ANALISIS PROGRAM P5 TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI & BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risya Febriny Alif Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ahmad Mulyadiprana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Dwi Alia Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26730

Keywords:

P5 Program, Independent Character, Critical Thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter kemandirian dan berpikir kritis pada siswa kelas V sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasari oleh tuntutan Kurikulum Merdeka yang tidak hanya menekankan kemampuan akademik, tetapi juga pembentukan karakter melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SDN 63 Surabayo Kabupaten Agam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program P5 memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan karakter siswa. Siswa lebih mampu menyelesaikan tugas secara mandiri, memecahkan masalah, dan berpikir kritis terhadap lingkungan sekitarnya. Namun, tantangan seperti keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya kesiapan guru masih menjadi hambatan dalam pelaksanaan optimal. Meskipun demikian, program P5 terbukti sebagai langkah konstruktif dalam mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam kegiatan pembelajaran. Kreativitas guru dalam merancang proyek dan kolaborasi dengan orang tua sangat berperan dalam keberhasilan program ini. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa inisiatif P5 memiliki potensi besar dalam memperkuat karakter siswa jika didukung dengan bimbingan, infrastruktur, dan keterlibatan pemangku kepentingan yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjarwati, E., Handayani, D., & Utami, N. (2023). Pentingnya Karakter Mandiri dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 45–54.

Annisa, L. D., Lubaba, N., & Ramadhani, R. (2024). Pembentukan Kemandirian Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 110–118.

Ardilansari, N., Putri, R. W., & Hidayat, A. (2023). Peran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 25–35.

Bastari, B. (2021). Pendidikan Karakter Mandiri pada Kurikulum Merdeka. Bandung: Edupress.

Fatah, A., & Zumrotun, N. (2023). Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Pendidikan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Anak, 5(3), 97–105.

Hasmi, N., Siregar, T., & Lubis, H. (2023). Berpikir Kritis sebagai Dimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 221–230.

Juraidah, R., & Hartoyo, S. (2022). Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 11(1), 65–73.

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Khairunnisa, A., Lestari, N., & Syarifuddin, R. (2024). Pengembangan Karakter Berpikir Kritis Melalui Proyek P5. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 33–42.

Lestari, F., Suhendra, A., & Widodo, R. (2023). Membangun Kemandirian Siswa Sekolah Dasar dengan Proyek Nyata. Jurnal Inovasi Pendidikan Karakter, 7(2), 122–130.

Lisnawati, L., Putra, W., & Sari, M. (2023). Pembelajaran Aktif Berbasis Proyek untuk Penguatan Karakter. Jurnal Pengembangan Pembelajaran, 10(1), 90–98.

Manalu, D., Hutagalung, B., & Tambunan, L. (2023). Implementasi P5 dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(3), 155–164.

Maruti, D., Supriyadi, E., & Fauziah, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dan Penguatan Karakter. Jurnal Kurikulum Nasional, 5(2), 75–84.

Mualifa, M., Siregar, D., & Anjani, D. (2024). Evaluasi Program P5 di Sekolah Penggerak. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 56–68.

Nuril Lubaba, A., & Alfiansyah, R. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformasi, 6(4), 112–119.

Safitri, W., Rahmatullah, A., & Syahril, I. (2022). Dampak Kurikulum Merdeka terhadap Pendidikan Karakter. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 8(3), 201–213.

Sudrajat, A. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Swihadayani, E. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menumbuhkan Kemandirian. Jurnal Pendidikan Inovatif, 11(2), 66–73.

Downloads

Published

2025-06-10

Most read articles by the same author(s)