PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF KANOPER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27391Keywords:
ADDIE, KANOPER, Mathematics, MultiplicationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media inovatif KANOPER pada pembelajaran matematika materi perkalian yang menjadi sebuah produk yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) identik dengan pengembangan sistem pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media inovatif KANOPER yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat valid. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan didapat dari kedua hasil validasi media dan materi. Skor yang diperoleh secara berurut yaitu 96,92% dan 85,45%. Selanjutnya media inovatif KANOPER yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis, memperoleh nilai kepraktisan rata rata 89,71% dari respon siswa dan diperkuat dengan respon guru memperoleh nilai kepraktisan sebesar 89,28%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media inovatif KANOPER pada pembelajaran matematika materi perkalian dapat digunakan untuk media pembelajaran siswa Sekolah Dasar. Kata Kunci: ADDIE, KANOPER, Matematika, PerkalianDownloads
References
Antoro, B., Amelia, M. M., Hakim, L.,
& Rozi, F. (2023). Inovasi Media
Pembelajaran Matematika
Menggunakan Puzzle untuk
Meningkatkan Minat Belajar
Siswa SDN 064024 Medan.
Madaniya, 4(1), 399–404.
https://madaniya.pustaka.my.id/j
ournals/contents/article/view/372
Aprilasari, R., & Diana, P. Z. (2024).
Evaluasi kelayakan gamifikasi
dalam membangun minat siswa
pada teks cerita rakyat. Jurnal
Genre (Bahasa, Sastra, Dan
Pembelajarannya), 6(1), 192–
207.
https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.9
895
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution,
S. A. (2022). Pengembangan
media uno math untuk mengukur
pemahaman konsep luas bangun
datar. Jurnal All Fields of
Science J-LAS, 2(1), 209–217.
http://j-
las.lemkomindo.org/index.php/A
FOSJ-LAS
Harlin, M. D., & Arini, N. W. (2023).
Pengembangan Media Kartu
UNO pada Materi Satuan Berat
di Kelas IV Sekolah Dasar.
Jurnal Cendekia : Jurnal
Pendidikan Matematika, 7(3),
3027–3038.
https://doi.org/10.31004/cendekia
.v7i3.2731
Nurbaity, B. A., Pramadi, R. A., &
Paujiah, E. (2023). Penggunaan
Media Permainan Kartu UNO
dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Kognitif Siswa pada
Materi Sistem Imun. Jurnal
Edukasi, 1(1), 139–145.
https://doi.org/10.60132/edu.v1i1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.