Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ipas materi Indonesiaku kaya raya melalui media video animasi di kelas 5 SDN 36/1 Kilangan

Authors

  • silva nurrahmah Universitas Jambi
  • Faizal Chan PGSD FKIP Universitas Jambi
  • Issaura Sherly Pamela PGSD FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27586

Keywords:

Study Concentration, Animated Videos, Instructional Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penggunaan media video animasi. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 36/1 Kilangan, yang berjumlah 14 orang. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar peserta didik setelah penggunaan media video animasi. Pada siklus I, rata-rata skor konsentrasi peserta didik sebesar 60%, dan meningkat menjadi 77,67% pada siklus II. Media video animasi terbukti mampu menarik perhatian peserta didik, menyajikan materi secara menarik dan interaktif, serta memudahkan pemahaman konsep yang bersifat abstrak. Selain itu, penggunaan media ini juga meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Dengan demikian, penggunaan media video animasi dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di jenjang sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Cecep, C., Waskita, D. T., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63-70, 64-65

Djamarah. (2016). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kemendikbudristek. (2022). Capaian pembelajaran Mata Pelajaran IPAS Fase A-Fase C Untuk SD/Mi Program Paket A. Badan Standar, Kurikulum dan asesmen pendidikan: Jakarta

Riinawati, R. (2021). Hubungan konsentrasi belajar siswa terhadap prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305-2312, 2307

Downloads

Published

2025-06-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>