikalitas yang dilakukan oleh peserta didik didapatkan nilai 88,88% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan lembar kerja pesrta didik elektronik interaktif pada materi sistem pencernaan fase F SMA/MA sangat valid dan sangat praktis.Downloads
References
Patalas, E. I. G., Kresnadi, H., dan
Salimi, A. (2024). Pengembangan
Comic Book Sebagai Bahan Ajar
Alternatif Pada Materi Menjalin.
Review Pendidikan Dan
Pengajaran, 7(2655–6022),
3621–3626.
Prasetyo, A. D., dan Abduh, M.
(2021). Peningkatan Keaktifan
Belajar Siswa Melalui Model
Discovery Learning Di Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4),
1717–1724.
https://jbasic.org/index.php/basic
edu/article/view/991
Pratama, R. A., dan Saregar, A.
(2019). Pengembangan Lembar
Kerja Peserta Didik (Lkpd)
Berbasis Scaffolding Untuk
Melatih Pemahaman Konsep.
Science and Mathematics
Education, 2(1), 84–97.
http://www.sciencedirect.com/sci
ence/article/pii/S0160738315000
444
Rakhmaningtyas, L., dan Rahayu, Y.
S. (2022). Pengembangan e-
LKPD Interaktif Pada Materi
Pertumbuhan dan
Perkembangan Tumbuhan untuk
Melatihkan Keterampilan Berpikir
Kritis Peserta Didik Kelas XII.
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi
(BioEdu), 11(3), 527–536.
https://doi.org/10.26740/bioedu.v
11n3.p527-536
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.