ANALISIS EFEKTIVITAS INTEGRASI KEPRAMUKAAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL DAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN: SUATU TINJAUAN JURNAL

Authors

  • Syamsi Husnidar Tamba UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27202

Keywords:

Education, Scouting, social competence and leadership skills

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada analisis efektivitas integrasi kepramukaan dalam meningkatkan kompetensi sosial dan keterampilan kepemimpinan melalui suatu tinjauan jurnal atau artikel yang relevan dan di telaah hingga menemukan bahwa dalam pendidikan pramuka untuk menanamkan sikap jiwa kepemimpinan menerapkan metode kepramukaan, di antaranya; pengamalan kode kehormatan pramuka (satya dan darma), belajar sambil melakukan, sistem beregu, kegiatan di alam terbuka, dan kemitraan dengan orang dewasa. Integrasi kepramukaan bertujuan untuk menganalisis efektivitas integrasi kepramukaan dalam meningkatkan kompetensi sosial dan keerampilan kepemimpinan berdasrkan tinjauan yang relevan. Kepramukaan, dengan filosofi dan metodologinya yang unik, menawarkan berbagai kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan kedua aspek tersebut. penelitian lain menunjukkan bahwa kegiatan kepramukaan dapat meningkatkan kompetensi sosial dengan mempromosikan nilai-nilai seperti kerjasama, empati, dan komunikasi efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan meliput pencarian literatur melalui database terkemuka seperti Scopus, Web of Science, dan Google Scholar, dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Kriteria inklusi meliputi jurnal yang diterbitkan dalam kurung waktu 10 tahun terakhir, menggunakan metode penelitian yang jelas, yang menyajikan data empiris yang mendukung temuan. Data empiris yang mendukung temuan. Sehingga data dianalisis secara kualitatif dengan melakukan sintesis temuan dari berbagai studi untuk mengidentifikasi tema-tema utama, pola, dan kesimpulan yang konsisten. Kegiatan berkelompok menjadi sarana paling efektif untuk melatih keterampilan sosial. Gerakan pendidikan nonformal, sukarela, nonpolitik, terbuka bagi semua kalangan, tanpa memandang asal, ras, suku, dan agama, diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai kepramukaan dan diselenggarakan menurut metode kepramukaan disebut gerakan Pramuka. Peserta kepramukaan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi sosial dan keterampilan kepemimpinan dibanding mereka yang tidak terlibat kegiatan kepramukaan.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Jainul. 2019. Refleksi: Jurnal Filsafat dan Pemikiran Islam “Teologi Humanis dalam Pemikiran M. Amin Abdullah”. 21 (2): 232-248.

Deni Yogatama, Rilva, dkk. 2023. Jurnal SINAU “Efektivitas Ekstrakurikuler Pramuka Sman 1 Pontang Kabupaten Serang di Masa Pandemi”. 9 (1): 115-126.

Fatimah & Endah Winarti. 2022. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah “Integrasi Imtak dn Iptek: Landasan dan Faktor Kunci Sukses Penerapannya dalam Pendidikan Islam”. 7 (2): 149-166.

Hanif Asnawi, Ibnu, & Triwahyuningsih. 2014. Jurnal Citizenship “Peranan Pembina pramuka dalam Mengembangkan Karakter Kepemimpinan Siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman”. 3 (2): 95-104.

Husna, Zikraul, dkk. 2021. SEJ (School education Journal) “Model Kegiatan Kepramukaan Berbasis Paradigma Integrasi di SD Islam Qur’ani Banda Aceh”. 11 (4): 332-338.

Marisyah, Ab. dkk. 2019. Jurnal Pendidikan Tambusai “Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan”. 3 (6). 1514-1519).

Nur, Muhammad., dkk. 2023. Elementary Education Research “Penerapan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Nilai Sosial Siswa di SD Negeri 1 Lambheu Kabupaten Aceh Besar”. 8 (4): 299-308.

Nurmalia, Nunuy., dkk. 2022. Society “Pengembangan Jiwa Kepemimpinan Siswa di Masa Pandemi COVID-19 melalui Kegiatan Pramuka Berbasis Virtual”. 10 (2): 567-577.

Ristiyani, Rinda & Moh. Chairil Asmawan. 2023. Journal of Education Action Research “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Pramuka”. 7 (4): 535-543.

Safitri, Kurnia., & Listyaningsih. 2023. Journal of education “Strategi Pembentukan Karakter Kepemimpinan pada Peserta Didik melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 8 Surabaya”. 5 (2): 4959-4986.

Shodiq, Wakhidin. 2022. Jurnal Pendidikan Tambusai “Integrasi pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Kepramukaan Golongan Pramuka Penegak”. 6 (2): 12364-12369.

Supriatno, Irfan, & Herman. 11: 2020. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar “Pendidikan Pramuka dalam Menanamkan Sikap Jiwa Kepemimpinan”. 1 (1): 11-19.

Tiara Putri, Nata. 2019. Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Terhadap Peserta Didik Kelas V SD N 1 Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi, Universitas Raden Intan Lampung.

Zikrayati. 2022. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Kecakapan Hidup Sosial Peserta Didik di MTsn 4 Banda Aceh. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Downloads

Published

2025-07-04