Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ipas materi Indonesiaku kaya raya melalui media video animasi di kelas 5 SDN 36/1 Kilangan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27586Keywords:
Study Concentration, Animated Videos, Instructional MediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penggunaan media video animasi. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 36/1 Kilangan, yang berjumlah 14 orang. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar peserta didik setelah penggunaan media video animasi. Pada siklus I, rata-rata skor konsentrasi peserta didik sebesar 60%, dan meningkat menjadi 77,67% pada siklus II. Media video animasi terbukti mampu menarik perhatian peserta didik, menyajikan materi secara menarik dan interaktif, serta memudahkan pemahaman konsep yang bersifat abstrak. Selain itu, penggunaan media ini juga meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Dengan demikian, penggunaan media video animasi dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di jenjang sekolah dasar.Downloads
References
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Cecep, C., Waskita, D. T., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63-70, 64-65
Djamarah. (2016). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Kemendikbudristek. (2022). Capaian pembelajaran Mata Pelajaran IPAS Fase A-Fase C Untuk SD/Mi Program Paket A. Badan Standar, Kurikulum dan asesmen pendidikan: Jakarta
Riinawati, R. (2021). Hubungan konsentrasi belajar siswa terhadap prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305-2312, 2307
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.