PENGARUH MEDIA GAMBAR POSTER TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPAS DI UPTD SDN TENGKET 2 AROSBAYA

Authors

  • Yudha Dwi Permana STKIP PGRI Bangkalan
  • Yunita Haryani STKIP PGRI Bangkalan

Keywords:

Media Poster Gambar, Kemandirian, Pemahaman

Abstract

Pendidikan adalah pemahaman, kemampuan, dan upaya sadar untuk menciptakan lingkungan dan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar poster terhadap pemahaman dan kemandirian siswa kelas III pada mata pelajaran IPAS di UPTD SDN Tengket 2 Arosbaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif statistik. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-test dan post-test design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media gambar poster terhadap pemahaman dan kemandirian siswa dengan memperoleh nilai yang sig 0,00 < 0,05 dari hasil uji pairet sample T-test menggunakan IBM.SPSS. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Gambar poster terhadap Pemahaman dan Kemandirian siswa kelas III pada Mata Pelajaran IPAS Di UPTD SDN Tengket 2 Arosbaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, P., Anomeisa, A. B., & Ndori, V.

H. (2023). Pengaruh

Penggunaan Multimedia

Pembelajaran Interaktif Quizizz

Terhadap Kemandirian Belajar

Peserta Didik pada Materi

Persamaan Lingkaran. Jurnal

Penelitian Inovatif, 3(2), 415–

422.

https://doi.org/10.54082/jupin.17

9

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019).

Pentingnya Pemahaman Konsep

Untuk Mengatasi Miskonsepsi

Dalam Materi Belajar IPA di

Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–

136.

ttp://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i

1.2 553

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya,

N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan,

U. (2023). Pengertian Media,

Tujuan, Fungsi, Manfaat dan

Urgensi Media Pembelajaran.

Journal of Student Research

(JSR), 1(2), 1–17.

Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana,

H. (2021). Kemandirian Belajar

Siswa Melalui Pembelajaran

Kooperatif TPSq. Jurnal Absis :

Jurnal Pendidikan Matematika

Dan Matematika, 3(2), 286–296.

https://doi.org/10.30606/absis.v3i

2.645

Habib, M., & Rajagukguk, K. P.

(2022). Pengaruh Pemanfaatan

Media Poster Terhadap Prilaku

Siswa Dalam Menjaga

Kebersihan Lingkungan Sekolah

Dasar. Jurnal Sintaksis:

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

IPA, IPS Dan Bahasa Inggris,

4(1), 1–10.

Muhammad Rahmattullah. (2019).

Pengaruh Pemanfaatan Media

Pembelajaran Film Animasi

Terhadap Hasil Belajar. Journal

of Chemical Information and

Modeling, 53(9), 8–24.

Nurfadilah, S., & Lukman Hakim, D.

(2019). Kemandirian Belajar

Siswa Dalam Proses

Pembelajaran Matematika.

Prosiding Seminar Nasional

Matematika Dan Pendidikan

Matematika Sesiomadika 2019,

1214–1222.

Nurjannah, & Siregar, R. (2022).

Pengembangan Media

Pembelajaran Poster 3 Dimensi

Berbasis Pendekatan. Jurnal

Penelitian Pendidikan, 01(03),

258–271.

Rahmawati, R., Sesrita, A., & Kholik,

A. (2024). Pengaruh Media

Poster Origami Terhadap Minat

Dan Hasil Belajar Pada

Pelajaran IPA. Jurnal Pengajaran

Sekolah Dasar, 3(1), 105–116.

https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1

.732

Sugiyono, D. (2013). Metode

Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan Tindakan.

Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D.

(2020). Kesulitan membaca

pemahaman siswa SD. Prosiding

Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78–

85.

http://prosiding.unipma.ac.id/inde

x.php/KID

Ummu, L., & Yunita, H. (2024).Pengaruh Media Poster

Terhadap Hasil Belajar Materi

Ipa Siswa Kelas Iii Di Uptd Sdn

Pamorah. Tjyybjb.Ac.Cn, 09(2),

635–637.

Vidigdo Trianto, Endang Sri Mujiwati,

B. A. M. (2022). Pengembangan

Media Poster untuk Materi

Sumber dan Bentuk Energi

Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4

Kota Kediri. Al-Irsyad, 4, 1559.

https://core.ac.uk/download/pdf/3

22599509.pdf

Walangadi, H., & Pratama, W. P.

(2020). Meningkatkan

Pemahaman Belajar Siswa

Menggunakan Media Video

Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu

Pendidikan Nonformal, 4(3),

201–208.

Yaumi, M. (2017). View metadata,

citation and similar papers at

core.ac.uk. 1–21.

Yustina, A., & Khosiyono, B. H. C.

(2023). Pengaruh Media

Pembelajaran Quizizz terhadap

Motivasi Belajar Siswa Kelas VI

SD. Jurnal Pendidikan Dasar

Flobamorata, 4(2), 593–598.

https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.

977

Downloads

Published

2025-07-09