POLA INTERAKSI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27094Keywords:
Merdeka Curriculum, English Interaction, Foundation Learning, Communicative, SD Muhammadiyah Plus SalatigaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi bahasa Inggris anak dalam proses pembelajaran yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, penelitian ini mengkaji bagaimana interaksi antara guru dan siswa, antar siswa, serta antara siswa dengan materi pembelajaran terbentuk dalam konteks kelas yang komunikatif dan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi pembelajaran yang lebih fleksibel, menyenangkan, dan berpusat pada peserta didik. Interaksi bahasa Inggris terjadi secara aktif melalui metode pembelajaran seperti permainan bahasa, diskusi kelompok, dan role play, didukung oleh media pembelajaran visual dan digital serta lingkungan kelas yang mendukung. Selain itu, dukungan kegiatan ekstrakurikuler juga memperkuat keterampilan berbahasa siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pola interaksi bahasa Inggris yang terbentuk mencerminkan keberhasilan Kurikulum Merdeka dalam membangun kepercayaan diri, kreativitas, dan kemampuan komunikasi siswa dalam bahasa asing.Downloads
References
Andrea, J., Sakinah, F., & Gistituat, N.
(2024). Merdeka Belajar Dalam
Revolusi Pendidikan Indonesia Di
Era Disrupsi. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar,.
Arman Arman, Andi Paida, &
Muhammad Dahlan. (2023).
Menggali Kekayaan Linguistik:
Variasi Penyapaan dalam Interaksi
Verbal Siswa Menengah Pertama.
Jurnal Bintang Pendidikan
Indonesia, 1(4), 177–200.
https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2
026
Damanik, N., Malau, O. L., Sinaga, S.,
Siburian, R. D., & Simanjutak, T.
(2025). Implementasi Pendekatan
Zone of Proximal Development
(ZPD) dalam Mengatasi Kesulitan
pada Materi Struktur Aljabar. As-
Salam: Journal Islamic Social
Sciences and Humanities, 3, 55–64.
https://doi.org/https://ejournal.as-
salam.org/index.php/assalam
Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun
Hindun. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis Proyek
untuk Membantu Siswa Berpikir
Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa,
Sastra, Budaya, Dan
Pengajarannya, 2(2), 43–54.
https://doi.org/10.55606/protasis.v2i
2.98
Faqihatuddiniyah, & Rasyid, H. (2017).
Persepsi Orang Tua Dan Guru
Mengenai Bahasa Inggris Pada
Anak Usia Dini Di Tk Aba
Karangmalang Yogyakarta. Jurnal
Tarbiyah (Jurnal Ilmiah
Kependidikan), 6(2), 29–39.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.