KENDALA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD KANISIUS NOTOYUDAUN KEMANTREN GEDONG TENGEN KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Elstudy Prestiwati Ndruru Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Rusmawan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Keywords:

implementasi kurikulum merdeka, kendala implementasi kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dalam implementasi kurikulum merdeka pada kelas I, II, III, IV, V dan VI SD Kanisius Notoyudan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I hingga kelas VI, tenaga kependidikan/TU, komite sekolah, 2 peserta didik sebagai perwakilan dari masing masing kelas SD Kanisius Notoyudan. Objek penelitian ini adalah kendala dalam implementasi kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala implementasi diantaranya ada guru kurang memahami penerapan implementasi kurikulum merdeka, mengubah metode belajar student centered, SDM yang tidak semua dari kalangan PGSD, kesulitan menyusun modul ajar,,dan  kendala dalam mengisi PMM. Kata Kunci: implementasi kurikulum merdeka, kendala implementasi kurikulum  merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Ambawani, C. S. L., Kusuma, T. M. M., Sutama, S., & Sumardjoko, B. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 4(4), 1880-1892.

Anjali, D. T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Di Sekolah Dasar Negeri 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Dani, A. R., & Nurlizawati, N. (2023). Adaptasi guru sosiologi sekolah penggerak di Kota Padang terhadap Kurikulum Merdeka. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 140-147.

Divan, S., & Adam, G. (2023). Persepsi Guru di Gugus Langke Rembong Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1580-1596.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudrisktek

Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al 198 Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886-893.

Marlina, T. (2022, June). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 67-72).

Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum merdeka: transformasi pembelajaran yang relevan, sederhana, dan fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78-84

Salwihas, U., Jannah, I., Sundari, S., & Witriani, W. (2024). Analisis Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun Modul Ajar di SD Negeri 15 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 12(2), 122-129.

Saputra, Dendi Wijaya, and Muhamad Sofian Hadi. 2022. "Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka." HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD 6: 28-33.

Sekar Ningrum, I. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI KALIKONDANG 1 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Siagian, Margaretha Cahyani (2024) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Elemen Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Kelas IV di SD Kanisius Gayam 1 Yogyakarta. Skripsi thesis,Sanata Dharma University.

Sudirjo, E. (2016). Peranan Lulusan Progsam S-1 Pendidikan Guru SD Dalam Peningkatan Mutu Guru Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUALITATIF.

Syaripudin, S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178-184.

Downloads

Published

2025-07-09