Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Konsep IPAS melalui Model Discovery-Based Learning berbantu Alat Peraga Erupsi Gunung Berapi di Kelas V

Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Lufti Holifah Universitas Kristen Satya wacana
  • Herry Sanoto Universitas Kristen Satya wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27577

Keywords:

Discovery-Based Learning, alat peraga erupsi gunung berapi, pemahaman konsep IPAS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pemahaman konsep IPAS yang teridentifikasi melalui observasi dan asesmen pra siklus di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan model Discovery-Based Learning (DBL) berbantuan alat peraga erupsi gunung berapi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, yang masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 13 peserta didik kelas V SD, terdiri dari 5 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis untuk mengukur pemahaman konsep dan observasi untuk menilai aktivitas serta motivasi belajar. Media alat peraga erupsi gunung berapi digunakan untuk memfasilitasi eksplorasi dan eksperimen langsung. Pada tahap prasiklus, tingkat ketuntasan belajar peserta didik masih rendah, dengan ketuntasan 23% dan nilai rata-rata 46,92. Setelah tindakan pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 54% dengan rata-rata nilai 70,00. Pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 85% dan rata-rata nilai naik menjadi 86,92. Observasi menunjukkan peningkatan partisipasi peserta didik, terutama saat menggunakan alat peraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model DBL dengan alat peraga efektif meningkatkan pemahaman konsep IPAS di kelas V. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan model ini guna memperdalam pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran yang lebih aktif dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, D. N., Magdalena, I., & Ginanjar, R. R. (2023). Pemanfaatan Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 984-990. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9601

Alfitry, S., Pd, M., Nurhadi, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar. Pekan Baru: Guepedia.

Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan model problem based learning berbantuan media kartu gambar ilustrasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1-8.

Ardelina, A. Y., Ain, N., & Ayu, H. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(4), 300-312.

Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251-259. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research. Banyumas : CV. Pena Persada.

Binti, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Interaktif Google Sites Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas V MIN 6 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36022

Dehong, R., Kaleka, M. B. U., & Rahmawati, A. S. (2020). Analisis langkah-langkah penerapan model discovery learning dalam pembelajaran fisika. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(02), 131-139.

Hikmawati, H., Zulfan, Z., & Aminah, S. (2023). Pemanfaatan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Beber. Unram Journal of Community Service, 4(1), 11-17. DOI: 10.29303/ujcs.v4i1.392

Husni, R., Suryawan, A., & Rahmawati, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA. Borobudur Educational Review, 2(1), 10-22. https://doi.org/10.31603/bedr.6822

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. https://bskap.kemdikbud.go.id

Nanda, I. dkk (2021). Penelitian tindakan kelas untuk guru inspiratif. Indra mayu: Penerbit Adab

Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., & Anggraeni, R. W. (2021). Penerapan media visual untuk siswa kelas V di SDN Muncul 1. Edisi, 3(2), 225-242.

Olivia, M., & Sanoto, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6156-6163. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2724

Rafika, T. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 2 Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-raniry). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38967

Ramadhanty, N. C., & Setiyawati, E. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1-14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.711

Ritonga, Rasid M.hd dkk. 2023. Penelitian Tindakan Kelas. Medan : PT. Mifandi Mandiri Digital

Sari, T. A. R., Permana, E. P., & Anam, M. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Dengan Eksperimen Gunung Berapi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 11-11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1552

Sudirama, P. P., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 165-173. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

Suhirman. 2021. PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Pendekatan Teoritis & Praktis). Mataram: Sanabil

Syamsidah dkk. 2022. Model Discovery Learning. Yogyakarta: Deepublish

Tyas, R. A., Pujianto, P., & Dalinem, D. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Pemahaman Konsep IPA Terintegrasi Erupsi Gunung Berapi. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 89-99.

Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74-78.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Jakarta: Sekretariat Negara.

Usman, Jarjani dkk. 2019. Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Aceh Besar: AcehPo Publishing

Downloads

Published

2025-06-28