Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ix Smp Negeri 9 Kei Besar Pada Materi Listrik Dinamis Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think, Pair, And Share Berbantuan Media PheT

Authors

  • Gratsio Theofano Rumteh Universitas Pattimura
  • S. Malawau, S.Pd., M.Pd Universitas Pattimura
  • A. N Latupeiriss S. Pd.,M.Sc Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27281

Keywords:

Think, Pair and Share, Dynamic Electricity, PhET media

Abstract

This study aims to determine the achievement of learning outcomes of 9th grade students of SMP Negeri 9 Kei Besar on dynamic electricity material using the cooperative learning model of Think, Pair and Share type with the help of PhET media. the subjects of this study were 9th grade students of SMP Negeri 9 Kei Besar totaling 30 students. The results showed that the achievement of students' learning outcomes in dynamic electricity material before using the Think, Pair and Share type cooperative learning model assisted by PhET media was in failing qualifications with an average achievement score obtained of 32, 82, after learning by using the Think, Pair and Share type cooperative learning model assisted by PhET media experienced a good improvement. This can be seen from the average achievement score of the final score of students 82.91 which is in good qualification. Thus it can be concluded that using the cooperative learning model of Think, Pair and Share type assisted by PhET media can help students of class IX SMP Negeri 9 Kei Besar in achieving better learning outcomes on Dynamic Electricity material.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, R., Subali, B., & Heryanto, W.

P. (2018). Peningkatan daya

ingat dan hasil belajar siswa

dengan mind mapping method

pada materi listrik dinamis. JP

(Jurnal Pendidikan): Teori dan

Praktik, 3(1), 19-23.

Arends, R. 2008. Learning to Teach (

Belajar Untuk Mengajar).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2010). Prosedur

Penelitian :Suatu Pendekatan

Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta:

PT Rineka Cipta. ASMAUL,

Khusna. Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Think Pair and Share (TPS)

untuk Meningkatkan Hasil

Belajar IPA Siswa Kelas V MI

Raudlatut Tholabah Kranding

Mojo Kediri. 2015.Assyafi’i, Arif Fadholi Wahid. 2009.

Kelebihan Dan Kekurangan

TPS. Dimyati dan Mudjiono.

2019. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta. DKK, K. (2019).

Pembelajaran Kooperatif tipe

Think, Pair, and Share, 22.

Hamalik, S. d. (2013). Pencapaian

hasil belajar. Hasil Belajar , 24.

Ibrahim. (2013). pembelajaran.

PeningkatananHasil Belajar,

11.

Indrajit, D. 2009. Mudah dan Aktif

Belajar Fisika Untuk Kelas X.

Jakarta: Setia Purna Inves.

Indrajit, D. 2009. Mudah dan Aktif

Belajar Fisika Untuk Kelas X.

Jakarta: Setia Purna Inves.

Joyce, B. Weil,. Calhoun, E. 2009.

Model-Model Pengajaran

(edisi ke-8, cetakan ke-1).

Diterjemahkan oleh Achmad

Fuwaid dan Ateila Mirza.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jurnal Pendidikan Fisika.2018.

Kainginan, M. 2016. Fisika SMA

Untuk kelas X.

Kanginan, Marthen, IPA Fisika 3

untuk SMP KELAS IX, Jakarta:

Erlangga, 2002. Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan,

ILMU PENGETAHUAN ALAM

Untuk SMP/MTs KELAS IX,

Jakarta: Pusat Kurikulum dan

78 Perbukuan, Balitbang,

Kemdikbud, 2015. Prasodjo,

Budi, dkk., Fisika 3 SMP

KELAS IX, Bandung:

Yudhistira, 2010

Kemendikbud. 2013. Model-Model

Pembelajaran Penemuan

(Discovery Learning).

Kemendikbud. 2013. Model-Model

Pembelajaran Penemuan

(Discovery Learning). Jurnal

Pendidikan

Materi Persamaan Garis Lurus kelas

VIII SMP Muhammadiyah 2

Malang (Doctoral dissertation,

University of Muhammadiyah

Malang).

Megawati. (2015). Belajar dan

Pembelajaran. Pembelajaran,

27.

Novita, R. (2014). Model

Pembelajaran. Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Pagunanto, Joko Sefan, 2010.

Penggunaan Alat Peraga Mutu

Board Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar IPA-Fisika Pada

Siswa Kelas VII Di SMP

Negeri 5 Demak Tahun

Pelajaran 2008/2009. JP2F,

Volume 1 Nomor 1 April 2010.

Pengembangan Lembaga

Pendidikan Tenaga

Kependidikan Dirjen Dikti.

Puganto. (2016). pembelajaran .

pembelajaran fisika, 68.

Pujianto, Fisika Untuk

SMA/MA Kelas X Peminatan,

Matematika dan Ilmu-Ilmu

Alam.

Rahayu, S. 2010. Pengembangan

Model Pembelajaran Advance

Organizer Untuk Meningkatkan

Aktivitas dan Hasil Belajar

Siswa. Jurnal Inovasi

Pendidikan Kimia. Vol. 4 Hal.

497-505.

Rizaldi, Dedi Riyan, A. Wahab Jufri,

dan Jamal. 2020. PhET:

Simulasi Interaktif Dalam

Proses Pembelajaran Fisika.

Jurnal Ilmiah Profesi

Pendidikan. Universitas

Matram.

Sadjana, N. (2014). Pencapaian Hasil

Belajar. 54. Sari, E. N. (2014).

Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

TPS (Think Pair Share)

Dengan Media BerbasisWebsite Untuk Meningkatkan

Motivasi dan Hasil Belajar

Biologi (Siswa Kelas XC di

SMAN 2 TanggulJember

Tahun Pelajaran 2012/2013).

Sari, N. W., & Samawi, A. (2014).

Pengaruh penggunaan media

animasi terhadap hasil belajar

IPA siswa slow learner. Jurnal

Penelitian dan Pengembangan

Pendidikan Luar Biasa, 1(2),

140-144.

Sarwono. (2014). Langkah-Langkah

model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Think Pair and

Share, 44. Sudarman. (2017).

model Pembelajaran

Kooperatif tipe Think, Pair and

Share, 52.

Supardi. (2014). Media

Pembelajaran. Perkembangan

media pembelajaran, 65.

Think, Pair And Share, 131-

132. Trianto. (2014). Model

Pembelajaran. Kooperatif tipe

Think Pair and Share, 2.

Triwulandari, D., Wati, M., & M., A. S.

(2017). Perbedaan Hasil

Belajar Siswa Antara

Menggunakan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Think Pair Share Dengan

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan

Media Gambar Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Dalam Pembelajaran

IPA. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 2(1), 104-

109.

Wahyuningati, A. (2015). Penerapan

Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Think Pair

Share pada Materi Persamaan

Garis Lurus.

Downloads

Published

2025-08-15