PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27222Keywords:
Parenting Style, Cognitive Development, Elementary School ChildreAbstract
ABSTRACTThis study aims to identify variations in parental parenting styles and analyzetheir effects on the cognitive development of elementary school children. Theresearch employed observation and interviews with families havingelementary school-aged children as subjects. Data were analyzeddescriptively to examine the relationship between parenting styles andchildren's cognitive abilities in understanding school lessons. The resultsshowed that the authoritative parenting style with active learningaccompaniment positively influenced children's cognitive development, whilepermissive and authoritarian styles had less favorable impacts. This studyemphasizes the crucial role of parents in supporting their children's learningprocess to achieve optimal academic success.Keywords: parenting style, cognitive development, elementary schoolchildren. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variasi pola asuh orang tuadan menganalisis pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif anak usiasekolah dasar. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancaraterhadap beberapa keluarga dengan anak sekolah dasar sebagai subjekpenelitian. Data dianalisis secara deskriptif untuk melihat keterkaitan polaasuh dengan kemampuan kognitif anak dalam memahami pelajaran disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh autoritatif denganpendampingan belajar aktif memberikan pengaruh positif terhadapperkembangan kognitif anak, sedangkan pola asuh permisif dan otoriterberdampak kurang baik. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran orangtua dalam mendukung proses belajar anak demi keberhasilan akademikyang optimal.Kata Kunci: pola asuh, perkembangan kognitif, anak sekolah dasar.Downloads
References
Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.
Badriah, E. R. , & Fitriana, W. (2018). Pola asuh orang tua dalam mengembangkan potensi anak melalui homeshooling di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1–8.
Lumenta, N. , W. H. I. , & K. M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kematangan emosi remaja di SMA N 1 Sinonsayang. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–8.
Nur, R. F. (2021). Pola asuh ibu tunggal dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini (studi deskriptif pada anak usia 4-6 tahun). Musawa: Journal for Gender Studies, 13(1), 82–105.
Rokayah, Y. , Fatimiyah, C., & Rizqimah, Z. (2022). Pola Mendidik Anak Metode 3A (Asah, Asih, Asuh). Dunia Akademisi Publisher.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach) (1st ed.).
Deepublish.
Rukayah, S. , R. A. , & N. N. (2024). Pengaruh Pola Asuh dan Tingkat Pendidikan Orang Tua melalui Perilaku Sosial Anak terhadap Kesiapan Sekolah Anak. Journal of Education Research, 5(3), 2791–2801.
Salma, N. K., & Hasibuan, R. (2023). Pengaruh neglectful parenting style terhadap emosi negatif
anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1015–1024.
Slsabila, A. , Hanifah, M., Irsyad, M.,& A’yun, V. Q. (2024). Stop Toxic Parenting: Wujudkan Pola Asuh Yang Baik Dalam Membangun Fisik Dan Mental Anak. Genderang Asa: Journal Of Primary Educatio, 5(1), 26–40.
Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak (1st ed.). Nilacakra.
Windayani, N. L. I. , & Putra, K. T. H. (2021). Pola asuh otoritatif untuk membentuk karakter anak.
Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 173–182.
Yuliarsih, T. , S. S. , & M. D. (2024). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar, Pada
Fisik-Motorik, Kognitif, Bahasa, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 328–346.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.