PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENIGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 10 TIGA DESA

Authors

  • Enjellika Institut Shanti Bhuana
  • Hendrikus Torimtubun Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26808

Keywords:

Education, Reading, Picture and Picture

Abstract

Salah satu kebutuhan pendidikan adalah membaca yang merupakan kunci keberhasilan pembelajaran. Membaca adalah kemahiran yang harus dimiliki setiap peserta didik karena memungkinkan mereka untuk belajar tentang berbagai bidang studi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa memiliki kemampuan membaca yang baik sejak awal sekolah. Membaca adalah jendela dunia, dengan membaca kita dapat pergi ke seluruh dunia, dan kita seolah-olah menjelajah ke berbagai tempat dan waktu. Membaca adalah cara untuk menghormati masa lalu, memperkaya masa kini, dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian yang difokuskan aktivitas di dalam kelas dengan tujuan untuk meneliti kegiatan bagaimana bacaan yang memiliki gambar dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Tiga Desa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan prosedur serta langkah-langkah seperti pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dalam tahap siklus pertama pembelajaran, peneliti mengarahkan perhatiannya pada perencanaan. Ini melibatkan penyusunan Modul Ajar yang mencakup langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan pada saat kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode picture and picture. Selain itu, peneliti juga menyiapkan berbagai perlengkapan pembelajaran seperti media ajar, buku, dan alat tulis yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran. Pada penelitian ini mengalami peningkatan mulai dari tahap pretest, siklus 1 hingga siklus 2 yang mengalami peningkatan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Hendri, & Riadin, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Metode Picture and Picture dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas I SDN 2 Kapuas Tengah. Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah.

Agustina, Z., Murniati, N. A., & Reffiane, F. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BACA SISWA KELAS III DI SDN PETERONGAN KOTA SEMARANG. urnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri .

Anjelinah, N. R., & Liansari, V. (2023). STRATEGI KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED)PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Ashila, L., Prasetyo, T., & Rahayu, W. R. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar.

Irfani,, F., Suryani,, H. D., Adrias, & Almi, N. A. (2024). Persepsi Siswa SD dalam Penggunaan Strategi Reading Aloud dan Sustained Sailent Reading Terhadap Kemampuan Menjelaskan Isi Bacaan. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 224-233 .

Nurhamsih, Firman, Mirnawati, & Sukirman. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan MenulisPermulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada SiswaKelas IISekolah Dasar. Jurnal Kependidikan.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran. Jurnal Publikasi Pendidikan.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian

Downloads

Published

2025-06-13