PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anggi Ni’matu Maulana Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Fauzan Gardapati V. R Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Nur Zahra Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Winanti Nur Afwani Universitas Muhadi Setiabudi
  • Septiani Arlinda Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes
  • Atikah Mumpuni Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27222

Keywords:

Parenting Style, Cognitive Development, Elementary School Childre

Abstract

ABSTRACT
This study aims to identify variations in parental parenting styles and analyze
their effects on the cognitive development of elementary school children. The
research employed observation and interviews with families having
elementary school-aged children as subjects. Data were analyzed
descriptively to examine the relationship between parenting styles and
children's cognitive abilities in understanding school lessons. The results
showed that the authoritative parenting style with active learning
accompaniment positively influenced children's cognitive development, while
permissive and authoritarian styles had less favorable impacts. This study
emphasizes the crucial role of parents in supporting their children's learning
process to achieve optimal academic success.
Keywords: parenting style, cognitive development, elementary school
children.


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variasi pola asuh orang tua
dan menganalisis pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif anak usia
sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara
terhadap beberapa keluarga dengan anak sekolah dasar sebagai subjek
penelitian. Data dianalisis secara deskriptif untuk melihat keterkaitan pola
asuh dengan kemampuan kognitif anak dalam memahami pelajaran di
sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh autoritatif dengan
pendampingan belajar aktif memberikan pengaruh positif terhadap
perkembangan kognitif anak, sedangkan pola asuh permisif dan otoriter
berdampak kurang baik. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran orang
tua dalam mendukung proses belajar anak demi keberhasilan akademik
yang optimal.
Kata Kunci: pola asuh, perkembangan kognitif, anak sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.

Badriah, E. R. , & Fitriana, W. (2018). Pola asuh orang tua dalam mengembangkan potensi anak melalui homeshooling di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1–8.

Lumenta, N. , W. H. I. , & K. M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kematangan emosi remaja di SMA N 1 Sinonsayang. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–8.

Nur, R. F. (2021). Pola asuh ibu tunggal dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini (studi deskriptif pada anak usia 4-6 tahun). Musawa: Journal for Gender Studies, 13(1), 82–105.

Rokayah, Y. , Fatimiyah, C., & Rizqimah, Z. (2022). Pola Mendidik Anak Metode 3A (Asah, Asih, Asuh). Dunia Akademisi Publisher.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach) (1st ed.).

Deepublish.

Rukayah, S. , R. A. , & N. N. (2024). Pengaruh Pola Asuh dan Tingkat Pendidikan Orang Tua melalui Perilaku Sosial Anak terhadap Kesiapan Sekolah Anak. Journal of Education Research, 5(3), 2791–2801.

Salma, N. K., & Hasibuan, R. (2023). Pengaruh neglectful parenting style terhadap emosi negatif

anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1015–1024.

Slsabila, A. , Hanifah, M., Irsyad, M.,& A’yun, V. Q. (2024). Stop Toxic Parenting: Wujudkan Pola Asuh Yang Baik Dalam Membangun Fisik Dan Mental Anak. Genderang Asa: Journal Of Primary Educatio, 5(1), 26–40.

Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak (1st ed.). Nilacakra.

Windayani, N. L. I. , & Putra, K. T. H. (2021). Pola asuh otoritatif untuk membentuk karakter anak.

Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 173–182.

Yuliarsih, T. , S. S. , & M. D. (2024). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar, Pada

Fisik-Motorik, Kognitif, Bahasa, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 328–346.

Downloads

Published

2025-06-21