PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS V UPTD SDN 21 BARRU
Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26890Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Audio Visual, Keterampilan Menyimak, Bahasa Indonesia.Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V UPTD SDN 21 Barru melalui penggunaan media audio visual berbasis animasi. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas V, terdiri dari empat siswa laki-laki dan dua siswa perempuan pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan di Dusun Cenne, Desa Palakka, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, selama 41 hari, terhitung sejak 15 Agustus hingga 15 Oktober 2024. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), lembar observasi, dan alat evaluasi berupa tes tertulis dan lisan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, sedangkan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berbasis animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa secara signifikan. Media tersebut terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa, memfasilitasi pemahaman materi, serta mendorong keterlibatan aktif selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media audio visual berbasis animasi direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan menyimak.Downloads
References
Asmoro, Widi Siwi. 2021. Teknik Pengolahan Audio & Video. Yogyakarta: Andi
Damayanti. 2021. Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 33 Lebong. Makassar: CV. Tatakata Grafika
Ega, Ritma Wati. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Gereda, Agustinus. 2020. Keterampilan Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Edu Publisher
Hasriani. 2023. Terampil Menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group
Heryana, Nono dkk. 2023. Konsep Dasar Media Pembelajaran di Era Digital. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri
Ismail, Ilyas M. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajara. Makassar: Cendekia Publisher
Juniantoro, Shandy. 2021. Literasi Digital dalam Tantangan Pendidikan Abad 21.
Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management
Jalmur, Nizwardi. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Khairiah, Dina. 2022. Prosiding Seminar Nasional Prodi PGMI dan PIAUD. Yogyakarta: Samudra Biru
Katoningsih, Sri. 2021. Keterampilan Bercerita. Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press
Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Kasmiati dkk. 2023. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Makassar: CV. Tohar Media
Laia, Askarman. 2020. Menyimak Efektif. Jawa Tengah: Lutfi Gilang
Marlina. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Mustadi, Ali dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan
Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Mulyono. 2013. Skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Sholat untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Sidoarjo
Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak Ramdani, Peri. 2021. Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilis I. Jawa Barat: CV Jejak
Syarifuddin dan Eka Dewi Utari. 2022. Media Pembelajaran. Palembang: Bening
Sadiman, Arief. S dkk. 2021. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.