IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE ANGKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD
Keywords:
Kepemimpinan, Visioner, PendidikanAbstract
Artikel ini membahas konsep kepemimpinan visioner dalam konteks pendidikan, yang menekankan pentingnya peran pemimpin dalam merumuskan, mengkomunikasikan, dan mengimplementasikan visi masa depan yang inspiratif dan transformatif bagi lembaga pendidikan. Kepemimpinan visioner tidak hanya fokus pada operasional harian, tetapi juga pada strategi jangka panjang untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, mengembangkan potensi peserta didik secara holistik, serta meningkatkan kompetensi pendidik. Studi-studi di Indonesia menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner berkontribusi positif terhadap motivasi guru, kinerja sekolah, dan inovasi kurikulum, sehingga mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional. Artikel ini mengkaji pengertian, peran, ciri, kompetensi, komitmen, serta strategi penerapan kepemimpinan visioner, dengan menyoroti bahwa visi yang kuat dan jelas sangat penting untuk menyatukan seluruh elemen pendidikan dalam mencapai tujuan bersama di tengah tantangan dan perubahan zaman yang dinamis.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2025-06-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.