PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA SD MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lu'luul Maknun Universitas Muria Kudus
  • Muhammad Fashihullisan Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27004

Keywords:

character values, social studies, elementary school

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar mempunyai peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa sejak dini, terutama di tengah tantangan globalisasi. Penelitian ini merupakan studi literatur terhadap sepuluh artikel jurnal terakreditasi yang membahas penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, dan cinta tanah air dapat ditanamkan secara efektif melalui pendekatan kontekstual, budaya lokal, media visual, dan pembiasaan positif di sekolah. Meski demikian, tantangan seperti kurangnya dukungan orang tua dan pengaruh lingkungan masih perlu diatasi melalui kolaborasi antar pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, S. N., & Ismaya, E. A. (2024). Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(September), 698–705.

Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2016). Systematic Appoaches to a Succesful Literature Review. Sage Publications.

Cahyani, D. I., Ulya, F., Muna, M. F., Fadhilah, S., Wachidah, E. U., & Hanik, J. (2021). Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Era 4.0 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 2021.

Chusairi, A., & S, O. A. (2023). Implementasi Penanaman Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS melalui Penayangan Video Sejarah Kemerdekaan untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 2 Saptorenggo. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i2.771

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Writing Center Talk over Time. SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Erlinda, & Zulfiati, H. M. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS secara Daring Siswa Kelas IV di SDN Kepek II Saptosari Gunungkidul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(3), 1219–1227.

Insani, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8937–8941. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2402%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2402/2094

Isnaeni, Permanasari, A., & Permana, I. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Sikap Kreatif Siswa Kelas Vii Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 8(1), 31–42. https://ipa-pasca.unpak.ac.id/pdf/publikasi_ilmiah/isnaini-kemampuan-profil-berfikir.pdf

Iswan E Tawari. (2023). Nilai Nilai Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran IPS SDN 25 Kota Ternate Iswan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(November), 1–23.

Lubis, M. A., Sumantri, P., & Fitri, H. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPS Dikelas IV di SD Negeri 107419 Serdang. Education & Learning, 3(2), 7–12. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1035

Maharani, M. S., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD 3 Robayan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2519–2526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1869

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Oktaviani, A. M., Marini, A., & Fitriyani. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4277–4281.

Prajijaya, R. A., Sukamto, S., & Untari, M. F. A. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPS di SDN Muktiharjo Kirul 03 Kota Semarang. Wawasan Pendidikan, 2(2), 663–669. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.12620

Putri, W. H., Fadillah, T. N., Antalika, M., & Jadidah, I. T. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Negeri 159 Palembang. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 119–127. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.1959

Rahmi, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5136–5142. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1640

Saputri, S., Ardivanto, A., & Rofian. (2025). Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6(1), 166–173.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & R&D). Alfabeta.

Umiyah, I., & Ningsih, T. (2024). Penanaman Nilai Karakter Berbasis Seni Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPS di MI Ma’arif 01 Getasan. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(April), 133–143.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868

Yulia Siska, Yusuf, M. J. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 50–52.

Yuliani, M., Habibi, M. R., & Heni, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 1 Lenek Kecamatan Lenek Lombok Timur. Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, Dan Teraan, 2(3), 208–213.

Downloads

Published

2025-06-20