POLA INTERAKSI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA

Authors

  • Eka Wahyuning Tias Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Mashlihatul Umami Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27094

Keywords:

Merdeka Curriculum, English Interaction, Foundation Learning, Communicative, SD Muhammadiyah Plus Salatiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi bahasa Inggris anak dalam proses pembelajaran yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, penelitian ini mengkaji bagaimana interaksi antara guru dan siswa, antar siswa, serta antara siswa dengan materi pembelajaran terbentuk dalam konteks kelas yang komunikatif dan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi pembelajaran yang lebih fleksibel, menyenangkan, dan berpusat pada peserta didik. Interaksi bahasa Inggris terjadi secara aktif melalui metode pembelajaran seperti permainan bahasa, diskusi kelompok, dan role play, didukung oleh media pembelajaran visual dan digital serta lingkungan kelas yang mendukung. Selain itu, dukungan kegiatan ekstrakurikuler juga memperkuat keterampilan berbahasa siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pola interaksi bahasa Inggris yang terbentuk mencerminkan keberhasilan Kurikulum Merdeka dalam membangun kepercayaan diri, kreativitas, dan kemampuan komunikasi siswa dalam bahasa asing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrea, J., Sakinah, F., & Gistituat, N.

(2024). Merdeka Belajar Dalam

Revolusi Pendidikan Indonesia Di

Era Disrupsi. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar,.

Arman Arman, Andi Paida, &

Muhammad Dahlan. (2023).

Menggali Kekayaan Linguistik:

Variasi Penyapaan dalam Interaksi

Verbal Siswa Menengah Pertama.

Jurnal Bintang Pendidikan

Indonesia, 1(4), 177–200.

https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2

026

Damanik, N., Malau, O. L., Sinaga, S.,

Siburian, R. D., & Simanjutak, T.

(2025). Implementasi Pendekatan

Zone of Proximal Development

(ZPD) dalam Mengatasi Kesulitan

pada Materi Struktur Aljabar. As-

Salam: Journal Islamic Social

Sciences and Humanities, 3, 55–64.

https://doi.org/https://ejournal.as-

salam.org/index.php/assalam

Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun

Hindun. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Berbasis Proyek

untuk Membantu Siswa Berpikir

Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa,

Sastra, Budaya, Dan

Pengajarannya, 2(2), 43–54.

https://doi.org/10.55606/protasis.v2i

2.98

Faqihatuddiniyah, & Rasyid, H. (2017).

Persepsi Orang Tua Dan Guru

Mengenai Bahasa Inggris Pada

Anak Usia Dini Di Tk Aba

Karangmalang Yogyakarta. Jurnal

Tarbiyah (Jurnal Ilmiah

Kependidikan), 6(2), 29–39.

Downloads

Published

2025-06-30