KAJIAN TEORITIS: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DI PESANTREN
Keywords:
Pesantren, Pendidikan Islam ModeratAbstract
Indonesia memiliki karakter yang sangat memenuhi untuk disebut sebagai negara plural. Pluralitas di Indosensia di satu sisi sebagai kekayaan bangsa, namun di sisi lain dapat menjadi salah satu pemicu konflik. Salah bentuk satu pluralitas di Indonesia adalah pluralitas agama dengan meyoritas bangsa Indonesia memeluk agama Islam. Sebagai mayoritas tentunya umat Islam di Indonesia diharapkan dapat menjadi pioneer dalam upaya membentuk kerukunan antar umat beragama sebagaimana semangat dalam piagam madinah. Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang sangat strategis dalam upaya mecetak generasi Islam inklusif melalui implementasi pendidikan Islam moderat di dalamnya. Mini reseach ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library reserch. Penelitian ini menghasilkan deskripsi teoritis implementasi pendidikan Islam moderat di pesantren melalui empat strategi yaitu pertama menyisipkan (insersi) muatan moderasi dalam setiap materi yang relevan, kedua mengoptimalkan pendekaatan-pendekatan pembelajaran yang dapat melahirkan cara berfikir kritis, bersikap menghargai perbedaan, menghargai pendapat orang lain, toleran, demokratis, berani menyampaikan gagasan, sportif dan bertanggung jawab, ketiga menyelenggarakan program, pendidikan, pelatihan dan pembekalan tertentu dengan tema khusus tentang moderasi beragama, dan keempat menjangkau aspek evaluasi.Downloads
References
Amrulloh, Moch Bachrurrosyady. “THE PARADIGM OF MULTICULTURALISM AS FONDATION OF ISLAMIC CURRICULUMDEVELOPMENT IN REALIZING
PEACE AMONG PLURAL SOCIETY.” In International Conference on" Islam Nusantara, National Integrity, and World Peace" 2018, 2018.
Anam, Saeful. “Karakteristik Dan Sistem Pendidikan Islam: Mengenal Sejarah Pesantren, Surau Dan Meunasah Di Indonesia.” JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 1, no. 1 (2017): 146–167.
Azra, Azyumardi. Merawat Kemajemukan, Merawat Indonesia. Institute for Multiculturalism and Pluralism Studies (Impulse), 2007.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Lp3es, 1982.
Indonesia.go.id. “Suku Bangsa.” Indonesia.Go.Id. Last modified 2017. Accessed November 9, 2023. https://indonesia.go.id/profil/suku-bangsa/kebudayaan/suku- bangsa.
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA. Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. Cetakan Pe. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.
Kementerian Agama RI. TANYA JAWAB MODERASI BERAGAMA. Cetakan Pe. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Maftuh, Maftuh, and Firda Hafidhoh. “USAHA GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI
SMP DARUL ULUM WARU-SIDOARJO.” JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 5, no. 2 (2021): 341–372.
Maftuh, Maftuh, and Rofiqoh Rofiqoh. “INTERNALISASI NILAI-NILAI ASWAJA MELALUI PENGAJIAN KITAB AL-MUQTATHAFAT DI ORGANISASI PAC IPNU-IPPNU DUDUK SAMPEYAN GRESIK.” JALIE; Journal of Applied
Linguistics and Islamic Education 6, no. 1 (2022): 115–144.
Nasikun, J. “Sistem Sosial Indonesia, Cet. Ketiga.” Radjawali, Jakarta (1987).
Noerbella, Dwi. “Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 2 (2022): 480–489.
Ramadhani, Muhammad Ali. “Pesantren: Dulu, Kini, Dan Mendatang.” Kemenag.Go.Id. Last modified 2022. Accessed February 5, 2024.
https://www.kemenag.go.id/opini/pesantren-dulu-kini-dan-mendatang-ft7l9d.
Rosyady, Moch Bachrurrosyady Amrulloh, and Annisa Ariyanti. “Implementasi Program Pendidikan Islam Berbasis Masjid Di Sekolah.” Journal of Education and Religious Studies 3, no. 02 (2023): 26–31.
satudata.kemenag.go.id. “Jumlah Penduduk Menurut Agama.” Satudata.Kemenag.Go.Id. Last modified 2022. Accessed November 9, 2023.
https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-penduduk-menurut-agama.
“UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003
TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL,” n.d.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.