RANCANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DI SD KATOLIK SANTO ALOYSIUS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27327Keywords:
Strategi Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Kondusif, Guru Sekolah Dasar, Pembelajaran Inklusif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pembelajaran yang efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SD Katolik Santo Aloysius. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terhadap guru-guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif meliputi keberagaman karakteristik siswa, perilaku yang sulit dikendalikan, serta keberadaan anak berkebutuhan khusus (ABK). Strategi yang dirancang mencakup pembelajaran berdiferensiasi, pendekatan inklusif, serta penggunaan metode dan media pembelajaran yang relevan. Selain itu, dukungan dari sekolah, supervisi pendidikan, serta hubungan kolaboratif antara guru, siswa, dan orang tua turut menjadi faktor pendukung yang signifikan. Diharapkan strategi ini mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan motivasi siswa, serta mewujudkan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inklusif.Downloads
References
Aditia H. R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School, Hal 297-302
Anggraini, E. S., Damayanti, N. A., Fauziah, F. S., Ilmaknun, L., Mahya, V. A., & Lubis, P. (2023). Pentingnya penataan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7533–7536.
Arinti. (2017. Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Jurnal Kependidikan. Vol 11, No.1
Bagus P. S., Irvan M., Puspa D. D. (2018). Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus.Abadimas Adi Buana. Vol. 02, No.1. Hal.11-19
Dini A. H., Nurul T. A., Indra D. S. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Jurnal Education Vol. 2, No. 1. Hal 41-51
Inda D.V.P., Anneke D. R., Naibaho L. (2023). Supervisi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol., no 1. Hal.5463-5474.
Iskandar S., dkk (2024). Peran Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Positif di Kelas. Jurnal Pendidikan Tembusai. Vol. 2, No, 8. Hal.25762-25770
Junaidi (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Vol 3. No 1. Hal.45-56
Juhji (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Hal. 52-61.
Kadri (2018). Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran.Bidaya: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol 9, no. 1. Hal 39-48
Kamsinah (2023). Penerapan Lingkungan Belajar yang kondusif Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V di SDN No.84 Pattinoang. Makalah FKIP PGSD Universitas Megarezky
Latief. E. (2023). Peranan Pentingnya Lingkungan Belajar Bagi Anak. Jurnal Pendidikan. Vol 7, no 2. Hal. 61-66
Ma’rifah S. S. (2018). Telaah Teoritis: Apa itu Belajar. Jurnal Helper, Vol 31 No 1
Mubarok H. & Apriani N. (2021). Pelaksanaan Pendekatan Individual Dalam Pembelajaran PAIdi SD Negeri 117874 Kotapinang. Jurnal Of Islamic Education. Hal 37-41
Maulana, A. S. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Efektif yang Berpusat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 35-36. Politeknik Pratama. https://journal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Pendekar/article/view/539
Murdiyanto E. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Yogyakarta Press
Meliana, I. A., & Marsofiyati. (2024). Peran strategi pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2),188–199. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.352
Novianti R. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembeng. Jurnal PAI Raden Fatah. Vol 1, No 1.hal. 3
Pramai Y. S., Mustika D. (2023). Sarana Prasarana, Media Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education. Vol 9, no 4, hal.2173-2179
Rohmah, W. M., Meliana, M., & Ayu, E. D. (2024). Strategi efektif dalam membangun lingkungan belajar yang sukses melalui pengelolaan disiplin kelas / Effective strategies in building a successful learning environment through classroom discipline management. IJELAC: Indonesian Journal of Education, Language, and Cognition, 1(1), 55-67. https://edujavare.com/index.php/Ijelac
Setiawan H., Mudjiran (2022). Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Ploklamator. vol. 10, No. 2. Hal. 161-167
Taliawo O. (2019). Hubungan Kerja Sama Tara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri Satu Atap 1 Desa Buo Loloda Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara. Vol 12. No.4. Hal. 1-19
Zahro, N. H., Megawati, R., Suparti, S., Murtiyasa, B., & Setyaningsih, N. (2025). Pengaruh lingkungan kelas terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas II SDIT Iqro’ Nogosari. Elementary School, 12(1), 240– https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4395
Zein M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Vol. V, no 2. Hal. 274-285
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.