PENGEMBANGAN E-LKPD MATEMATIKA BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.27320Keywords:
E-LKPD, Liveworksheet, Bangun Datar, Pembelajaran InteraktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang dikenal sebagai E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) yang menggunakan liveworksheet, dengan fokus pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD. Latar belakang dari penelitian ini berakar dari rendahnya minat dan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika yang disebabkan oleh penggunaan bahan ajar konvensional yang kurang interaktif. Metodologi yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). E-LKPD yang dihasilkan telah melalui proses validasi oleh para ahli dalam materi, media, dan para pendidik serta dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Hasil dari percobaan yang dilakukan pada peserta didik menunjukkan, terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 27%, dengan tanggapan positif terhadap aspek tampilan, konten, dan interaktivitas. Oleh karena itu, E-LKPD berbasis liveworksheet telah terbukti efektif dalam memperbaiki pemahaman mengenai konsep bangun datar dan juga meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktifDownloads
References
Ariel Edwar, L. S. (2024). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2),126,138.https://doi.org/10.24176/anargya.v7i2.13222
Ginting, R. T. B., & Manjani, N. (t.t.). Pengembangan dan Implementasi E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 060853 Medan.
Maghfiroh, L., & Suryani, I. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD. 06(01).
Sopiana, E., Atiaturrahmaniah, A., & Hakim, A. R. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Journal on Education, 6(1), 7971–7986. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4209
Triyani, R., Pamungkas, A. S., & Santosa, C. A. H. F. (2024). Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 34–52. https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.777
Kholfadina, K. (2022). Penggunaan Educandy dan Dampaknya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 259-265.
Abidin, Y., Aljamaliah, S. N. M., Rakhmayanti, F., & Anggraeni, D. (2022). Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Educandy di kelas V SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1230- 12426.
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 439-448
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.