STRATEGI PENGELOLAAN BEBAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN SISWA DISLEKSIA SEKOLAH DASAR DI ABAD KE-21: SCOPING REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27425Keywords:
Beban Kognitif, Disleksia, Siswa Sekolah DasarAbstract
Scoping review ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran yang dapat membantu mengurangi beban kognitif pada siswa sekolah dasar dengan disleksia. Kesulitan dalam membaca dan menulis yang dialami siswa disleksia seringkali dipicu oleh tekanan kognitif yang tinggi, baik dari kompleksitas materi maupun dari cara penyajian informasi yang tidak sesuai dengan kapasitas pemrosesan mereka. Beban kognitif yang berlebihan tidak hanya membuat proses belajar terasa berat, tetapi juga dapat menurunkan motivasi dan kepercayaan diri siswa. Scoping review ini menelusuri artikel dari jurnal akses terbuka melalui Google Scholar sejak tahun 2000, dengan fokus pada studi yang menyebutkan secara eksplisit populasi anak usia sekolah dasar dan pendekatan pengurangan beban belajar. Enam studi yang memenuhi kriteria dianalisis secara tematik. Hasil scoping review menunjukkan bahwa penggunaan media audio dan pendekatan multimodal seperti narasi atau kombinasi teks dengan suara dapat meningkatkan efisiensi belajar dan meringankan beban visual. Font EasyReading™ juga terbukti membantu meningkatkan akurasi dan kecepatan membaca, bahkan, sebagian besar anak dengan disleksia menunjukkan performa membaca yang tidak lagi memenuhi kriteria diagnostik saat menggunakan font tersebut, meskipun tidak semua jenis font menunjukkan hasil serupa. Pelatihan memori kerja, baik fonologis maupun visuo-spasial, memiliki dampak positif terhadap kesadaran fonologis, ortografis, serta kelancaran membaca siswa. Selain itu, pendekatan kreatif seperti digital storytelling terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan, partisipasi aktif, dan rasa percaya diri siswa. Secara keseluruhan, strategi-strategi ini menegaskan pentingnya menggabungkan pendekatan multimodal, teknologi digital, serta latihan kognitif berbasis kekuatan siswa untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inklusif dan tidak membebani, khususnya dalam pendidikan abad ke-21.Downloads
References
Arumsari, C., Jap, B. A., Tiatri, S., & Jap, T. (2019). Factors Predicting Reading in Indonesian Adolescents. Makara Human Behavior Studies in Asia, 23(1), 34-45. https://doi.org/10.7454/hubs.asia.1110119
Bachmann, C., & Mengheri, L. (2018). Dyslexia and fonts: Is a specific font useful? Brain Sciences, 8(5), 89. https://doi.org/10.3390/brainsci8050089
Dewi, T. T., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2020). Peran Pengetahuan Awal tentang Anak Berkebutuhan Khusus Dan Efikasi guru Terhadap Sikap guru Pada Pendidikan inklusif. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(2), 304–314. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i2.2972.2021
Irene, J., Mar’at, S., & Tiatri, S. (2020). Faktor Yang Memengaruhi Ekspresi emosi Anak Dengan Indikasi disleksia Yang Menjalani Terapi Seni Ekspresif. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(1), 108–118. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i1.7541.2020
Jap, T., & Tiatri, S. (2024). Cross-disciplinary curricula in Bachelor of Information Systems Education: A case study in Indonesia. In Hwang, M. I (Eds.), Teaching Information Systems. (pp. 68–86). Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781802205794.00010
Jap, B. J., & Tiatri, S. (2025). Dyslexia in Indonesia. In Elbeheri, G, Reid, G, Fawcett, A (Eds.), Dyslexia in Many Languages. (pp.123–133). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003408277
Knoop-van Campen, C. A. N., Segers, E., & Verhoeven, L. (2018). The modality and redundancy effects in multimedia learning in children with dyslexia. Dyslexia (Chichester, England), 24(2), 140–155. https://doi.org/10.1002/dys.1585.
Kritsotaki, K., Castro–Kemp, S., & Kamenopoulou, L. (2024). Digital Storytelling: An educational approach for enhancing dyslexic children’s writing skills, critical and cultural learning. Journal of Research in Special Educational Needs, 25(2), 289–311. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12722
Luo, Y., Wang, J., Wu, H., Zhu, D., & Zhang, Y. (2013). Working-memory training improves developmental dyslexia in Chinese children. Neural regeneration research, 8(5), 452–460. https://doi.org/10.3969/j.issn.1673-5374.2013.05.009
Le Cunff, A. L., Giampietro, V., & Dommett, E. (2024). Neurodiversity and cognitive load in online learning: A focus group study. PloS one, 19(4), e0301932. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0301932
Mokmin, N.A.M., Rassy, R.P. & Yie, D.L. (2025). Evaluating augmented reality in physical education for dyslexic students from the perspectives of teachers and students. Sci Rep 15, 7682. https://doi.org/10.1038/s41598-025-92533-4
Putra, A. S., Tiatri, S., & Sutikno, N. (2017). Peningkatan kapasitas working memory melalui Permainan congklak pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(1), 18. https://doi.org/10.22146/jpsi.21984
Retaminingrum, A. N., Tiatri, S., & Patmonodewo, S. (2019). Peran membaca Awal Terhadap pemahaman Bacaan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 333–338. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i2.6017
Sanoe, B. C., Tiatri, S., & Patmonodewo, S. (2019). Efektivitas pelatihan bunyi huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal siswa Sekolah Dasar. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 440–448. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i2.6022
Tiatri, S., Beng, J. T., Fiscarina, C., & Dinata, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi efektivitas Pengajaran Membangun model mental bacaan Bagi guru Sekolah Dasar. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 261–268. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.11348.2021
Wery, J. J., & Diliberto, J. A. (2017). The effect of a specialized dyslexia font, OpenDyslexic, on reading rate and accuracy. Annals of dyslexia, 67(2), 114–127. https://doi.org/10.1007/s11881-016-0127-1
Yang, J., Peng, J., Zhang, D., Zheng, L., & Mo, L. (2017). Specific effects of working memory training on the reading skills of Chinese children with developmental dyslexia. PLOS ONE, 12(11). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0186114
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.