Analisis Bibliometrik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26830Keywords:
Analisis Bibliometrik, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Gender, VosviewerAbstract
Hasil belajar dalam pembelajaran matematika merupakan indikator penting dalam menilai kualitas pendidikan dan keberhasilan akademik peserta didik. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa gender dapat memengaruhi hasil belajar, khususnya dalam pembelajaran matematika. Namun, penelitian yang ada cenderung bersifat lokal dan terpisah-pisah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian global, kontribusi penulis, keterlibatan institusi, dan perkembangan tema dalam bidang hasil belajar dalam pembelajaran matematika berdasarkan gender dengan pendekatan bibliometrik dari tahun 2019-2024. Data diperoleh dari Google Scholar melalui bantuan Publish or Perish dengan jumlah 996, kemudian dilakukan eliminasi kriteria sehingga di dapat 86 artikel dan selanjutnya dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk mengidentifikasi jaringan kolaborasi penulis, keterkaitan kata kunci, serta tren publikasi dalam lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa topik ini mengalami peningkatan signifikan dengan tema dominan seperti perbedaan gender, prestasi belajar siswa, dan kinerja matematika. Artikel dengan tingkat sitasi tertinggi terjadi pada tahun 2020 sebanyak 1061 kutipan. Negara dengan sitasi tertinggi adalah Indonesia. Institusi yang menempati posisi tertinggi berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal dengan posisi teratas adalah Journal of Physics: Conference Series. Penulis Jonathan Olores Etcuban menduduki peringkat pertama dengan jumlah dokumen terbanyak yaitu 3 dokumen, dan penulis dengan sitasi tertinggi adalah Muhammad Syazali dan Rofiqul Umam dengan 399 kutipan. Analisisis bibliometrik menggunakan VOSviewer mengidentifikasi 9 cluster kata kunci. Studi ini juga membahas tantangan seperti keterbatasan akses data bibliometrik yang memerlukan kehati-hatian dalam interpretasi hasil analisis dan ketidakkonsistenan penggunaan istilah.Downloads
References
Damayanti, F. (2021). Perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari gender siswa kelas XI SMKN 1 Palopo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 112–118.
Etcuban, J. O., Campanilla, B. S., & Pantinople, L. D. (2019). A mathematical modelling approach to enhance students' academic performance and interest in mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 547–561.
Hafidz, A. A. (2020). Pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 2 Waru. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 34–41.
Hamalik, O. (2008). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamidah, N. (2021). Peningkatan hasil belajar melalui model Problem Based Learning materi trigonometri kelas X tata busana. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/union.v9i1.9364
Karmila, K., Surmilasari, N., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh gender terhadap hasil belajar matematika melalui video pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 79 Palembang. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 290–304. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.650
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Somayana, W. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v113.33
Sulistiawati, E. S. C., & Effie Efrida, M. (2022). Analisis bibliometrik perkembangan penelitian R & D model ADDIE pada pembelajaran matematika dengan VOSviewer tahun 2017–2022. SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 107–129. https://doi.org/10.17509/sigmadidaktika.v11i1
Syazali, M., & Umam, R. (2020). Gender differences in students' mathematical abilities: A bibliometric analysis using VOSviewer. Journal of Physics: Conference Series, 1567, 042014.
Van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Zainuddin, Z., & Perera, C. J. (2019). Exploring students’ learning experience in online flipped classrooms: A bibliometric analysis. Education and Information Technologies, 24(6), 3437–3454.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.