DIGITALISASI LAYANAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN AKUNTABILITAS MADRASAH: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Muna Afra UIN Sultanah Nahrasiyah Lhoksumawe
  • Mahdalena UIN Sultanah Nahrasiyah Lhoksumawe
  • Said Alwi UIN Sultanah Nahrasiyah Lhoksumawe

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26732

Keywords:

Digitalisasi Layanan Pendidikan, Akuntabilitas Madrasah, Transformasi Digital

Abstract

Transformasi digital dalam pendidikan Islam menjadi urgensi strategis mengingat kompleksitas kebutuhan pendidikan abad ke-21 yang menuntut peningkatan akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas pengelolaan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis literatur relevan mengenai digitalisasi layanan pendidikan dalam upaya meningkatkan akuntabilitas madrasah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research yang menganalisis literatur primer dan sekunder periode 2020-2025 melalui teknik content analysis dan pendekatan tematik dengan memanfaatkan basis data akademik seperti Google Scholar, ProQuest, dan JSTOR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi layanan pendidikan di madrasah telah memberikan dampak positif signifikan dalam meningkatkan akuntabilitas, khususnya dalam transparansi keuangan melalui implementasi sistem e-RKAM dan digitalisasi administrasi yang mampu mencegah penyalahgunaan dana serta memperkuat audit internal. Keberhasilan digitalisasi sangat bergantung pada kepemimpinan transformasional, kesiapan infrastruktur teknologi, dan adaptasi budaya organisasi, sementara tantangan utama meliputi kesenjangan literasi digital tenaga pendidik, keterbatasan anggaran, dan resistensi budaya terhadap perubahan teknologi. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan teori manajemen pendidikan Islam berbasis digital dengan membuktikan bahwa integrasi teknologi dan nilai-nilai Islam dapat dilakukan secara harmonis melalui pendekatan yang sensitif budaya. Implikasi penelitian menunjukkan perlunya strategi holistik yang mencakup pengembangan kapasitas sumber daya manusia dan perubahan budaya organisasi untuk menciptakan ekosistem pendidikan Islam yang akuntabel dan berkelanjutan, dengan rekomendasi penelitian lanjutan menggunakan pendekatan mixed method untuk menganalisis dampak jangka panjang digitalisasi terhadap kualitas pendidikan madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara. 2022.“Indonesian Madrasahs Embrace Digital Technology.” https://en.antaranews.com/news/213721/indonesian-madrasahs-embrace-digital-technology.

Braun, Virginia, and Victoria Clarke. 2019. “Reflecting on Reflexive Thematic Analysis.” Qualitative Research in Sport, Exercise and Health 11(4):589–97. doi:10.1080/2159676X.2019.1628806.

Bryman, Alan. 2016. Social Research Methods. 5th ed. Oxford University Press.

Buchari, Agustini, and Erni Moh Saleh. 2016. “Merancang Pengembangan Madrasah Unggul.” Journal of Islamic Education Policy 1(2):95–112.

Creswell, John. W., and Cheryl. N. Poth. 2018. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. 4th ed. SAGE Publications.

Herdiaty, Intan Shella, and Anton Wachidin Widjaja. 2025. “The Impact of Transformational Leadrship on Digital Transformation Towards Madrasah Reform and Performance.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 8(2).

Hidayah, Zuhriyah Ayu, Ahmad Fauzi, and Ali Mustofa. 2025. “Digitalization of Madrasah Financial System in Managing Financial Transparency and Accountability.” Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 18(1):34–42. doi:10.37812/fikroh.v18i1.1730.

Kumar, Ranjit. 2019. Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners. Vol. 4. Sage Publications Limited.

Mahsusi, Syihaabul Hudaa, Mustofa Fahmi, Kusen, Novi Diah Haryanti, and Muh Barid Nizarudin Wajdi. 2024. “Achieving Excellence: The Role of Digital Transformation in Madrasah Management and Islamic Culture.” Cogent Arts & Humanities 11(1). doi:10.1080/23311983.2024.2304407.

Merriam, Sharan. B., and Elizabeth. J. Tisdell. 2016. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. 4th ed. Jossey-Bass.

Mesra, Romi, Dyan Pratiwi, Rika Handayani, Ida Bagus Alit Arta Wiguna, Margiyono Suyitno, Ferdinandus Sampe, Fransiska Atrik Hali, Mayasari Mayasari, Norbertus Tri Suswanto Saptadi, Heni Purwati, Jovita Ridhani, Haris Munandar, Veronika Asri Tandiderung, Husni Hamdani, and Mia Aina. 2023. Teknologi Pendidikan. Banten: Sada Kurnia Pustaka.

Nur, Alfian Fikri, and Muh. Hanif. 2024. “Digitalisasi Untuk Transparansi Keuangan Ssekolah Di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang.” EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 4(2):67–74. doi:10.51878/edutech.v4i2.3061.

Rahman, Arif, Mohd Izzuddin Mohd Pisol, Maya Novita Sari, and Zalik Nuryana. 2024. “Madrasah Education Quality Reform: Improving Teacher Quality Post Pandemic in Indonesia.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 16(1):54–66. doi:10.35445/alishlah.v16i1.3899.

Ristanti, Irma, Khoeru Fikri Subhan, Khairun Nissa, and Nindy Eviana. n.d. “Digitalisasi Perencanaann Pendidikan Islam Di Madrasah.”

S, Yuliati A., Susi Ernawati, Hardika Saputra, and M. Agus Kurniawan. 2024. “Islamic Education Management Strategy in the Digital Era: Governance Transformation to Increase Effectiveness and Accessibility.” International Journal of Islamic Educational Research (3):27–44. doi:10.61132/ijier.v1i3.67.

Sugiara, Lalu Rahmat, Salsabila Arju, and Annisa Mah Rejeki. 2024. “Transformasi Sistem Administrasi Pesantren Melalui Digitalisasi: Menuju Manajemen Pendidikan Yang Efisien.” Shibgoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor 3:926–44.

Suharti, Tri, and Mariam Mariam. 2025. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Sebagai Upaya Modernisasi Administrasi Pendidikan Di Madrasah.” At Tadbir: Islamic Education Management Journal 3(1):65–74. doi:10.54437/attadbir.v3i1.2115.

Thursina, Fazrian, and Muhammad Rusdi. 2024. “Teachers Challenges and Strategies in Facing the Digitalization Era in Islamic Education in Madrasahs in West Java.” West Science Islamic Studies 2(4):184–90.

Umaroh, Yeni, Riyuzen Praja Tuala, and Irwandani Irwandani. 2025. “Analisis Implementasi EMIS: Meningkatkan Layanan Administrasi Dan Pengembangan Guru Profesional Di Madrasah.” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi 14:312–22. doi:10.35889/jutisi.v14i1.2629.

Utari, Desy, Ahmad Zainuri, and Muslim Gani Yasir. 2025. “Peningkatan Mutu Administrasi Madrasah Pada MI Ikhlasiyah Palembang.” Indonesian Research Journal on Education Web Jurnal Indonesian Research Journal on Education 5(2):1385–93.

Downloads

Published

2025-06-13