Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ix Smp Negeri 9 Kei Besar Pada Materi Listrik Dinamis Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think, Pair, And Share Berbantuan Media PheT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27281Keywords:
Think, Pair and Share, Dynamic Electricity, PhET mediaAbstract
This study aims to determine the achievement of learning outcomes of 9th grade students of SMP Negeri 9 Kei Besar on dynamic electricity material using the cooperative learning model of Think, Pair and Share type with the help of PhET media. the subjects of this study were 9th grade students of SMP Negeri 9 Kei Besar totaling 30 students. The results showed that the achievement of students' learning outcomes in dynamic electricity material before using the Think, Pair and Share type cooperative learning model assisted by PhET media was in failing qualifications with an average achievement score obtained of 32, 82, after learning by using the Think, Pair and Share type cooperative learning model assisted by PhET media experienced a good improvement. This can be seen from the average achievement score of the final score of students 82.91 which is in good qualification. Thus it can be concluded that using the cooperative learning model of Think, Pair and Share type assisted by PhET media can help students of class IX SMP Negeri 9 Kei Besar in achieving better learning outcomes on Dynamic Electricity material.Downloads
References
Annisa, R., Subali, B., & Heryanto, W.
P. (2018). Peningkatan daya
ingat dan hasil belajar siswa
dengan mind mapping method
pada materi listrik dinamis. JP
(Jurnal Pendidikan): Teori dan
Praktik, 3(1), 19-23.
Arends, R. 2008. Learning to Teach (
Belajar Untuk Mengajar).
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2010). Prosedur
Penelitian :Suatu Pendekatan
Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta:
PT Rineka Cipta. ASMAUL,
Khusna. Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair and Share (TPS)
untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPA Siswa Kelas V MI
Raudlatut Tholabah Kranding
Mojo Kediri. 2015.Assyafi’i, Arif Fadholi Wahid. 2009.
Kelebihan Dan Kekurangan
TPS. Dimyati dan Mudjiono.
2019. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta. DKK, K. (2019).
Pembelajaran Kooperatif tipe
Think, Pair, and Share, 22.
Hamalik, S. d. (2013). Pencapaian
hasil belajar. Hasil Belajar , 24.
Ibrahim. (2013). pembelajaran.
PeningkatananHasil Belajar,
11.
Indrajit, D. 2009. Mudah dan Aktif
Belajar Fisika Untuk Kelas X.
Jakarta: Setia Purna Inves.
Indrajit, D. 2009. Mudah dan Aktif
Belajar Fisika Untuk Kelas X.
Jakarta: Setia Purna Inves.
Joyce, B. Weil,. Calhoun, E. 2009.
Model-Model Pengajaran
(edisi ke-8, cetakan ke-1).
Diterjemahkan oleh Achmad
Fuwaid dan Ateila Mirza.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jurnal Pendidikan Fisika.2018.
Kainginan, M. 2016. Fisika SMA
Untuk kelas X.
Kanginan, Marthen, IPA Fisika 3
untuk SMP KELAS IX, Jakarta:
Erlangga, 2002. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan,
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Untuk SMP/MTs KELAS IX,
Jakarta: Pusat Kurikulum dan
78 Perbukuan, Balitbang,
Kemdikbud, 2015. Prasodjo,
Budi, dkk., Fisika 3 SMP
KELAS IX, Bandung:
Yudhistira, 2010
Kemendikbud. 2013. Model-Model
Pembelajaran Penemuan
(Discovery Learning).
Kemendikbud. 2013. Model-Model
Pembelajaran Penemuan
(Discovery Learning). Jurnal
Pendidikan
Materi Persamaan Garis Lurus kelas
VIII SMP Muhammadiyah 2
Malang (Doctoral dissertation,
University of Muhammadiyah
Malang).
Megawati. (2015). Belajar dan
Pembelajaran. Pembelajaran,
27.
Novita, R. (2014). Model
Pembelajaran. Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Pagunanto, Joko Sefan, 2010.
Penggunaan Alat Peraga Mutu
Board Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar IPA-Fisika Pada
Siswa Kelas VII Di SMP
Negeri 5 Demak Tahun
Pelajaran 2008/2009. JP2F,
Volume 1 Nomor 1 April 2010.
Pengembangan Lembaga
Pendidikan Tenaga
Kependidikan Dirjen Dikti.
Puganto. (2016). pembelajaran .
pembelajaran fisika, 68.
Pujianto, Fisika Untuk
SMA/MA Kelas X Peminatan,
Matematika dan Ilmu-Ilmu
Alam.
Rahayu, S. 2010. Pengembangan
Model Pembelajaran Advance
Organizer Untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Inovasi
Pendidikan Kimia. Vol. 4 Hal.
497-505.
Rizaldi, Dedi Riyan, A. Wahab Jufri,
dan Jamal. 2020. PhET:
Simulasi Interaktif Dalam
Proses Pembelajaran Fisika.
Jurnal Ilmiah Profesi
Pendidikan. Universitas
Matram.
Sadjana, N. (2014). Pencapaian Hasil
Belajar. 54. Sari, E. N. (2014).
Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
TPS (Think Pair Share)
Dengan Media BerbasisWebsite Untuk Meningkatkan
Motivasi dan Hasil Belajar
Biologi (Siswa Kelas XC di
SMAN 2 TanggulJember
Tahun Pelajaran 2012/2013).
Sari, N. W., & Samawi, A. (2014).
Pengaruh penggunaan media
animasi terhadap hasil belajar
IPA siswa slow learner. Jurnal
Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan Luar Biasa, 1(2),
140-144.
Sarwono. (2014). Langkah-Langkah
model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair and
Share, 44. Sudarman. (2017).
model Pembelajaran
Kooperatif tipe Think, Pair and
Share, 52.
Supardi. (2014). Media
Pembelajaran. Perkembangan
media pembelajaran, 65.
Think, Pair And Share, 131-
132. Trianto. (2014). Model
Pembelajaran. Kooperatif tipe
Think Pair and Share, 2.
Triwulandari, D., Wati, M., & M., A. S.
(2017). Perbedaan Hasil
Belajar Siswa Antara
Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair Share Dengan
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan
Media Gambar Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Dalam Pembelajaran
IPA. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK), 2(1), 104-
109.
Wahyuningati, A. (2015). Penerapan
Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair
Share pada Materi Persamaan
Garis Lurus.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.