PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK PADA MATERI IPAS KELAS IV DI SDN 27 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26963Keywords:
Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, IPAS, Suku SasakAbstract
Pembelajaran berbasis kearifan lokal sangat penting untuk peserta didik sekolah dasar, karena dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap daerahnya sendiri. Tujuan penelitian adalah mengembangkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Suku Sasak pada materi IPAS kelas IV yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan model 4D. Prosedur penelitian dari model ini terdiri 4 tahapan, yakni define, design, development dan dissiminate. Kemudian, pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, ahli media, respon guru dan respon peserta didik. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Modul pembelajaran setelah diuji kevalidan dan kepraktisan menunjukkan hasil uji validasi ahli materi sebesar 96.87% dengan kategori sangat valid, ahli media sebesar 92.64% dengan kategori sangat valid, respon guru sebesar 91.66% dengan kategori sangat praktis dan respon peserta didik sebesar 90.46% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan tujuan dan hasil analisis data dapat disimpulkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Suku Sasak pada materi IPAS kelas IV dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Al-Farisi, S. (2017). Anggota Kelompok Belajar Sebagai Penentu dalam Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 145-154.
Anwar, M. F., Chotimah, C., & Pani, Y. S. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sanggau Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Kelas IV. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2817-2828.
Artawijaya, A. A., & Saptiari, N. M. (2023). Hubungan Perkembangan Kognitif Peserta Difik dengan Proses Belajar. Metta: Jurnal Multidisiplin, 504-515.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) - Kurikulum Merdeka. Retrieved Agustus 5, 2024, from Kurikulum.kemdikbud.go.id: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13.%20CP%20IPAS.pdf
Eppendi, J., Ilham, M., & De Vega, N. (2024). Analisis Proses Perumusan CP: Merdeka Mengajar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 327-338.
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca.
Fatmawati, A., & Wati, T. L. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas 4 SDN Sedatigede II. Indonesian Journal of Education Methods Development, 6-12.
Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya'bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas IV. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Gustinasari, M., Lufri, & Ardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 61-74.
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 203-2016.
Hidayah, N., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Bahan Ajar terhadap Kebutuhan Guru dan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 128-142.
Hilmy, M., Tyas, I. C., & Ratri, A. A. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Budaya Masyarakat Osing Banyuwangi Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya di Politeknik Negeri Banyuwangi. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 196-203.
Jannah, Kaspul, & Utami, N. H. (2022). Kepraktisan Modul Elektronik Menggunakan Aplikasi Sigil Berorientasi Pendekatan Saintifik Materi Perubahan Lingkungan Kelas X Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi, 155-160.
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 372-378.
Lestari, F. A. (2020). Penggunaan Mdia Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa. Sinasis: Prosiding Seminar Nasional Sains (pp. 534-540). Jakarta Selatan: Universitas Indraprasta PGRI.
Lestari, T. P. (2024). Potensi Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kaarakter Cinta Tanah Air Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial
Lestari, W., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2024). Membangun Kurikulum Yang Relevan dan Responsif: Perspektif dan Pendekatan Baru. Elementer: Jurnal Pendidikan Dasar, 1-10.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 311-326.
Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 272-281.
Milaini, Rosnawati, L., Hasibuan, W. F., Novita, E., Tan, T., & Noer, R. M. (2023). Catatan Penggerak Merdeka Belajar. Yogyakarta: Stiletto Book.
Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 299-330.
Niyarti, V., Salimi, A., & Ghasya, D. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berorientasi Kearifan Lokal dalam Materi "Negaraku Indonesia" pada Siswa Kelas IV SDN 14 Pontianak Selatan. Journal of Education, 3362-3372.
Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 118-127.
Pinantih, S. A., & Putra, D. K. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 115-121.
Prakoso, N. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Keterampilan Bertanya. Jurnal Pendidikan West Science, 3018-315.
Putra, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pokok Permasalahan Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 28 Dompu. Primary Education Journal (PEJ), 1-11.
Rahmaniati, S., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary Education, 102-109.
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. J. Pijar MIPA, 151-156.
Rini, N. P. (2023). Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Kebudayaan Daerah Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SDN 6 Songan. Jurnal Pendidikan Deiksis, 35-42.
Rustamana, A., Sahl, K. H., Ardianti, D., & Solihin, A. H. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 60-69.
Sa'diyah, H., Alfiyah, H. Y., AR, Z. T., & Nasruddin. (2020). Model Research and Development dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pemdidikan Islam, 42-73.
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference (pp. 581-584). Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Source Book. Bloomington Indiana: Indiana University.
Ulfah, A. K., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A., Bukhory, U., Wahyuningrum, S. R., et al. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). Madura: IAIN Madura Press.
Utami, R. P. (2017). Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Dharma Pendidikan, 62-81.
Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius. Journal of Research in Mathematics Learning, 177-188.
Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1-16.
Widyasari, R., Astriyani, A., & Purwoko, R. Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (pp. 1-10). Jakarta: Jurnal UMJ.
Yudhiarti, N. P., Zalafi, Z., Nubiasyanti, W. S., Abubakar, R., & Hidayat, D. A. (2023). Psikologi Pendidikan. Pasaman: CV. Azka Pustaka.
Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti. (2019). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 278-293.
Zidatunnur, S. F., & Rusilowati, A. (2021). Keterbacaan dan Kepraktisan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis STEM untuk Mahasiswa. UPEJ, 131-138.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.