PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF KANOPER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS IV

Authors

  • Dimas Pandan Agung Universitas PGRI Palembang
  • Achmad Wahidy Universitas PGRI Palembang
  • Muhsana El Cintami Lanos Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27391

Keywords:

ADDIE, KANOPER, Mathematics, Multiplication

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media inovatif KANOPER pada pembelajaran matematika materi perkalian yang menjadi sebuah produk yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) identik dengan pengembangan sistem pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media inovatif KANOPER yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat valid. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan didapat dari kedua hasil validasi media dan materi. Skor yang diperoleh secara berurut yaitu 96,92% dan 85,45%. Selanjutnya media inovatif KANOPER yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis, memperoleh nilai kepraktisan rata rata 89,71% dari respon siswa dan diperkuat dengan respon guru memperoleh nilai kepraktisan sebesar 89,28%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media inovatif KANOPER pada pembelajaran matematika materi perkalian dapat digunakan untuk media pembelajaran siswa Sekolah Dasar. Kata Kunci: ADDIE, KANOPER, Matematika, Perkalian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoro, B., Amelia, M. M., Hakim, L.,

& Rozi, F. (2023). Inovasi Media

Pembelajaran Matematika

Menggunakan Puzzle untuk

Meningkatkan Minat Belajar

Siswa SDN 064024 Medan.

Madaniya, 4(1), 399–404.

https://madaniya.pustaka.my.id/j

ournals/contents/article/view/372

Aprilasari, R., & Diana, P. Z. (2024).

Evaluasi kelayakan gamifikasi

dalam membangun minat siswa

pada teks cerita rakyat. Jurnal

Genre (Bahasa, Sastra, Dan

Pembelajarannya), 6(1), 192–

207.

https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.9

895

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution,

S. A. (2022). Pengembangan

media uno math untuk mengukur

pemahaman konsep luas bangun

datar. Jurnal All Fields of

Science J-LAS, 2(1), 209–217.

http://j-

las.lemkomindo.org/index.php/A

FOSJ-LAS

Harlin, M. D., & Arini, N. W. (2023).

Pengembangan Media Kartu

UNO pada Materi Satuan Berat

di Kelas IV Sekolah Dasar.

Jurnal Cendekia : Jurnal

Pendidikan Matematika, 7(3),

3027–3038.

https://doi.org/10.31004/cendekia

.v7i3.2731

Nurbaity, B. A., Pramadi, R. A., &

Paujiah, E. (2023). Penggunaan

Media Permainan Kartu UNO

dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Kognitif Siswa pada

Materi Sistem Imun. Jurnal

Edukasi, 1(1), 139–145.

https://doi.org/10.60132/edu.v1i1

Downloads

Published

2025-06-28