PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN PERKALIAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SDN INPRES 02 RISA

Authors

  • Emifaturrahmi STKIP Taman Siswa Bima
  • Mariamah PGSD STKIP Taman Siswa Bima
  • Suciyati PGSD STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27200

Keywords:

Alat Peraga, Papan Perkalian, Kemampuan Berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan perkalian terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Inpres 02 Risa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa soal cerita berbentuk essay yang berjumlah 10 soal. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Inpres 02 Risa yang berjumlah 18 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji Wilcoxon, dan uji N-Gain. Hasil penelitan dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai Asymp sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga keputusan hipotesisnya adalah  diterima dan  ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 45 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,44, dan didukung oleh hasil rata-rata nilai N-Gain dari pretest ke posttest yaitu sebesar 0.6476 berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan perkalian berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Inpres 02 Risa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Nurcahyo, Elis Setyowati, Arief Cahyo Utomo, & Henry Aditia Rigianti. (2024). PENGGUNAAN ALAT PERAGA PANSIMAT (PAPAN KREASI MATEMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SD KELAS V SDN PULUREJO JOMBANG. Elementary School, 11(2), 602–611.

Anggraeni, D., Sipangkar, R., Sabila, S., Amorita, D., Puspita, R. D., Rabbani, S., Info, A., Belajar, H., Berhitung, K., & Perkalian, P. (2024). Upaya peningkatan kemampuan berhitung materi perkalian menggunakan papan perkalian siswa kelas ii. 8(2), 137–144.

Azizah, M. N., Linda Febrianingrum, & Wulan Sutriyani. (2022). Peran Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(2), 277–284. https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7985

Bella, S., Ason, A., & Lestari, N. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Membelajarkan Siswa Berhitung Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 25–34. https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1004

Darniyanti, Y., Sapur, S., & Fitri, A. H. (2024). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 04 Koto Baru. 4, 14391–14401.

Hariyanti, R. S., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Penerapan Media Papan Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 610–620.

Jazila Adelina Lubis, & Andina Halimsyah Rambe. (2023). EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 494–512.

Karambe, M., & Rizkasari, E. (2024). Penggunaan Alat Peraga Papan Perkalian dalam Pembelajaran Matematika untuk Peningkatan Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Bangkelekila’ Kabupaten Toraja Utara. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(1), 35–45. https://doi.org/10.61227/arji.v6i1.153

Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108

Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 113–119. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.52

Mayuni, R., Lubis, N. Z. S., Sari, S. F., Sipahutar, N., & Sitepu, M. S. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG KELAS III SDN 105288 DESA SEI ROTAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 222–234.

Niklas, F., Cohrssen, C., Lehrl, S., & Napoli, A. R. (2021). Editorial: Children’s Competencies Development in the Home Learning Environment. Frontiers in Psychology, 12(June). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.706360

Niron, E. R. J., Nur Abidah Idrus, & Rahmawati. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA PAPAN PERKALIAN UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III UPT SPF SDI HARTACO INDAH. 1, 70–78.

Noviyanti, N., Cahyono, H., & Adiputra, D. K. (2025). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN EDUKASI PINTAR (PAKAPI) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA KELAS 1 DI SDN 1 AWEH. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 8(2), 90–97.

Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. WirJURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497

Rukajat, A., & Makbul, M. (2022). Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Strategi Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Pohon Hitung. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(4), 1386–1398.

Safareni Ulfa, & Husnul Khatimah. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN BULAT PADA SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 7(2), 278–285.

Siti Rohmatul Hasanah, & Arissona Dia Indah Sari. (2022). Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian Melalui Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Peserta Didik Kelas Iii Upt Sd Negeri 182 Gresik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1222–1236. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.368

Suryani, R. S. W. T. I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 05 SEMBAWA. JS (JURNAL SEKOLAH), 6(3), 11–20.

Syamsuadi, R. S. H. S. A. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK MELALUI METODE JARIMATIKA PADA KELAS III UPT SPF SD INPRES MINASA UPA KOTA MAKASSAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 11(1).

Ummi Fadhlillah Ulfa. (2024). PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD SWASTA PAB 21 KWALANAMU THE EFFECT OF PROMOTIONAL TOOLS ON THE NUMERICAL ABILITY OF GRADE II STUDENTS OF PRIVATE ELEMENTARY SCHOOL PAB 21. JIIC: JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA, 1(8), 4364–4370.

Wati, R., Asmara, A., Jumri, R., Matematika, P., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2024). Implementasi Alat Peraga Papan Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas III di SD Negeri 13 Kota Bengkulu. Rahmat Jumri Journal of Human And Education, 4(3), 559–564.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013

Downloads

Published

2025-07-04