PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN FASE F SMA/MA

Authors

  • vira nur afni vira Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Siska nerita Universita PGRI Sumatera Barat
  • Annika Maizeli Universita PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26724

Keywords:

embar kerja peserta didik elektronik, lembar kerja peserta didik interaktif

Abstract

      Media pembelajaran adalah salah satu alat bantu yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Saat ini penggunaan buku cetak belum maksimal dan lembar kerja peserta didik yang digunakan belum memenuhi unsur komponen dari sebuah lembar kerja peserta didik, seperti belum dicantumkanya capaian pembelajaran, materi pokok, serta daftar pustaka. Penelitian ini bertujuan menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis discovery learning pada materi sistem pencernaan fase F SMA/MA yang valid dan praktis       Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang meliputi 4 tahapan, yaitu tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun pada tahap penyebaran tidak dilakukan. Instrumen penelitian berupa angket validitas dan praktikalitas, uji validitas dilakukan oleh 3 orang dosen, dan uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru biologi dan 35 orang peserta didik SMA Negeri 16 Padang.  Hasil analisis data pada uji validitas lember kerja peserta didik elektronik oleh validator mendapatkan hasil 84,48% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru didapatkan nilai 82,66% dengan kriteria sangat praktis, serta uji praktikalitas yang dilakukan oleh peserta didik didapatkan nilai 88,88% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan lembar kerja pesrta didik elektronik interaktif pada materi sistem pencernaan fase F SMA/MA sangat valid dan sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Patalas, E. I. G., Kresnadi, H., dan

Salimi, A. (2024). Pengembangan

Comic Book Sebagai Bahan Ajar

Alternatif Pada Materi Menjalin.

Review Pendidikan Dan

Pengajaran, 7(2655–6022),

3621–3626.

Prasetyo, A. D., dan Abduh, M.

(2021). Peningkatan Keaktifan

Belajar Siswa Melalui Model

Discovery Learning Di Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4),

1717–1724.

https://jbasic.org/index.php/basic

edu/article/view/991

Pratama, R. A., dan Saregar, A.

(2019). Pengembangan Lembar

Kerja Peserta Didik (Lkpd)

Berbasis Scaffolding Untuk

Melatih Pemahaman Konsep.

Science and Mathematics

Education, 2(1), 84–97.

http://www.sciencedirect.com/sci

ence/article/pii/S0160738315000

444

Rakhmaningtyas, L., dan Rahayu, Y.

S. (2022). Pengembangan e-

LKPD Interaktif Pada Materi

Pertumbuhan dan

Perkembangan Tumbuhan untuk

Melatihkan Keterampilan Berpikir

Kritis Peserta Didik Kelas XII.

Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi

(BioEdu), 11(3), 527–536.

https://doi.org/10.26740/bioedu.v

11n3.p527-536

Downloads

Published

2025-06-14