PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA DEPOK (STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF)

Authors

  • Sri Rahayu Ningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Paulus Suhendro Mbette Universitas Negeri Jakarta
  • Adi Putra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26832

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Penerapan GLS

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Kebayunan, Kota Depok, untuk memahami pelaksanaan tahapan: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran, serta mengidentifikasi kendala dan solusi kontekstual. Metodologi kualitatif dengan desain studi kasus tunggal diterapkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GLS di SD Negeri Kebayunan berjalan terstruktur, meskipun masih perlu penguatan pada ketersediaan bahan bacaan, variasi umpan balik, dan strategi peningkatan minat baca siswa. Peningkatan efektivitas literasi dapat dicapai melalui pengayaan bahan bacaan, pemanfaatan media digital, lomba berkala, aplikasi pendukung, serta kolaborasi dengan Dinas Pendidikan untuk membangun ekosistem literasi yang inklusif dan yang berkelanjutan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harususilo, Y. E. (2025, Mei 23). Menumbuhkan literasi anak lewat dongeng "ehon". Kompas.com.

OECD. (2025). Student performance (PISA 2022): Indonesia. OECD Education GPS.

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di Sekolah: dari Teori ke Praktik. Nilacakra.

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68.

Rafida, H., Samsudi, S., & Doyin, M. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Mengembangkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4745–4755.

Riksan, & Renita. (2024). Strategi Peningkatan Literasi di Lingkup Sekolah. Deepublish.

Setiawan, R., Nurani, D., Mardianto, A., Misiyanto, Komalasari, & Islamiyah, A. (2019). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutopo, B., Wasliman, I., Mulyanto, A., & Noval, S. R. (2021). Manajemen Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Arr Rad Pratama.

Downloads

Published

2025-06-13