PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI POLA PERILAKU HIDUP SEHAT KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nini Aprina Universitas PGRI Palembang
  • Endie Riyoko Universitas PGRI Palembang
  • Endang Surtiyoni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26731

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Flip PDF Professional

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berbasis Flip PDF Professional pada materi pola perilaku hidup sehat kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kevalidan pengembangan bahan ajar berbasis Flip PDF Professional pada materi pola perilaku hidup sehat kelas IV Sekolah Dasar, (2) Mengetahui kepraktisan pengembangan bahan ajar berbasis Flip PDF Professional pada materi pola perilaku hidup sehat kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah (R&D) dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan valid dan praktis berdasarkan dari data yang diperoleh melalui lembar validasi dengan aspek materi rata-rata sebesar 90%, aspek media sebesar 89% dan aspek bahasa sebesar 90%. Kemudian hasil pengembangan bahan ajar berbasis Flip PDF Professional pada materi pola perilaku hidup sehat kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan praktis dapat dilihat dari data yang diperoleh melalui lembar angket responden siswa sebesar 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Aini, L. N., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Komunikasi Telepon Bahasa Indonesia Di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4118–4131.

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Model dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis) (Vol. 1).

Andini, S. H., Yustie, H. A., Larasati, I., Amalia, R. M., Putri, Y. A., Muliani, D., Halizha, C. A., Pardede, C. B., & Habibah, A. H. (2024). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (B. Wijayama (ed.)). Cahya Ghani Recovery.

E, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Edi Yudiana, I. K., Artha Widya, I. P., Suputra, Made Riska Andriani Wibawa, N., Putu Silva Juniar, N., Eka Wahyuni, L., & Komang Aristia Widiastuti, L. (2024). Flip E-Book untuk Meningkatkan Minat Baca dan Numerasi Anak. Nilacakra.

Kaharuddin, A. (2020). Pembelajaran Inovatif dan Variatif (MUTMAINNAH (ed.)). Pusaka Almaida.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Muzakki, A. (2022). BUKU AJAR PEMBELAJARAN PENJAS SEKOLAH DASAR. Feniks Muda Sejahtera.

Nasarudin, Mahpudoh, Erningsih, Alfian, A., Lestari, A., Eprillison, V., Hasanuddin, Arianto, T., Sampe, F., Supriyanto, E., Asrul, Putra, B. A., & Suhartawan, B. (2024). Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Digital. CV. Gita Lentera.

Nasution, M. D. (2024). Perkembangan Teknologi dan Transformasi Digital dalam Dunia Pendidikan. umsu press.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Putriani, N. K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Maker Pada Tema 4 Hidup Bersih Dan Sehat Subtema 1 Bagi Siswa Kelas II SD Negeri 1 Batubulan Kangin Kabupaten Gianyar Tahun Ajaran 2021/2022 [Universitas Pendidikan Ganesha]. https://repo.undiksha.ac.id/10892/

Rafi’y, M., Ferry Irawan, & Dharma Gyta Sari Harahap. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 669–682. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.243

Ratminingsih, N. M., Artini, L. P., Santosa, M. H., & Adnyani, L. D. S. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Abad 21. PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers.

Rayanto, Y. H., Supriyo, & Suwadi. (2023). Instrumen Penelitian Penilaian Bahan Ajar. Aqilian Publika.

Santi, L., Lubis, P. H. M., & Kesumawati, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Siklus Air Berbasis Flipbook Digital Pada Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6463–6476. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9261

Sari, A. R., & Alwi, N. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Flip PDF Corporate Menggunakan Model RADEC pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 7(1).

Savitri, T. A., & Akhbar, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explainer Berbasis Lingkungan pada Materi IPA Kelas IV SD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 No. 5, 7166–7173.

Yanorisa, D., & Rizkia, I. (2022). Alur Tujuan Pembelajaran.

Downloads

Published

2025-06-13