Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 68 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27411Keywords:
wordwall learning media, learning outcomes, mathematicsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar matematika pada kelas V SD Negeri 68 Palembang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experimental design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 68 Palembang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VC sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen digunakan untuk mengukur hasil belajar menggunakan soal pretest dan posttest. Uji validitas instrument dengan uji validitas product moment dan uji reabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta menggunakan uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test. Hail dari penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 68 Palembang yang dapat dilihat dari uji hipotesis berupa nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan thitung 4.463 > 2.018 yang artinya Ho dan Ha diterimaDownloads
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal Of Intellectual Publication (IJI Publication), 1(3), 189-197.
Karso. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. JIPG : Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1-6.
Naibaho, J. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 106836 Limau Manis T.A 2021/2022. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan.
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022, Agustus 14). Penggaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI : Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 7(1), 140-147.
Ovan, S. M. (2022). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: KENCANA.
Pristiwanti, D., badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911-7915.
Putri, E. E., Saleh, N., & Jufri. (2021). Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Phonologie : Journal Of Language And Literatur, 2(1), 54-61.
Rosalia, Rasmuin, & Jais, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Baadia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(2), 76-81.
Saadjad, D. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Melalui Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MTS Negeri 1 Luwuk. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 63-72.
SK BSKAP No 032/H/KR/2024. (2024). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.
Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.
Ulandari, P., Kesumawati, N., & Nurhasana, P. D. (2023, September). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Berbasis Permainan Wordwall Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Di SDN 17 Prabumulih. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 7(5), 1101-1111.
Undang - Undang Dasar Republik Indonesia. (1945). BAB XIII Tentang Pendidikan Pasal 31 Ayat 1 - 2. Jakarta.
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.