PERAN KOMUNITAS BELAJAR DALAM MEMBANGUN BUDAYA KERJA TIM YANG EFEKTIF DI SD NEGERI 11 JAMBU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.26780Keywords:
teamwork culture, teacher collaboration, learning community, professional development, elementary schoolAbstract
The purpose of this study is to evaluate the role of learning communities in building an effective team work culture at SD Negeri 11 Jambu. This research employs a qualitative case study approach involving observation, documentation, and interviews. The results indicate that learning communities enhance collaboration, communication, and collective responsibility among teachers, leading to a productive team work culture that supports the improvement of professional competence. To establish a learning community, school management must provide support despite challenges such as limited time and varying levels of participation. Therefore, learning communities are an effective way to strengthen team work culture and improve the quality of education in elementary schools. The study recommends strengthening management support and sustainable participation mechanisms.Downloads
References
Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. (2022). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pengembangan Kelompok Kerja Guru (Kkg) Sebagai Komunitas Belajar. Jurnal Education And Development, 10(3), 401-407.
Adawiyah, A. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Tim Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng. AkMen JURNAL ILMIAH, 20(2), 203-213.
Aisah, A., Maufur, M., & Basukiyatno, B. (2024). Implementasi komunitas praktisi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bersertifikat pendidik. Journal of Education Research, 5(3), 3072-3082.
Arifin, J., & Hanif, M. (2024). Manajemen program komunitas belajar sekolah untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1421-1432.
Ayu, M., Neviyarni, S., & Zen, Z. (2024). Peran Komunitas Sekolah Dalam Mengatasi Ketidaksetaraan Pendidikan Di Tingkat Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 376-387.
Cholid, Nur. (2017). Menjadi Guru Profesional. Semarang: CV Presisi Cipta Media.
Dimyati, Azima. (2019). Pengembangan Profesi Guru. Lampung: Gre Publishing.
Fathurohman, P. (2022). Pengaruh kolaborasi antar guru terhadap produktivitas kerja guru sma di lingkungan Yayasan Ardhya Garini (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Giyanto, B., Hidayah, P. K. S., Julizar, K., Sari, D. K., & Hartono, D. (2023). Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pembangunan Dan Administrasi Publik, 39-52.
Harlita, I., & Ramadan, Z. H. (2024). Peran Komunitas Belajar di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2907-2920.
Hasibuan, R. H., Awaliyah, R., & Nurhasanah, N. (2023). Pendampingan Komunitas Guru PAUD dalam Merancang Capaian Pembelajaran Berbasis Muatan Literasi dan STEAM. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 80-90.
Hija, Q. M., & Harsiwi, N. E. (2024). Kolaborasi Antar Guru Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus Adhd. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-16.
Hutasoit, D. T. (2025). Guru Penggerak sebagai Agen Transformasi Pendidikan: Tinjauan Literatur terhadap Peran, Tantangan, dan Kolaborasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(2), 551-561.
Indriasari, F. N., & Kusuma, P. D. (2020). Peran komunitas sekolah terhadap pengurangan risiko bencana di yogyakarta. Jurnal Perawat Indonesia, 4(2), 395-401.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345.
Khoiri, M. H. M., Wahhab, M. N., Aprianto, A., & Fathoni, T. (2024). Esensi Kepemimpinan Partisipatif Dalam Membangun Budaya Kerja Kolaboratif Yang Berkelanjutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara (IPNU), 1(2), 64-68.
Kurniasari, N., Permadi, I., & Purbasari, K. H. (2024). Refleksi guru pada pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(2), 187-198.
Liong, A. M., & Citta, A. B. (2024). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Membangun Budaya Kerja Kolaboratif Studi pada UMKM di Kota Makassar. Jurnal Interdisipliner, 1(3), 243-250.
Mardiatmaja. (2017). Komunitas Belajar. Sleman: Kanusius Media.
Meuthia, R. (2023, August). Strategi Pendampingan Komunitas Belajar Dalam Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, pp. 614-639).
Primaningtyas, M., & Mujahidah, I. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila Baiturrahman Prambanan Klaten. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 114-125.
Rintan, R. W. A., Pribadi, R. A., & Intan, R. N. (2023). Dinamika Komunitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Genta Mulia, 14(2).
Rizal, S. (2023). Pendampingan komunitas guru RA menjadi guru penggerak di masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 187-210.
Rusyiana, M. M., & Marpaung, M. (2023). Pengaruh Kolaborasi Guru, Growth Mindset dan Readiness for Change terhadap Kepemimpinan Guru Sekolah XYZ. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3945-3951.
Sari, I. N., & Heriyawati, D. F. (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi komunitas guru sekolah dasar melalui service learning approach di kecamatan sukun kota malang. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 563-573.
Sukarni, A. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka melalui komunitas belajar di satuan formal SD Negeri Angkasa I Kecamatan Kalijati tahun pelajaran 2023/2024. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 6(2), 239-248.
Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.
Upayogi, I. N. T., Sumar, H., & Ida, K. (2024). Peran Komunitas Guru Dan Refleksi Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif: Studi Praktik Baik Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 887-901.
Yulliyanti, L. (2021). Peningkatan kompetensi belajar siswa melalui strategi kolaborasi komunitas dengan pemanfaatkan aplikasi google meet untuk pembelajaran daring yang interaktif dan komunikatif. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(8), 1298-1308.
Wijaya, Iwan. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Sukabumi: Jejak Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.