PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS V UPTD SDN 21 BARRU

Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Neneng Fitriani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Putri Nadhira Azaliya Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Febriyanti Febriyanti Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26890

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Audio Visual, Keterampilan Menyimak, Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V UPTD SDN 21 Barru melalui penggunaan media audio visual berbasis animasi. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas V, terdiri dari empat siswa laki-laki dan dua siswa perempuan pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan di Dusun Cenne, Desa Palakka, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, selama 41 hari, terhitung sejak 15 Agustus hingga 15 Oktober 2024. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), lembar observasi, dan alat evaluasi berupa tes tertulis dan lisan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, sedangkan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berbasis animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa secara signifikan. Media tersebut terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa, memfasilitasi pemahaman materi, serta mendorong keterlibatan aktif selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media audio visual berbasis animasi direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan menyimak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmoro, Widi Siwi. 2021. Teknik Pengolahan Audio & Video. Yogyakarta: Andi

Damayanti. 2021. Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 33 Lebong. Makassar: CV. Tatakata Grafika

Ega, Ritma Wati. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Gereda, Agustinus. 2020. Keterampilan Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Edu Publisher

Hasriani. 2023. Terampil Menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group

Heryana, Nono dkk. 2023. Konsep Dasar Media Pembelajaran di Era Digital. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri

Ismail, Ilyas M. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajara. Makassar: Cendekia Publisher

Juniantoro, Shandy. 2021. Literasi Digital dalam Tantangan Pendidikan Abad 21.

Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management

Jalmur, Nizwardi. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Khairiah, Dina. 2022. Prosiding Seminar Nasional Prodi PGMI dan PIAUD. Yogyakarta: Samudra Biru

Katoningsih, Sri. 2021. Keterampilan Bercerita. Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press

Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Kasmiati dkk. 2023. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Makassar: CV. Tohar Media

Laia, Askarman. 2020. Menyimak Efektif. Jawa Tengah: Lutfi Gilang

Marlina. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Mustadi, Ali dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan

Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press

Mulyono. 2013. Skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Sholat untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Sidoarjo

Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak Ramdani, Peri. 2021. Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka

Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilis I. Jawa Barat: CV Jejak

Syarifuddin dan Eka Dewi Utari. 2022. Media Pembelajaran. Palembang: Bening

Sadiman, Arief. S dkk. 2021. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2025-06-18