INTERNALISASI NILAI - NILAI KEISLAMAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER HOLISTIK SISWA

Authors

  • jazilur rahman Universitas Nurul Jadid
  • Ainil Yaqinah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27524

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang internalisasi nilai-nilai keislaman terhadap pembentukan karakter holistic siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Penelitian dilaksanakan MTS. Raden Fatah Banyuanyar Probolinggo, dari bulan Januari-Mei 2025. Tekhnik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai Keislaman yang tumbuh dan berkembang di MTs Raden Fatah yakni relegius, toleransi, nasionalisme, hormat dan santun, sedangkan Strategi internalisasi nilai-nilai keislaman terhadap pembentukan karakter holistik siswa di MTs. Raden Fatah yaitu menggunakan habituasi, keteladan, dan mauidhotul hasanah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswidar, Rika, and Siti Zahara Saragih. 2022. “Karakter Religius,Toleransi, Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6 (1): 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373.

Azizah, Amirah Al May. 2021. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Ips Pada Kurikulum 2013.” Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 3 (1): 23. https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10496.

Baharun, Hasan. 2018. “Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8 (1): 149–73. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/2860.

Budiono. 2021. “Urgensi Pendidikan Multikultural Dalam Pengembangan Nasionalisme Indonesia.” Jurnal Civic Hukum 6 (1): 79–89.

Budiyono, Alief Laili, Aji Mulya Pratama, Kata Kunci, Bimbingan Klasikal, Nilai-Nilai Islam, and Pendidikan Karakter. 2024. “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Bimbingan Klasikal Untuk Mengembangkan Karakter Santri.” Jurnal Pendidikan Islam 16 (1).

Cahyono, Heri. 2016. “Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius.” Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 1 (02): 230. https://doi.org/10.32332/riayah.v1i02.116.

Dwi Novianti, Feri Riski Dinata, Hendy Pratama. 2023. “STRATEGI MEMBENTUK MANUSIA BERKARAKTER (MODEL PENDIDIKAN KARAKTER HOLISTIK).” Jurnal Al-Hikmah … 4. http://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/49%0Ahttps://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/download/49/34.

Ebisi, Njideka. 2022. “Prospects and Challenges of Entrepreneurial Woman in Nigeria’s Informal Sector.” The Nigerian Journal of Sociology and Anthropology 20 (1). https://doi.org/10.36108/njsa/2202.02.0180.

Fikri, Ali. 2019. “Pengaruh Globalisasi Dan Era Disrupsi Terhadap Pendidikan Dan Nilai-Nilai Keislaman.” Sukma: Jurnal Pendidikan 3 (1): 117–36. https://doi.org/10.32533/03106.2019.

Firdaus, Anggun, and Mukhlison Effendi. 2020. “Shalat Dhuha Dan Implikasinya Terhadap Kepribadian Siswa Di Sd Ma’Arif Ponorogo.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1 (2): 231–44. https://doi.org/10.62775/edukasia.v1i2.20.

Hariadi, Bachtiar, Chusnul Alifah, M Yahya, and Lis Ma’rifah. 2023. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Akhlak Toleran Siswa Di Smp Noor Musholla Surabaya.” Journal Multicultural of Islamic Education 6 (2): 94–99.

Imamuddin, M., and Isnaniah Isnaniah. 2023. “Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika.” Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal 19 (1): 15–21. https://doi.org/10.14421/kaunia.3975.

Indramawan, Mada, Machdum Bachtiar, and Fandy Adpen Lazzavietamsi. 2024. “Konstruksi Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Berbasis Kearifan Lokal Di Banten” 10: 122–32. https://doi.org/10.37567/jie.v10i2.3062.

Iq Bali, Muhammad Mushfi El, and Siti Aisyah. 2023. “Konstruksi Karakter Disiplin Siswa Melalui Kelas Unggulan Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9 (2): 688–94. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4627.

Islamiati, Marliana, Jazuli, Sulaiman. 2024. “STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DI MTs NEGERI 1 HULU SUNGAI SELATAN.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 5 (1): 1–12. https://doi.org/10.30863/attadib.v5i1.5426.

Jazilurrahman. 2022. “The Implementation Model Of Multicultural Islamic Education Values In Shaping The Humanist-Religious Attitudes Of Santris At Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo.” Pendidikan Multikultural 6: 1–22. https://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/view/13634%0Ahttps://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/download/13634/10554.

Latifah, Alifa Nur, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2022. “Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Di Indonesia: Negeri Multikultural.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 969–73. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2348.

Lestari, Farida Puput, Farid Ahmadi, and Rochmad Rochmad. 2021. “The Implementation of Mathematics Comic through Contextual Teaching and Learning to Improve Critical Thinking Ability and Character.” European Journal of Educational Research 10 (1): 497–508. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.497.

Maryana, Ina, and Putri Anditasari. 2023. “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMK Syahida Tasikmalaya.” Aswaja: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 2 (2): 118–23.

Mi’rotul, Riza. 2023. “Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 11 (1): 154–65.

Najiburrahman, Najiburrahman, Yunita Noor Azizah, Jazilurrahman Jazilurrahman, Wafiq Azizah, and Nur Aisyatul Jannah. 2022. “Implementation of the Tahfidz Quran Program in Developing Islamic Character.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (4): 3546–99. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2077.

Nuryana, Aji, Aep Saepudin, and Khambali. 2022. “Pengelolaan Pembelajaran Holistik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP Darul Hikam Bandung.” Bandung Conference Series: Islamic Education 2 (2): 338–44. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3391.

Oktafiani, Ilmiah Sholikhah, and Yusuf Muhtarom. 2022. “Pendidikan Karakter: Internalisasi Nilai Pancasila Dalamkepribadian Siswa Pasca Pandemi Covid-19.” Heutagogia: Journal of Islamic Education 2 (2).

Rifa’i, Siti Mariya Ulfah Ahmad. 2023. “Religius Culture Dalam Membentuk Kepribadian Holistik Di Lingkungan Sekolah.” Fuhama: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2): 1. https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/fuhama.

Sarbini, Ahmad. 2020. “Internalisasi Nilai Keislaman Melalui Majelis Taklim.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 5 (16): 53–70. https://doi.org/10.15575/idajhs.v5i16.355.

Setyazi, Gama, Subandi Subandi, and Erjati Abas. 2022. “Pendidikan Multikultural Dalam Bingkai Pemikiran Nasionalis Religius; Komparasi Konsep Abdurrahman Wahid Dan Nurcholish Madjid.” Fitrah: Journal of Islamic Education 3 (2): 191–208. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.271.

Downloads

Published

2025-07-02