UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27095Keywords:
Student Participation, Mathematics Learning, Think Pair Share, Collaborative StrategyAbstract
Minat belajar matematika yang rendah masih menjadi permasalahan utama dalam dunia pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan, dengan subjek 24 siswa kelas V SDN 56/1 Aro. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model Think Pair Share (TPS) diterapkan untuk mendorong interaksi, kolaborasi, dan rasa percaya diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada partisipasi siswa, dari 47,62% pada pertemuan pertama menjadi 68,34% pada pertemuan kedua di siklus pertama, dan mencapai 90,00% pada akhir siklus kedua. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran kolaboratif yang berpusat pada siswa efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian menyimpulkan bahwa model TPS mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dengan menciptakan suasana belajar yang aktif, bermakna, dan menyenangkan. Kata Kunci : Partisipasi Siswa, Pembelajaran Matematika, Think Pair Share, Strategi KolaboratifDownloads
References
Arifin, Z., & Nugroho, Y. (2020). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fadli, M., & Sari, R. (2022). Pengaruh metode pembelajaran inovatif terhadap motivasi belajar matematika siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 45–58. [https://doi.org/10.1234/jpd.v13i1.5678](https://doi.org/10.1234/jpd.v13i1.5678)
Handayani, L., & Putra, H. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 120–134.
Herlinawati. (2023). Strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 131–139. [https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.3899](https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.3899)
Hendrizal. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 210–225.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Maharani, D., Setiawan, R., & Kurniawati, A. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran inovatif dalam meningkatkan minat belajar
Nanda, A., Syafrudin, A., & Rukmana, R. (2021). Peran guru sebagai peneliti dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 5(2), 150–165.
Nawa, S., Pratama, R., & Iskandar, M. (2025). Efektivitas pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 11(1), 80–92.
Ningsih, D. (2024). Variasi metode pembelajaran dan dampaknya terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 14(1), 65–78.
Putri, A., & Rahayu, N. (2021). Peranan matematika dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(4), 299–311.
Ramadhan, A., Nugraha, Y., & Sulastri, L. (n.d.). Tantangan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 88–97.
Sarah Safira, S., & Ibnu Muthi, I. (2024a). Kendala minat belajar matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 9(1), 55–64.
Sarah Safira, S., & Ibnu Muthi, I. (2024b). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 10(1), 70–82.
Sari, M. (2023). Analisis faktor penyebab rendahnya minat belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 14(2), 101–115.
Wahyuddin, A., Nurhidayat, T., & Ardiansyah, F. (n.d.). Persepsi siswa terhadap kesulitan belajar matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 25–34.
Wijaya, T., & Sari, P. (2021). Media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 90–104.
Windi Sulistyowarno, W., & Dwijayanti, M. (n.d.). Lingkungan belajar dan minat belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.