IMPLEMENTASI PROGRAM UNGGULAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MIN 2 MOJOKERTO

Authors

  • Kartini Dwi Hasanah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Amin Nur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Zulfi Mubaroq UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Samsul Susilawati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26836

Keywords:

Program Unggulan, Prestasi Siswa

Abstract

Globalisasi telah meniscayakan perubahan yang kompleks dan fundamental, termasuk di dunia pendidikan. Kompetisi, rasionalisme, profesionalisme serta disiplin adalah efek globalisasi yang tak dapat diabaikan. Masyarakat yang semakin rasionalis akan mempunyai banyak pilihan dalam menentukan kepercayaanya kepada Lembaga madrasah tertentu yang menawarkan kualitas pendidikan yang bermutu. Begitu banyaknya kompetisi di dunia pendidikan, sehingga mau tidak mau harus ada perubahan dan inovasi baru yang terus menerus agar sebuah Lembaga madrasah tidak mati tergerus zaman. Solusi menghadapi hal tersebut MIN 2 Mojokerto mengimplementasi program unggulan yang menjadi sarana dalam meningkatkan prestasi siswa. Tujuan penelitian pertama, mendeksripsikan dan menganalisis perencanaan program unggulan madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa di MIN 2 Mojokerto. Kedua, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program unggulan madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa di MIN 2 Mojokerto. Ketiga mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program unggulan madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa di MIN 2 Mojokerto.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, teori, dan metode. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa: 1) Perencanaan program unggulan madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa di MIN 2 Mojokerto dilakukan dengan cara menjadikan visi dan misi MIN 2 Mojokerto sebagai landasan dan menyusun program melalui rapat tahunan bersama seluruh tenaga pendidik dan kependidikan. Program unggulan madrasah yang sudah dirancang adalah program unggulan bersifat akademik dan non akademik, program unggulan bersifat relgius, dan program unggulan bersifat inovasi kurikulum. 2) Implementasi program unggulan madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa di MIN 2 Mojokerto dilakukan melalui 3 jenis program: (a) Program Unggulan Berbasis akademik dan non akademik meliputi Pendampingan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan  Olimpiade, Kelas peminatan( tahfidz dan bahasa inggris), Pramuka, olahraga, dan PKKM (Panggung Kreatifitas Kantin MIN 2 Mojokerto), (b) Program Unggulan Bersifat Religius meliputi Madrasahku bersujud, Madrasah penyambung mimpi, Kamis berdoa, Madrasah Memancarkan Cahaya, (c) Program Unggulan Bersifat Inovasi Kurikulum meliputi MIN 2 Mojokerto di Dadaku, Salam Satu Tujuan, Green and Clean for Environment Menuju Madrasah ASRI, Pemberdayaan Paguyuban Kelas, Madrasah Bersinergi (Menjalin Kerjasama/MoU), dan Excellent Service. (3) Hasil dari Implementasi program unggulan madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa di MIN 2 Mojokerto yakni:  Menjadi Citra Dan Daya Saing Antar Madrasah/Sekolah Lainnya, Menghasilkan Peningkatan Prestasi Siswa Disetiap Tahunnya, Meningkatnya Jumlah Input Siswa/Siswi MIN 2 Mojokerto setiap tahunnya, Menghasilkan Lulusan Siswa/Siswi MIN 2 Mojokerto yang unggul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif (Sukabumi: CV Jejak, 2018).

Bagus Eko Dono, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prsetasi Siswa, (Bondowoso: Guepedia, 2021), hlm 9.

George R, Terry Principle of Management. (Ontario: Richard D. Irwin ING. Homewood Illionis. Irwin-dorsy Limited, 1997). 5.

Hamalik, O. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Mattew B. Miles, A. Michael Huberman, Johnny Saldana, Quarlitative Data Analysis A Metod Sourcebook, Edition 3 (United Kingdom: Sage Publication, 2014).

Muhammad Adam, Manajemen Pemasaran Jasa(Bandung: Alfabeta, 2015), 54

Sagala, S. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010. 10.

Wahidmurni. “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif,” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, July 2017.

Zamroni. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS.

Jurnal :

Afriansyah, H. (2019). Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Jurnal EdukasiAfriansyah, H. (2019). Administrasi Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat. Jurnal Edukasi,2(1),18–29.Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Cxtvz,2(1),18–29. https://doi.org/10.31227/osf.io/cxtvz

Aji Sofanudin, Model Peningkatan Minat Masyarakat terhadap Madrasah Ibtidaiyah di Jawa Tengah, (Jurnal Nadwa, Vol. 6, No. 1, 2012), hlm 1.

Christianto, A., & Evi Muafiah. (2021). Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pagotan. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01). https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.216

Dira Alifa Novitasari dkk., “Strategi Optimalisasi Program Unggulan Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Bidang Sains (Studi Multi Kasus di SMAN 1 Malang dan MAN 2 Kota Malang),” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Sains, Malang, 12 Maret 2024, diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang, (Malang: UM Press, 2024), hlm. 45–56.

Nurul Fatqur R dan Zaenal Abidin, Model Program Unggulan di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Poorogo, (Suhuf, Vol. 33, No. 2, 2021), hlm 3.

Sella Nuryani, Oyoh Bariah, N. R. (2022). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik dalam Peningkatan Mutu Lulusan Peserta Didik di MTsN 1 Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.Fariq, A. (2011). Perkembangan dunia konseling memasuki era grobalisasi. Pedagogi, II Nov 2011(Universitas Negeri Padang), 255-262.

Sumarsono, R. B. (2019). Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 63. https://doi.org/10.17977/um048v24i2p63-74

Widia Kartika, dkk, Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Minat Siswa Memilih SMP Negeri 22 Rejang Lebong, (Andragogi, Vol. 2, No. 2, 2020), hlm 1.

Tesis

Aprilia Dewi Astuti, Strategi Pengelolaan Program Unggulan Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Ngawi (Tesis Magister, Universitas Negeri Surabaya, 2022).

Downloads

Published

2025-06-13